Clean sheet 16 dari 21 Laga, Mengapa Chelsea Kebobolan Sangat Sedikit?

"Sejak Tuchel masuk, lini pertahanan The Blues meningkat sangat signifikan."

Analisis | 27 April 2021, 07:30
Clean sheet 16 dari 21 Laga, Mengapa Chelsea Kebobolan Sangat Sedikit?

Libero.id - Salah satu tongkat utama yang digunakan untuk mengalahkan Frank Lampard selama menjadi pelatih kepala Chelsea adalah kurangnya soliditas pertahanan yang ditunjukkan timnya.

Penambahan Thiago Silva dan Edouard Mendy musim panas lalu tampaknya telah menutupi setiap celah di lini belakang The Blues, meskipun catatan pertahanan mereka masih menyisakan banyak hal yang harus diinginkan.

Dalam 29 pertandingan Lampard memimpin Chelsea di semua kompetisi musim ini, mereka kebobolan 27 gol, yang berarti rata-rata 0,93 per pertandingan.

Memanfaatkan empat bek lebih sering daripada tidak, tim Lampard menjaga 13 clean sheet dalam 29 pertandingan atau memiliki tingkat rasio mencapai 44%.

Peningkatan Pertahanan di Bawah Tuchel

Sejak kedatangan Thomas Tuchel pada Januari 2021, semuanya berubah. Chelsea sekarang memiliki salah satu pertahanan terbaik di seluruh Eropa dan sifat mereka yang ketat di belakang itulah yang menjadi kunci mereka mencapai semifinal Liga Champions.

Dalam pertandingan pertamanya sebagai bos, Tuchel membuat tanda di timnya. Dimulai dengan tiga bek tengah dan dua bek sayap saat bermain imbang 0-0 dengan Wolverhampton Wanderers di Stamford Bridge.

Cesar Azpilicueta, yang sukses sebagai bagian dari pertahanan tiga orang di bawah Antonio Conte, telah merebut kembali posisinya di sebelah kanan lini pertahanan.

Pemain seperti Antonio Rudiger, Kurt Zouma, dan Andreas Christensen juga tampil lebih nyaman di posisi tiga bek daripada empat bek. Saat bertahan, mereka bergabung dengan dua bek sayap, ditambah dua gelandang tengah yang berkarakter defensif.

N'Golo Kante, yang terbaik di lini tengah, juga mampu menghasilkan performa terbaiknya setelah bermain di posisi yang lebih maju di bawah Lampard dan Maurizio Sarri.

Sedangkan sistem Lampard sering terlihat agak terputus-putus saat bertahan, ada rasa kebersamaan yang nyata di bawah Tuchel. Penyerang seperti Mason Mount, Christian Pulisic, Kai Havertz dan Timo Werner diberi tanggung jawab defensif - dan dengan senang hati melakukannya.

Semua kolaborasi ini telah memungkinkan Chelsea menutupi kekurangan menyerang mereka dengan tampilan pertahanan yang solid. Di bawah Tuchel, mereka menjaga clean sheet dari 16 dari 21 pertandingan di semua kompetisi.

Lima dari sembilan gol yang kebobolan pelatih Jerman itu terjadi dalam satu pertandingan - kekalahan telak 5-2 dari West Brom - dengan timnya hanya kebobolan 0,43 gol per pertandingan.

Di Liga Champions, klub Liga Premier sama kuatnya. Butuh waktu hingga menit ke-93 pada leg kedua perempat final untuk kebobolan di babak sistem gugur setelah tiga clean sheet melawan Atletico Madrid dan Porto.

Real Madrid, yang tidak bebas mencetak gol, akan kesulitan untuk menerobos pertahanan Chelsea yang telah bangkit kembali di era Tuchel. Ini akan menjadi masalah Los Blancos ketika berjumpa tim London Barat tersebut.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network