Kisah Lemparan Koin yang Membawa Italia Meraih Gelar Euro 1968

"Momen konyol yang mempertaruhkan takdir kemenangan hanya dengan sebuah koin."

Feature | 07 June 2021, 17:00
Kisah Lemparan Koin yang Membawa Italia Meraih Gelar Euro 1968

Libero.id - Kejuaraan sepakbola di Benua Eropa (Euro) 1968 merupakan satu di antara turnamen sepakbola antarnegara Benua Biru paling bersejarah. Laga semifinal antara tuan rumah Italia versus Uni Soviet harus ditentukan lewat undian koin atau coin toss.


Begitu mengagumkan ketika satu pertandingan penuh mereka lalui, namun pemenangnya hanya ditentukan lewat koin di akhir pertandingan. Pemain bertabur bintang tidak berguna pada momen tersebut, yang mereka butuhkan hanya keberuntungan.


Wasit meletakkan koin di antara ibu jari dan telunjuknya dan memberi isyarat kepada kapten Italia, Giacinto Facchetti, untuk memanggilnya. Giancinto berteriak ‘Ekor’ sebagai jawabannya. Wasit kemudian menggerakkan tangannya ke atas dengan cepat sambil menjentikkan ibu jarinya, membuat koin lama berputar di udara.


Luar biasa, ini bukan lemparan koin untuk memutuskan siapa yang akan memulai lebih dulu atau siapa yang akan bermain di akhir. Momen ini adalah lemparan untuk memutuskan siapa yang akan maju ke final Kejuaraan Eropa. Sebuah koin yang menentukan takdir kedua tim yang sudah susah payah berlaga selama 90 menit di lapangan.


Sering dikatakan bahwa adu penalti hanyalah lotere, tetapi kemampuan teknis ikut bermain meskipun keberuntungan dapat memainkan peran besar. Namun, berbeda ketika penentuannya dengan lemparan koin. Metode ini merupakan lotere yang sebenarnya. Sebuah taruhan konyol yang mempertaruhkan takdir kemenangan hanya dengan sebuah koin.


Dengan adu penalti yang biasa dalam permainan modern, sulit untuk membayangkan pertandingan sepakbola pernah ditentukan oleh lemparan koin atau pengundian. Tetapi, sebelum adu penalti diperkenalkan pada 1970-an, banyak pertandingan internasional terkenal diputuskan dengan cara ini.


Kembali pada tahun 1954, Spanyol mengalahkan Turki dengan agregat 4-2 dalam dua leg kualifikasi Piala Dunia setelah menang dan kalah satu kali. Dengan tidak adanya aturan agregat dalam permainan saat itu, tim harus mengikuti pertandingan ketiga yang berakhir 2-2 yang menghasilkan undian, yang dilakukan oleh Turki.


Satu dekade kemudian, Liverpool dan Cologne bermain imbang 0-0 yang membosankan di perempat final Piala Eropa 1964/1965 sebelum pertandingan ketiga di Amsterdam berakhir 2-2. Setelah peluit penuh waktu dibunyikan, kapten The Reds Ron Yeats memutuskan untuk lemparan koin di lingkaran tengah untuk mengirim timnya lolos ke semifinal untuk menghadapi Inter Milan.


Pada Kejuaraan Eropa 1968, format kualifikasi yang diperpanjang berarti hanya empat tim yang bertanding di putaran final. Tuan rumah Italia diundi saat melawan Uni Soviet, tim yang menyingkirkan mereka dari Piala Dunia 1966 dan Euro 1964.


Uni Soviet kehilangan striker Igor Chislenko dan bek Murtaz Khurtsilava, tetapi masih ada perasaan cemas saat Azzurri menghadapi musuh lama mereka di Naples. Perasaan itu diperkuat ketika playmaker Gianni Rivera mengalami cedera sejak awal dan harus meninggalkan lapangan. Dengan tidak ada pemain pengganti yang diizinkan saat itu, Italia harus bermain dengan 10 pemain.


Kedua tim mengambil pendekatan hati-hati dengan sedikit peluang yang tercipta sebelum pertandingan memasuki perpanjangan waktu. Italia semakin diguncang ketika Giancarlo Bercellino mengalami cedera lutut yang memaksa pergantian formasi dari Pelatih Ferruccio Valcareggi.


Uni Soviet menikmati mantra dominan sebelum jeda, tetapi tidak bisa memecahkan kebuntuan. Dengan peluit akhir dibunyikan, Italia memiliki satu peluang terakhir walau upaya Angelo Domenghini membentur tiang dan pertandingan berakhir tanpa gol. Kedua kapten dan wasit kemudian menghilang ke ruang ganti untuk melakukan lemparan koin, sementara 70.000 penonton menunggu dengan penuh rasa waswas, cemas, dan segenap rasa takut timnya tidak beruntung.


Lemparan koin pun mencapai puncaknya, berputar di udara, lalu mulai turun saat kedua kapten melihat. Saat istirahat, hasilnya terungkap. Beberapa menit kemudian, Facchetti muncul dari terowongan. Ada tarikan napas kolektif dari kerumunan sebelum kapten mengangkat tangannya ke udara, memicu ledakan teriakan bahagia dari para penggemar. Koin itu mendarat di ekor dan Italia akhirnya mengalahkan Uni Soviet di turnamen besar.


Final melawan Yugoslavia di Roma juga merupakan pertandingan yang ketat, tetapi gol dari Dragan Dzajic sebelum babak pertama memaksa Italia mengejar permainan. Pasukan Rajko Mitic bertahan hingga menit ke-80 ketika Domenghini menyamakan kedudukan, membawa pertandingan ke perpanjangan waktu.


Dengan tidak ada pihak yang mampu memecahkan kebuntuan, final berlanjut ke babak tambahan. Valcareggi membuat lima perubahan untuk game kedua, terutama mengingat Luigi Riva - keputusan yang terbukti menentukan ketika striker Cagliari itu mencetak gol pembuka yang krusial.


Ketika Pietro Anastasi menambahkan gol kedua setelah 31 menit tidak ada jalan kembali untuk Yugoslavia dan Italia meluncur ke gelar Kejuaraan Eropa pertama dan satu-satunya mereka sampai saat ini, sebagian berkat lemparan koin sederhana.


Penalti telah digunakan di berbagai kompetisi pada 1968, tetapi tidak diadopsi secara luas oleh badan-badan internasional sampai era 1970-an ketika lemparan koin pascapertandingan akhirnya dikutuk menjadi tumpukan sampah sepakbola. Adu penalti di turnamen internasional besar pertama terjadi di final Kejuaraan Eropa 1976 antara Cekoslowakia dan Jerman Barat.


Kedua tim memilih untuk adu penalti daripada pertandingan ulangan. Hingga, tendangan penentu yang dikonversi oleh Antonin Panenka, yang chipnya telah ditulis menjadi cerita yang sangat melegenda dalam dunia sepakbola.

(muhammad alkautsar/mit)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network