Selamat Ulang Tahun!

10 Pelatih Termuda di Liga Premier, Ryan Mason Baru 29 Tahun

"Ruud Gullit melatih Chelsea ketika berusia 33 tahun."

Feature | 22 April 2021, 09:32
10 Pelatih Termuda di Liga Premier, Ryan Mason Baru 29 Tahun

Libero.id - Setelah pemecatan Jose Mourinho, pelatih sementara Ryan Mason akan memimpin Tottenham untuk pertandingan Liga Premier pada Rabu mendatang saat melawan Southampton. Mason, yang baru berusia 29 tahun, secara resmi akan menjadi pria termuda yang mengelola sebuah klub di kompetisi papan atas liga paling bergengsi di dunia.

Tapi Mason tak sendiri, ada beberapa nama lain yang usianya tak terpaut jauh darinya. Dan ini dia daftar yang lebih rincinya :

1. Ryan Mason, 29 tahun, 313 hari

Libero.id

Kredit: instagram.com/ryan8mason

Mason telah bekerja di akademi Spurs sejak lama dan membentuk bintang-bintang masa depan, setelah harus pensiun dari sepak bola pada usia 26 tahun karena cedera kepala yang mengerikan. Di usianya yang begitu muda, Mason bahkan akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan trofi pertamanya dengan Spurs. Sebab akhir pekan nanti klubnya akan menghadapi Man City di final Piala Carabao.

2. Attilio Lombardo, 32 tahun, 67 hari

Pada 1998, ketika Steve Coppell menjadi direktur sepak bola di Crystal Palace, mantan pemain asal Italia Lombardo mengambil alih klub itu sebagai pelatih The Eagles. Legenda Swedia Tomas Brolin ditunjuk secara aneh sebagai penerjemahnya, dengan klub berada di posisi ke-10 di liga saat itu. Namun, kurangnya pengalaman Lombard dalam peran tersebut membuat klub harus terdegradasi. Dia meninggalkan klub pada 1999 dan pergi ke Lazio.


3. Chris Coleman, 32 tahun, 313 hari

Sangat mudah untuk melupakan bahwa pekerjaan pertama mantan pelatih Wales ini datang pada saat usianya baru 32 tahun. Setelah kariernya terputus karena patah kaki yang dideritanya dalam kecelakaan mobil, Coleman bergabung dengan tim kepelatihan Jean Tigana pada tahun 2002.

Dan ketika orang Prancis itu dipecat, Coleman dimasukkan sebagai opsi pada tahun 2003.


4. Gianluca Vialli, 33 tahun, 227 hari

Vialli diangkat sebagai pelatih setelah Ruud Gullit dipecat pada tahun 1998. Dia menjadi manajer Italia pertama yang dipekerjakan oleh tim Liga Premier yang sebetulnya pada saat itu dia mengambil pekerjaan sebagai pelatih sekaligus pemain. Di musim pertamanya, ia memenangkan Piala Winners Eropa dan Piala Liga. Namun, dia dipecat pada 2000 setelah dikabarkan berselisih dengan beberapa pemain senior Chiesa.


5. Andre Villas-Boas, 33 tahun, 301 hari

Setelah membesarkan namanya di Porto, Andre Villas-Boas menggantikan Carlo Ancelotti pada 2011. Tapi pelatih asal Portugal itu hanya bertahan sembilan bulan sebelum Roman Abramovich memecatnya. Saat itu usianya masih 33.
 

6. Ruud Gullit, 33 tahun, 352 hari

Libero.id

Kredit: instagram.com/ruudgullit

Legenda asal Belanda ini pernah bermain di lini tengah untuk tim Chelsea asuhan Glenn Hoddle pada tahun 1985

Setahun kemudian, ketika Hoddle pergi untuk menjadi pelatih timnas Inggris, Gullit diangkat menjadi pemain-pelatih.

Pada tahun 1997, Gullit memimpin tim London Barat itu meraih kemenangan Piala FA - trofi besar pertama mereka dalam 26 tahun terkahir. Musim berikutnya dia dipecat setelah perselisihan dengan dewan.


7. Kevin MacDonald, 34 tahun, suatu hari

Legenda Leicester City, MacDonald menjadi asisten pelatih timnas Republik Irlandia dari 2006-07. Terakhir, MacDonald menjadi pelatih sementara Aston Villa pada 2018.

8. Alex Neill, 34 tahun, 60 hari

Setelah mengamankan promosi ke Liga Premier dengan Norwich City untuk musim 2015-16, pria Skotlandia itu memiliki kesempatan untuk mengelola klub papan atas. Tapi sayang Neill tidak bisa menyelamatkan klub itu dari degradasi di musim pertama mereka, dan dibebastugaskan dari tugasnya pada 2017. Hingga bulan lalu, dia adalah pelatih untuk Preston North End.


9. Stuart Pearce, 34 tahun, 241 hari

Pada tahun 1996, legenda asal Inggris ini menjadi pelatih-pemain sementara di Nottingham Forest, ketika Frank Clark dipecat. Pertandingan pertamanya ialah saat melawan Arsenal. Pearce mengakui dalam sebuah wawancara dengan Match of the Day dalam upaya pertamanya memilih starting line up, dia lupa memilih kiper Mark Crossley. Namun Forest menang 2-1.


10. Paul Jewell, 34 tahun, 313 hari

Jewell berhasil membawa Bradford City ke Liga Premier setelah absen selama 77 tahun. Itu menjadikan mantan pelatih Wigan Athletic ini salah satu pelatih termuda yang pernah ada di papan atas liga Inggris.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=LDyrEvcaNwM

Artikel Pilihan