6 Fakta Unik Soal Pemain Tertua di Piala Eropa

"Pemain tertua yang tampil di fase knock-out adalah kiper bercelana gombrong Gabor Kiraly. Siapa pencetak gol tertua?"

Feature | 02 June 2021, 20:47
6 Fakta Unik Soal Pemain Tertua di Piala Eropa

Libero.id - Euro 2020 akan bergulir dalam hitungan pekan. Para peserta sudah mulai mengumumkan skuad terbaik yang dimiliki. Ada banyak pemain muda yang mendapatkan kesempatan tampil. Tapi, beberapa pesepakbola veteran juga tetap diberi kesempatan.

Meski tidak banyak, sejumlah pemain tua tetap dianggap memiliki kelebihan yang dibutuhkan para pelatih. Pengalaman dan kematangan bisa memimping para pemain muda untuk mencapai performa terbaiknya.

Dalam sejarah kompetisi antarnegara Eropa, terdapat sejumlah pemain tua yang memberikan dampak siginifikan pada permainan timnya. Beberapa nama mampu mencapai final. Ada pula yang juara. Sejumlah pemain lainnya mencatatkan beberapa rekor kompetisi yang bertahan hingga hari ini.

Berikut ini 6 fakta unik pemain tertua yang berkompetisi di Piala Eropa:


1. Pemain tertua yang tampil di fase knock-out

Nama: Gabor Kiraly

Negara: Hungaria

Usia: 40 tahun 86 hari

Dikenal dengan calananya yang gombrong, Gabor Kiraly akhirnya berhasil mengantarkan negaranya ke kompetisi besar sekelas Euro 2016. Di usia yang sudah senja, dia tetap menjadi tulang punggung Hungaria pada turnamen di Prancis, 5 tahun lalu.

Kiraly mencetak rekor sebagai pemain tertua di Piala Eropa saat membantu membawa Hungaria ke babak 16 besar. Di fase itu, mereka memang menyerah 0-4 dari Belgia. Tapi, penampilan Kiraly sangat bagus. Dia memblok tendangan bebas Kevin de Bruyne. Itu terpilih sebagai Save of the Season UEFA 2015/2016.
 

2. Pemain tertua yang tampil di fase grup

Nama: Lothar Matthaeus

Negara: Jerman

Usia: 39 tahun 91 hari

Penampilan Lothar Matthaeus melawan Portugal di Euro 2000 telah membuatnya menjadi pemain tertua yang tampil di kejuaraan antarnegara Eropa sampai intervensi Kiraly pada Euro 2016. Itu juga menandapi penampilan ke-150 Matthaeus dan terakhirnya untuk Jerman.

Matthaeus benar-benar dikalahkan pada hari itu ketika Sergio Conceicaoo mencetak hattrick dalam kemenangan 3-0 Portugal atas Jerman di fase grup. Itu menjadi salah satu momen terburuk Der Panzer di turnamen. Mereka gagal melaju ke fase knock-out setelah hanya menjadi juru kunci grup.


3. Pencetak gol tertua

Nama: Ivica Vastic

Negara: Austria

Usia: 38 tahun 257 hari

Mantan pemain Sturm Graz dan Austria Wien itu datang dari bangku cadangan dengan 26 menit tersisa melawan Polandia dalam pertandingan grup di Euro 2008. Dia menyelamatkan Austria dari kekalahan lewat hasil imbang 1-1 dengan mengonversi penalti terlambat.

Itu adalah gol tim nasionalnya yang ke-14 pada pertandingan ke-50. Itu juga menjadikan Vastic pemain tertua yang mencetak gol di putaran final turnamen elite Benua Biru tersebut.


4. Pemain tertua yang juara

Nama: Arnold Muhren

Negara: Belanda

Usia: 37 tahun 23 hari

Pertama-tama perlu dicatat bahwa Ricardo Carvalho berusia 38 tahun 53 hari ketika Portugal mengangkat trofi Euro 2016 lewat kemenangan atas Prancis. Sayangnya mantan pemain Chelsea itu tidak tampil di final. Jadi, penghargaan pemain tertua yang juara lebih pas diberikan kepada Arnold Muhren.

Pada final Euro 1988 di Muenchen, Arnold Johannes Hyacinthus Muhren mengirimkan bola kepada Marco van Basten untuk memberi Belanda keunggulan dua gol melawan Uni Soviet. Itu menjadi satu-satunya gelar De Oranje di ajang internesional sejauh ini.

"Hanya ketika kami kembali ke Belanda, kami menyadari kegilaan, kegembiraan dan perayaan yang sedang berlangsung," kenang Muhren di situ resmi UEFA beberapa waktu lalu.


5. Pemain tertua yang tampil di final

Nama: Jens Lehmann

Negara: Jerman

Usia: 38 tahun 232 hari

Setelah karier yang sukses dengan Schalke 04, Borussia Dortmund, dan Arsenal, Jens Lehmann berada di jalur untuk mundur dari sepakbola internasional pada 2008. Dia memimpin rekan-rekannya mencapai pertandingan puncak Euro 2008 di Austria-Swiss.

Tapi, Lehmann kurang beruntung. Meski bermain bagus dan kokoh di pertahanan, Fernando Torres benar-benar pemain yang sedang berada di puncak performa bersama Spanyol. El Nino tampil memukau untuk membuat Spanyol mengalahkan Jerman. Itu membuat Lehmann pemain tertua yang tampil di final.


6. Pencetak gol tertua di final

Nama: Bernd Holzenbein

Negara: Jerman Barat

Usia: 30 tahun 103 hari

Usia 30 tahun sebenarnya tidak terlalu tua untuk berada di daftar ini. Tapi, di final kompetisi bergengsi seperti Piala Eropa, usia 30 tahun 103 hari masuk kategori tua untuk seorang pencetak gol. Itulah yang dilakukan Bernd Holzenbein bersama Jerman Barat di Euro 1976.

Saat itu, Holzenbein bertemu dengan sundulan Rainer Bonhof pada menit 89 di Beograd untuk menyamakan skor 2-2 bagi Jerman Barat saat berhadapan dengan Cekoslovakia. Pada akhirnya, Antonin Panenka membawa Cekoslovakia memenangkan final atas Jerman Barat melalui adu penalti. Sepakan Panenka legendaris dan ditiru banyak pemain hingga hari ini.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network