Bagaimana Kekuatannya? Starting XI Pemain-pemain Termahal Inggris

"Di daftar ini hanya ada pemain-pemain yang saat pindah dihargai minimal 27 juta pounds (Rp 540 miliar)."

Feature | 06 March 2021, 02:30
Bagaimana Kekuatannya? Starting XI Pemain-pemain Termahal Inggris

Libero.id - Sebagai kompetisi terbaik di dunia, Liga Premier tidak hanya didominasi pemain-pemain asing mahal. Sejumlah pesepakbola lokal juga pernah dihargai selangit. Jika dikumpulkan dalam satu tim, bagaimana kekuatannya?

Sejak dulu hingga sekarang, Inggris termasuk negara yang menghasilkan pesepakbola-pesepakbola top. Meski prestasi tim nasional tidak pernah membanggakan sejak Piala Dunia 1966, setiap generasi selalu saja ada pemain yang menonjol dan mencuri perhatian publik.

Dalam barisan pemain-pemain berharga mahal berikut ini tidak ada nama-nama pemecah rekor masa lalu seperti Andy Cole dengan 7 juta pounds saat pindah dari Newcastle United ke Manchester United pada Januari 1995. Tidak ada juga Stan Collymore (Nottingham Forest ke Liverpool dengan 8,5 juta pounds pada Juni 1995) atau Rio Ferdinand (Leeds United ke MU dengan 29,1 juta pounds pada 2002).

Di daftar ini hanya ada pemain-pemain yang saat pindah dihargai minimal 27 juta pounds. Mereka adalah pemain yang selama ini menjadi tulang punggung timnas. Ada yang baru saja beralih profesi menjadi pelatih. Tapi, beberapa lainnya masih aktif.

Selain itu, tidak ada nama pemain-pemain masa depan Inggris seperti Jadon Sancho, Jude Bellingham, Tammy Abraham, Trent Alexander-Arnold, atau Mason Mount. Pasalnya, mereka belum pernah pindah ke klub lain. Khusus Bellingham, transfernya dari Birmingham City ke Borussia Dortmund dirahasiakan.

Berikut ini starting line-up pemain Inggris termahal menggunakan skema 3-4-3:


GK: Jordan Pickford (30 juta pounds)

Jordan Pickford adalah kiper utama The Three Lions selama bertahun-tahun, khususnya sejak Joe Hart duduk manis di bangku cadangan Manchester City. Kiper Everton itu memiliki nilai transfer awal 25 juta pounds yang naik menjadi 30 juta pounds berkat penampilan bagus untuk klub dan negara.

Nilai itu dicatatkan Pickford pada 15 Juni 2017 saat pindah dari Sunderland. Transfer itu membuat Pickford menjadi penjaga gawang termahal ketiga dalam sejarah pada saat itu di belakang Gianluigi Buffon dan Ederson Moraes. Tapi, untuk saat ini dia ada di posisi 5 setelah Kepa Arrizabalaga dan Alisson Becker ada di atas Buffon.

Pada 3 musim sebelumnya, Pickford mencatatkan penampilan 100% di Liga Premier. Untuk musim ini, dia hanya absen 5 kali karena cedera. Dia juga sempat menerima kritik ketika melanggar Virgil van Dijk pada laga versus Liverpool.


CB: Harry Maguire (80 juta pounds)

Libero.id

Kredit: instagram.com/harrymaguire93

Pada musim panas 2019, MU mengajukan tawaran 70 juta pounds untuk Harry Maguire. Itu merupakan proposal kedua setelah setahun sebelumnya mengajukan angka yang sama kepada Leicester City, tapi keberatan karena merasa harganya terlalu tinggi.

Lalu, mereka membuat tawaran yang lebih baik, yaitu 80 juta pounds, yang diterima oleh Leicester pada 2 Agustus 2019. Biaya tersebut melampaui 75 juta pounds yang dibayarkan Liverpool untuk Virgil van Dijk pada Januari 2018. Itu menjadikan Maguire bek termahal di dunia.

Pada 17 Januari 2020, Maguire diangkat sebagai kapten klub yang baru oleh Ole Gunnar Solskjaer setelah kepergian Ashley Young ke Inter Milan. Sembilan hari kemudian, dia membuka kemenangan 6-0 di Piala FA melawan Tranmere Rovers. Dia mencetak gol Liga Premier pertamanya  pada 17 Februari 2020 melawan Chelsea dalam kemenangan 2-0.

Setelah itu, Maguire menjadi pemain yang tidak tergantikan di lini belakang The Red Devils, meski kritik selalu hadir dalam beberapa kesempatan.


CB: John Stones (50 juta pounds)

Manchester City menyelesaikan transfer Stones dari Everton pada 9 Agustus 2016 seharga 47,5 juta pounds plus tambahan 2,5 juta pounds karena penampilan bagusnya di kompetisi. Melalui klausul jual-atas 15%, Barnsley menerima 6,78 juta pounds dari transfer Stones ke Man City.

Sejak menjalani debut di Etihad Stadium, Stones telah mencatatkan 101 pertandingan Liga Premier dengan mengemas 3 gol. Jika ditotal, 156 pertandingan dengan 9 gol.


CB: Kyle Walker (50 juta pounds)

Kyle Walker menjadi salah satu pemain termahal di dunia setelah dibeli Man City dari Tottenham Hotspur pada 14 Juli 2017. Transfer awalnya, 45 juta pounds dan naik menjadi 50 juta pounds dengan sejumlah syarat yang ternyata bisa dipenuhi Walker.

Selain bermain sebagai bek kanan, Walker juga bisa beroperasi sebagai bek tengah. Bahkan, pada pertandingan Liga Champions melawan Atalanta Bergamo, 6 November 2019, dia menjadi kiper dadakan setelah Claudio Bravo diusir wasit. Walker menjadi kiper selama 10 menit dengan skor akhir 1-1.

Tapi, Walker juga punya masalah disiplin yang buruk. Pada 5 April 2020, klub memulai prosedur disiplin kepada Walker setelah dilaporkan melanggar aturan karantina Covid-19 dengan mengundang dua pekerja seks ke rumahnya. Lalu, pada 7 Mei 2020, dia pergi ke Sheffield untuk memberikan hadiah kepada saudara perempuannya yang berulang tahun.


RW: Aaron Wan-Bissaka (50 juta pounds)

Libero.id

Kredit: instagram.com/a_bissaka

Aaron Wan-Bissaka sejatinya biasa bermain sebagai fullback kanan. Tapi, beberapa kali dirinya diminta menjadi sayap kanan. Ternyata, itu bisa dijalankan pemuda kelahiran Croydon, 26 November 1997, tersebut dengan sempurna.

Kekaguman suporter pada Wan-Bissaka sebenarnya sudah lama. Salah satunya saat ditransfer dari Crystal Palace pada 29 Juni 2019 dengan 45 juta pounds plus 5 juta pounds berkat penampilan yang bagus. Dia menjadi bek termahal keenam sepanjang masa dan pemain Inggris termahal yang belum memiliki caps tim nasional saat transfer dilakukan.


MF: Danny Drinkwater (35 juta pounds)

Danny Drinkwater bergabung dengan Chelsea karena keberhasilan menjuarai Liga Premier bersama Leicester City. Pada 1 September 2017, dia dibeli 35 juta pounds. Tapi, karena cedera dan adaptasi yang buruk, Drinkwater gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya. Sekarang, dia dipinjamkan ke Kasimpasa di kompetisi Turki.


MF: Alex Oxlade-Chamberlain (35 juta pounds)

Alexander Mark David Oxlade-Chamberlain dihargai Arsenal  15 juta pounds saat ditransfer dari Southampton pada 8 Agustus 2011. Lalu, dijual ke Liverpool pada 31 Agustus 2017 dengan 35 juta pounds. Hanya dalam waktu singkat, dia ikut membawa The Reds menjuarai Liga Champions 2018/2019, Piala Super Eropa 2019, Piala Dunia Antarklub 2019, dan Liga Premier 2019/2020.

Musim ini, Oxlade-Chamberlain masih berseragam merah. Tapi, dia jarang bermain karena sempat mengalami cedera lutut parah saat pramusim di Austria.


LW: Ben Chilwell (45 juta pounds)

Libero.id

Kredit: instagram.com/benchilwell

Benjamin James Chilwell menggeser Luke Shaw di posisi ini setelah dibeli Chelsea dari Leicester pada 26 Agustus 2020 dengan 45 juta pounds. Dia melakukan debut pada 23 September 2020 dengan langsung memberikan bantuan untuk gol Olivier Giroud dalam kemenangan 6-0 melawan Barnsley di Piala Liga.

Pada 3 Oktober 2020, Chilwell mencetak gol pembuka dan membantu Kurt Zouma untuk gol kedua saat Chelsea mengalahkan Crystal Palace 4-0. Hingga pertandingan tengah pekan ini, pemuda kelahiran Milton Keynes, 21 Desember 1996, itu sudah bermain 19 kali di Liga Premier.


FW: Wayne Rooney (27 juta pounds)

Wayne Rooney mengajukan permintaan transfer pada musim panas 2004, meski Everton telah membuat tawaran kontrak baru senilai 50.000 per minggu. The Toffees kemudian juga menolak tawaran 20 juta pounds dari Newcastle United.

Setelah melalui sejumlah manuver, Rooney akhirnya menandatangani kontrak dengan MU dalam kesepakatan 25,6 juta pounds yang naik menjadi 27 juta pounds. Saat itu, jumlah tersebut menjadi yang tertinggi yang pernah dibayarkan untuk pemain di bawah usia 20 tahun. Ketika itu, Rooney masih berusia 18 tahun.

Sir Alex Ferguson pada saat itu mengaku tidak mudah mendatangkan Rooney. "Ada banyak alis yang terangkat ketika kami berhasil membujuk dewan direksi klub untuk mengeluarkan beberapa juta pounds demi mendatangkan Rooney dari Everton," ujar Ferguson, dikutip BBC Sport.

Dalam sebuah penampilan di podcast resmi MU pada 2020, Rooney mengungkapkan bahwa Everton ingin dia menandatangani kontrak dengan Chelsea untuk memastikan biaya transfer yang lebih besar. "Pilihannya ada banyak. Tapi, saya harus memikirkan yang terbaik untuk masa depan saya," ucap Rooney.

Apa yang selanjutnya terjadi sudah menjadi sejarah yang akan dikenang selama bertahun-tahun dengan kebanggaan. Dengan Rooney di lini depan, The Red Devils mendapatkan semua piala yang diinginkan klub-klub sepakbola profesional di Inggris. Total, 16 piala disumbangkan Rooney.

Saat ini, Rooney baru saja beralih profesi menjadi pelatih setelah sempat menjalani peran sebagai pemain-asisten pelatih dan pemain-pelatih Derby County.


FW: Andy Carroll (35 juta pounds)

Pada tanggal 31 Januari 2011, Liverpool mengajukan penawaran 30 juta pounds untuk Andy Carroll, yang ditolak Newcastle United. Kemudian, The Magpies menerima tawaran 35 juta pounds dan, setelah kesepakatan persyaratan pribadi serta tes medis, transfer selesai tak lama sebelum batas waktu pukul 11:00 waktu Inggris.

Carroll bersikeras dipaksa keluar dari Newcastle. Tapi, manajemen mengklaim dia telah menyerahkan permintaan transfer setelah mereka menolak tawaran Liverpool sebesar 30 juta. Liverpool kemudian  mengkonfirmasi bahwa Carroll akan mengenakan nomor punggung 9 yang sebelumnya dikenakan Fernando Torres, yang meninggalkan Anfield ke Chelsea pada malam yang sama seharga 50 juta pounds.

Saat ini, Carroll masih aktif bermain untuk Newcastle. Dia kembali ke St James' Park setelah sempat memperkuat West Ham United.


FW: Raheem Sterling (49 juta pounds)

Libero.id

Kredit: instagram.com/sterling7

Raheem Sterling adalah pemain Inggris yang paling bersinar di Liga Premier saat ini. Tentu saja karena performa Man City yang membanggakan dengan memimpin klasemen sementara. Jika sukses di akhir musim, itu akan menjadi trofi Liga Premier ketiga Sterling di Etihad Stadium sejak datang pada 12 Juli 2015.

Saat itu, Man City memberi harga awal 44 juta pounds, yang segera dinaikkan menjadi 49 juta pounds karena penampilan Sterling yang bagus. Debutnya datang pada 10 Agustus 2015 saat Man City memulai musim dengan kemenangan 3-0 melawan West Bromwich Albion.

Setelah itu, penampilan Sterling semakin meningkat, meski Man City kedatangan pemain-pemain hebat dan masih memiliki sejumlah pesepakbola top dunia.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network