Kisah Boavista dan Belenenses, Dua Klub Juara Liga Portugal Selain The Big Three

"Portugal dikuasai Benfica, Porto dan Sporting. Jika ada tim juara selain tiga itu namanya keajaiban!"

Feature | 23 May 2021, 19:30
Kisah Boavista dan Belenenses, Dua Klub Juara Liga Portugal Selain The Big Three

Libero.id - Selama ini banyak yang menduga Liga Skotlandia adalah kompetisi paling membosankan di dunia karena duopoli Glasgow Rangers dan Glasgow Celtic. Tapi, faktanya, Primeira Liga adalah kompetisi paling tidak menarik karena hanya ada dua klub yang pernah juara selain Benfica, FC Porto, Sporting Lisbon.

Sejak 1985/1986, kompetisi Skotlandia hanya memunculkan Rangers dan Celtic sebagai juara. Tapi, sejak digelar pertama kali pada 1890, liga di sana memiliki 11 tim pemenang.

Aberdeen, Heart of Midlothian, dan Hibernian menjadi pengoleksi trofi terbanyak setelah Rangers dan Celtic. Mereka sama-sama memiliki 4 trofi. Sementara Dumbarton 2 trofi. Lalu, masing-masing 1 gelar menjadi koleksi Motherwell, Kilmarnock, Dundee FC, Dundee United, dan Third Lanark.

Situasi itu masih tergolong normal jika dibandingkan Portugal. Sejak digelar pertama kali pada 1934, dominasi tiga klub besar tidak terbantahkan hingga hari ini. Tercatat, Benfica memiliki 37 trofi, Porto 29 trofi, dan Sporting 19 trofi. Mereka hanya menyisakan Boavista dan Belenenses sebagai tim lain yang berhak menjadi juara.

Tidak hanya gelar, dalam hal runner-up, dominasi Benfica, Porto, dan Sporting tidak bisa dibantah. Hanya ada 5 tim diluar ketiga klub elite itu yang pernah menduduki peringkat kedua. Selain Boavista dan Belenenses (3 kali), ada lagi Academica, Vitoria Setubal, serta Braga dengan satu kali runner-up.


1. Belenenses (Primeira Liga 1945/1946)

Clube de Futebol Os Belenenses, umumnya dikenal sebagai Belenenses. Itu adalah klub olahraga Portugal yang terkenal dengan tim sepak bolanya. Didirikan pada 1919, ini adalah salah satu klub olahraga tertua di negara itu.

Belenenses memenangkan Primeira Liga 1945/1946. Saat itu, di klasemen akhir, mereka unggul 1 poin dari Benfica. Gelar itu menjadikan mereka klub pertama selain "Tiga Besar" yang memenangkan gelar liga. Belenenses juga telah memenangkan Taça de Portugal dan Supertaça Cândido de Oliveira.

Hingga 1982, Belenenses merupakan satu dari empat tim yang tidak pernah terdegradasi dari divisi pertama. Saat ini, mereka adalah tim dengan musim keempat terbanyak Primeira Liga serta tim dengan poin terbanyak keempat dalam sejarah kejuaraan.


2. Boavista (Primeira Liga 2000/2001)

Boavista Futebol Clube, umumnya dikenal sebagai Boavista adalah klub olahraga yang berasal dari Porto. Didirikan pada 1 Agustus 1903 oleh pengusaha Inggris dan pekerja tekstil Portugis.

Boavista tumbuh menjadi klub olahraga penting di Portugal, dengan bagian yang didedikasikan untuk beberapa olahraga termasuk sepak bola, catur, senam, balap sepeda, futsal, bola voli, hoki arena, dan tinju. Yang paling terkenal adalah jersey kotak-kotak putih dan hitam.

Boavista adalah klub sepakbola Portugal yang paling banyak mendapat penghargaan setelah Benfica, Porto, dan Sporting. Mereka menghabiskan 39 musim berturut-turut di Primeira Liga (total 50 musim). Boavista memiliki persaingan dengan sesama klub Porto, FC Porto. Pertandingan antarklub kadang-kadang disebut O Derby da Invicta.

Mereka menjadi tim kedua setelah Belenenses, yang juara di Portugal selain Tiga Besar. Boavista melakukannya pada 2000/2001. Saat itu, mereka mengumpulkan 77 poin dari 34 pertandingan. Boavista unggul 1 poin dari Porto di posisi kedua.

Selain gelar liga, Boavista juga memiliki beberapa piala lainnya. Sebut saja Taça de Portugal (5) dan Supertaça de Portugal (3). Untuk ajang Eropa, Boavista sempat mencapai semifinal Piala UEFA 2002/2003 ketika dikalahkan Glasgow Celtic.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Boavista


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network