10 Transfer Termahal dalam Sejarah Barcelona

"Pembelian nomor 1 dan 2 masih di luar ekspektasi Barcelona."

Feature | 19 March 2021, 02:26
10 Transfer Termahal dalam Sejarah Barcelona

Libero.id - Barcelona adalah salah satu klub Eropa paling elite dan sukses. El Barca telah memenangkan banyak gelar domestik dan kontinental selama keikutsertaan mereka di kancah sepak bola dunia.

Selain dikenal sebagai klub kaya raya, El Barca juga dikenal karena memiliki sederet pemain megabintang level elite dunia, sebut saja Lionel Messi, Carlos Puyol, dan Andres Inesta. Itu hanya salah satunya, bahkan tidak sulit untuk Barcelona memainkan sebuah laga dengan starting XI seluruhnya adalah para pemain berstatus megabintang.

Tidak mengherankan, mengingat silsilah mereka yang kaya, beberapa pemain terbaik telah bermain untuk Barcelona selama bertahun-tahun.

Orang-orang seperti Johan Cryuff, Diego Maradona, dan Michael Laudrup telah menghiasi warna Barcelona. Belakangan ini Messi, Xavi Hernandez, dan Iniesta telah mengenakan jersey Blaugrana Barcelona yang terkenal.

Sepuluh rekrutan termahal yang pernah dibuat oleh Barcelona:

Barcelona, yang memiliki pendapatan terbesar dari klub sepak bola mana pun di dunia, telah menghasilkan banyak uang dengan jumlah besar selama bertahun-tahun.

Untuk itu, mari kita lihat sepuluh rekrutan termahal yang dibuat oleh Barcelona.

# 10 David Villa - 40 juta euro (2010)

Libero.id

Kredit: instagram.com/davidvilla

David Vila tiba di Barcelona setelah kampanye kemenangan bersama skuad Spanyol di Piala Dunia 2010.

Mantan striker Valencia itu menjalani tiga musim yang layak di klub, mencetak 48 gol dan membantu Barcelona meraih tujuh trofi - dua di antaranya adalah gelar La Liga dan satu Liga Champions.

Meskipun dia telah memasuki usia 30-an saat itu, Villa adalah kekuatan yang harus diperhitungkan dan juga mematikan dari bola mati.

# 9 Malcom - 41 juta euro (2018)

Barcelona mengeluarkan uang tunai untuk mendaratkan Malcom pada musim panas 2018, mengeluarkan 41 juta euro untuk jasanya dari Girondins Bordeaux.

Pemain berusia 21 tahun itu tiba di Camp Nou dengan banyak kemeriahan, karena dia telah memberikan pengaruh di klub sebelumnya, berkat kecepatan, skill luar biasa, dan kemampuannya menembak dari jarak jauh.

Namun, pemain sayap kanan itu kesulitan untuk bermain di bawah asuhan Ernesto Valverde. Malcom hanya mencetak empat gol dalam 24 pertandingan sebelum dis dijual ke Zenit St. Petersburg setahun kemudian.

# 8 Miralem Pjanic - 60 juta euro (2020)

Miralem Pjanic tiba di Camp Nou dalam kesepakatan pertukaran musim panas lalu yang membuat Arthur pergi ke Juventus.

Tidak adil untuk mengatakan bahwa transfer 60 juta euro tidak berjalan seperti yang diharapkan Barcelona.
Pjanic telah membuat 28 penampilan di semua kompetisi Barcelona musim ini, tapi dia belum mencetak gol atau memberikan assist untuk klub. Namun demikian, pemain internasional Bosnia dan Herzegovina itu menjadi pemain dengan silsilah bagus di masa depan.

# 7 Zlatan Ibrahimovic - 69,5 juta euro (2009)

Libero.id

Kredit: twitter.com/fcbarcelona

Zlatan Ibrahimovic tiba di Barcelona, salah satu klub raksasa paling elite di kolong langit berkat treble pada musim panas 2009. Namun, Zlatan justru membuat awal yang terik di Camp Nou.

Faktanya, Ibrahimovic justru kesulitan beradaptasi setelah dia dipindahkan ke sayap. Hubungannya dengan Pep Guardiola memburuk, dan striker itu kembali ke Italia setahun kemudian.

Kendati demikian, pemain asal Swedia itu menjalani musim yang baik di Barcelona, mencetak 22 gol di semua kompetisi dan memenangkan empat gelar.

Orang hanya bisa bertanya-tanya apa yang mungkin terjadi jika Ibrahimovic bertahan di klub lebih lama.

# 6 Luis Suarez - 81,7 juta euro (2014)

Didatangkan dari Liverpool pada musim panas 2014, Luis Suarez adalah salah satu rekrutan terbaik yang dibuat oleh Barcelona.

Selama enam musim yang gemilang di klub, striker Uruguay itu mencetak banyak gol dan memenangkan banyak trofi sambil membentuk trio menyerang yang menghancurkan bersama Lionel Messi dan Neymar.

Suarez mencetak 195 gol yang mengejutkan dan memberikan 112 assist. Dia turut memenangkan 13 trofi di Barcelona, termasuk treble kontinental. Setelah kampanye tanpa trofi untuk Barcelona pada 2019/2020, Suarez pergi ke Atletico Madrid, dan Messi sangat tidak senang dengan kepergiannya.

Di skuad Los Rojiblancos, Suarez telah memulai dan memimpin tuntutan gelar La Liga mereka, yang membuat keputusan Barcelona untuk membuang pemain Uruguay itu tampak seperti picik dan sangat konyol.

# 5 Frenkie de Jong - 86 juta euro (2019)

Libero.id

Kredit: instagram.com/frenkiedejong

Frenkie de Jong tiba dari Ajax dengan transfer 86 juta euro pada 2019. Setelah gagal memenangkan trofi di musim debutnya bersama klub, gelandang bertahan muda itu berkembang di bawah rekan senegaranya Ronald Koeman.

De Jong telah mencetak tiga gol dan memberikan empat assist di La Liga musim ini. Dia mulai menunjukkan performa yang membuat Barcelona layak merekrutnya dari Ajax.

# 4 Neymar - 88,2 juta euro (2013)

Neymar tiba di Barcelona pada musim panas 2013. Dia tiba di Camp Nou saat berusia 21 tahun dan namanya terlanjur populer lewat penampilan apiknya bersama Santos.

Pemain muda Brasil itu tidak membutuhkan banyak waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya dan mulai berkembang dengan ditemani Messi dan Suarez (yang tiba setahun kemudian).

Dalam empat musim gemilang di klub, Neymar mencetak 105 gol dan memenangkan sembilan gelar, termasuk treble kontinental pada 2014/2015. Pemain yang kini membela PSG itu mencetak salah satu gol di final 2015, yang memastikan kemenangan terbaru Barcelona di pentas Eropa.

Neymar meninggalkan Barcelona pada 2017 untuk bergabung dengan PSG, di mana dia terus unggul meski sempat mengalami cedera.

# 3 Antoine Griezmann - 120 juta euro (2019)

Antoine Griezmann mengalami musim pertama yang sulit di Barcelona setelah tiba dari Atletico Madrid dengan transfer besar pada musim panas 2019.

Dia belum terbang tinggi di Barcelona, tapi pemain Prancis itu menikmati musim kedua yang lebih baik di Camp Nou. Dia telah mencetak 13 gol dan memberikan 11 assist di musim 2020/2021.

Jika dia terus melanjutkan performa terbaiknya, Barcelona mungkin akan memenangkan trofi musim ini setelah awal yang acuh tak acuh untuk kampanye mereka.

# 2 Ousmane Dembele - 135 juta euro (2017)

Libero.id

Kredit: instagram.com/o.dembele7

Juri masih menunggu Ousmane Dembele setelah Barcelona mendatangkan pemain sayap Prancis itu dengan uang besar empat tahun lalu.

Mantan pemain Borussia Dortmund itu belum menunjukkan performa bagus di Camp Nou. Dia masih berjuang di bawah tekanan harga yang sangat tinggi.

Dembele hanya mencetak 27 gol dalam lebih dari 100 penampilan untuk klub, yang merupakan pengembalian yang pucat dibandingkan dengan eksploitasinya di Dortmund.

Dia hampir meninggalkan Barcelona pada awal musim, walau akhirnya tetap bertahan di klub. Tapi, penampilannya musim ini belum membuat panggung terbakar karena dia menghadapi masa depan yang tidak pasti di klub.

# 1 Philippe Coutinho - 145 juta euro (2017)

Philippe Coutinho tiba di Barcelona pada 2017 dengan transfer raksasa sebesar 145 juta euro. Tapi, Coutinho sepertinya sulit berjuang untuk meniru bentuk permainan terbaiknya bersama Liverpool.

Dia baru mencetak 23 gol dan 14 assist dalam 90 penampilan. Itu merupakan performa yang sangat mengecewakan bagi pemain Brasil yang datang ke Camp Nou dengan banyak ekspektasi tinggi.

Dianggap surplus untuk persyaratan, dia dipinjamkan ke Bayern Muenchen musim lalu.

Coutinho menambahkan penghinaan terhadap dirinya setelah mencetak gol melawan Barcelona di perempat final dalam perjalanan untuk memenangkan treble benua.

Setelah dipanggil kembali ke klub di awal musim, Coutinho baru tampil 14 kali, mencetak tiga gol. Seperti Dembele, dia juga menghadapi masa depan yang tidak pasti di Barcelona.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network