Bagaimana Kariernya? 11 Pemain Spurs yang Pergi Saat Mourinho Melatih

"Selalu saja ada kontroversi dari Mou. Salah satunya sejumlah pemain yang meninggalkan London Utara di masa kepelatihannya."

Feature | 21 April 2021, 13:15
Bagaimana Kariernya? 11 Pemain Spurs yang Pergi Saat Mourinho Melatih

Libero.id - Jose Mourinho baru saja meninggalkan Tottenham Hotspur. Seperti klub-klub terdahulu, selalu saja ada kontroversi yang ditinggalkan pelatih asal Portugal itu. Salah satunya sejumlah pemain yang meninggalkan London Utara di masa kepelatihannya yang relatif singkat.

Setelah mengambil alih pada November 2019 dari Mauricio Pochettino, Mourinho mewarisi skuad yang sebagian besar tidak berubah selama beberapa tahun. Dia segera mengubah komposisi pemain maupun gaya bermain di lapangan.

Catatan menunjukkan, ada sejumlah pemain warisan Pochettino yang dipertahankan Mourinho. Tapi, banyak juga yang harus meninggalkan Tottenham Hotspur Stadium karena sejumlah alasan subyektif. Beberapa pemain tersebut bahkan sempat menjadi tulang punggung tim masa lalu.

Setidaknya ada 11 pemain dengan pengalaman tim utama yang meninggalkan Spurs di bawah pengawasan Mourinho. Ada sejumlah pemain yang dipinjamkan ke klub lain. Tapi, dalam daftar ini tidak termasuk pemain-pemain seperti Cameron Carter-Vickers dan Luke Amos, yang tidak pernah bermain.

Berikut karier 11 pemain Tottenham yang harus meninggalkan London Utara di era kepelatihan Mourinho:


1. Christian Eriksen

Libero.id

Kredit: instagram.com/chriseriksen8

Pemain yang ini sudah ditakdirkan sebelum kedatangan Mourinho. Tapi, Christian Eriksen meninggalkan Spurs ke Inter Milan pada jendela transfer Januari 2020. Kurang dari setahun kemudian, playmaker itu masuk daftar transfer setelah gagal menetap di Italia.

Rekan setim Eriksen di Inter, Romelu Lukaku, sebelumnya mengisyaratkan bahwa kesulitan pemain Denmark itu karena kendala bahasa.


2. Danny Rose

Salah satu adegan menonjol dari film dokumenter "All or Nothing" Tottenham adalah konfrontasi antara Mourinho dan Danny Rose. Dia mengatakan kepada mantan pelatih Chelsea itu keinginannya dengan tegas.

"Cara saya diperlakukan. Saya sangat senang ketika anda ditunjuk sebagai pelatih yang baru. Tapi, jika anda tidak ingin saya bermain, beri tahu saya sekarang dan saya akan tinggal di rumah dan berlatih di rumah," kata Rose, dikutip Planet Football.

Mourinho gagal menjawab pertanyaan itu. Tapi, dia segera mengirim full back tersebut ke Newcastle United dengan status pinjaman. Setelah tinggal biasa-biasa saja di Inggris Timur Laut, Rose tidak diberi nomor skuad dan tidak dimasukkan dalam skuad Liga Premier maupun Liga Eropa untuk Tottenham pada musim 2020/2021.


3. Victor Wanyama

Victor Wanyama adalah pemain lain yang sudah keluar dari Spurs sebelum Mourinho tiba. Cedera telah membatasi keterlibatannya sejak akhir musim 2017/2018 dan pindah ke Club Brugge gagal pada musim panas 2019 sebelum kembali saat kontrak peminjamannya berakhir.

Dia hanya tampil dalam satu pertandingan di bawah Mourinho, dalam kekalahan 1-3 melawan Bayern Muenchen. Kemudian, dia pindah ke Montreal Impact di MLS. Dilatih singkat oleh Thierry Henry, Wanyama telah membuat 24 penampilan dan mencetak tiga gol di MLS.


4. Kyle Walker-Peters

Libero.id

Kredit: instagram.com/kwp

Bek sayap itu hanya membuat satu penampilan di bawah Mourinho, saat melawan Bayern Muenchen. Jadi, tidak mengherankan ketika dia dipinjamkan ke Southampton pada Januari 2020.

Kyle Walker-Peters tampil bagus di Southampton. Dengan Mourinho menuntut dana untuk membentuk kembali skuadnya, Spurs memutuskan menjual pemain berusia 24 tahun itu seharga 12 juta pounds. Dia tampil stabil di Southampton dengan membuat 27 penampilan di semua kompetisi.


5. Jack Clarke

Jack Clarke ditarik kembali dari masa pinjaman di Leeds United pada Januari 2020 setelah gagal bersinar di Elland Road. Ini tidak menghentikan Tottenham meminjamkan pemain berusia 20 tahun itu ke QPR untuk sisa musim 2019/2020.

Setelah melakukan debut kompetitif bersama Spurs dalam kemenangan Liga Eropa atas LASK pada Oktober 2020, Clarke dipinjamkan ke tim Championship Division, Stoke City. Dia bermain 14 kali untuk klub sebelum menderita cedera achilles tendon akhir musim pada awal April.


6. Troy Parrott

Striker muda ini telah membangkitkan banyak kegembiraan di negara asalnya, Irlandia. Tapi, Mourinho kurang yakin dengan kemampuan Troy Parrott. Setelah tersingkir dari Piala FA musim lalu melawan Norwich, Mourinho mengatakan tentang Parrott kepada wartawan.

"Masalahnya bukan pada pengalaman. Masalahnya adalah 30 menit. Sekarang orang-orang dapat melihat bahwa dia harus banyak bekerja. Jadi, jangan berpikir bahwa Parrott adalah Harry Kane kedua karena dia hanyalah seorang anak muda yang perlu bekerja," ujar Mourinho.

Kemudian, Parrott dikirim dengan pinjaman selama satu musim ke Millwall. Tapi, dia dipanggil kembali pada Januari sebelum dikirim ke Ipswich Town sebagai gantinya. Dia berhasil mencetak satu gol League One hingga saat ini.


7. Oliver Skipp

Pada 17 Juli 2020, Oliver Skipp menandatangani kontrak tiga tahun baru dengan opsi keempat dengan Tottenham. Tapi, untuk musim 2020/2021, dia bergabung dengan Norwich City dengan status pinjaman. Dia mencetak gol pertama dalam kariernya dalam kemenangan 3-1 Norwich di Birmingham City pada 23 Februari 2021.


8. Juan Foyth

Libero.id

Kredit: instagram.com/juanfoyth

Juan Foyth gagal tampil untuk Spurs setelah penampilan buruknya saat bermain imbang 2-2 di Norwich pada akhir 2019 lalu. Bek Argentina itu pindah ke Villarreal dengan status pinjaman selama satu musim pada September 2020.

Foyth tampil dalam 25 pertandingan untuk klub Spanyol itu, yang memiliki opsi untuk membelinya di akhir kontrak sementara. Dia bermain sebagai bek tengah, bek sayap, dan lini tengah, menunjukkan keserbagunaan dan nilainya kepada bos Villarreal, Unai Emery.


9. Ryan Sessegnon

Setelah menjadi pemain Tottenham termuda yang mencetak gol di Liga Champions, mencetak gol melewati Manuel Neuer di Munich, Ryan Sessegnon berharap bisa memperkuat dirinya di skuad tim utama. Tapi, itu gagal terwujud dan pemain berusia 20 tahun tersebut bergabung dengan legiun pemain muda Inggris untuk pindah ke Bundesliga.

Setelah bergabung dengan Hoffenheim dengan status pinjaman selama satu musim, Sessegnon telah mengesankan pengamat dengan penampilannya. Ada laporan bahwa beberapa pelatih Tottenham berpikir dia harus menantang Sergio Reguilon untuk slot bek kiri musim depan.


10. Harvey White

Harvey White membuat dua penampilan bersama Tottenham di bawah Mourinho, yaitu saat melawan Ludogorets dan Marine. Tapi, dia segera dikirim dengan status pinjaman ke Portsmouth pada Januari 2021. Dia bermain bagus di League One. Tapi, dengan begitu banyak pemain berbakat di Tottenham, White berpotensi dipinjamkan lagi musim depan.


11. Paulo Gazzaniga

Libero.id

Kredit: instagram.com/gazzanigapaulo

Kiper tersebut menikmati perjalanan yang diperpanjang sebagai pemain No. 1 Tottenham setelah cedera pada Hugo Lloris. Tapi, merupakan kejutan kecil bahwa dia sama sekali tidak dimasukkan dalam skuad Liga Eropa musim ini. Jadi, setelah tidak bermain di tim utama, Gazzaniga diizinkan bergabung ke Elche dengan status pinjaman pada Februari 2021. Di sana, dia hanya tampil satu kali di La Liga.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network