Profil 10 Stadion di Inggris Siap Jadi Tuan Rumah Euro 2020

"Rencana semula dengan tuan rumah di 9 negara dianggap sulit terwujud karena pandemi."

Feature | 05 March 2021, 07:21
Profil 10 Stadion di Inggris Siap Jadi Tuan Rumah Euro 2020

Libero.id - Ajang Euro 2020 yang sempat ditunda akhirnya secara resmi akan digelar pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021, dengan salah satu stadion ikonik di tanah Inggris, Stadion Wembley, akan menjadi tuan rumah di tujuh pertandingan pada turnamen paling bergengsi di benua biru itu.

Dalam perkembangan terakhir, setidaknya ada sejumlah stadion di Inggris yang rencananya juga akan menjadi venue di Piala Eropa/Euro 2020, stadion tersebut adalah; Old Trafford, Villa Park, St. James 'Park, Stadion Etihad, Stadion of Light, Anfield, Stadion London, Stadion Tottenham Hotspur, dan Emirates.

1.Old Trafford
Dengan daya tampung mencapai 74.879 ribu orang serta sejumlah sejarah emas yang dibuat oleh Manchester United, sangat wajar bila stadion yang di dirikan pada tahun 1909 itu dipertimbangkan menjadi salah satu venue di Euro 2020.

2.Villa Park
Stadion yang berada di Trinity Road, kota Birmingham itu adalah salah satu stadion tertua di Inggris dan rencananya akan menjadi tempat diselenggerakannya pertandingan Euro 2020, tentu saja hal tersebut akan menjadi suatu kebanggaan untuk warga Birmingham.

3.St. James’ Park
Di buka pada tahun 1892, St. James’ Park hingga kini masih menjadi markas utama pasukan The Magpies. Stadion berkapasitas 52,305 ribu orang itu sebelumnya sempat menjadi salah satu venue di ajang Euro1996.

4. Stadion Etihad
Merupakan markas dari Manchester City, Stadion Etihad dengan fasilitas modern yang ditawarkannya mungkin menjadi pertimbangan utama kenapa UEFA memilih stadion yang didirikan pada tahun 1999 itu.

5. Stadion of Light
Merupakan satu-satunya stadion yang pemiliknya (Sunderland AFC) tidak bermain di Liga Premier. Stadion of Light sebelumnya pernah menjadi tempat terselenggaranya pertandingan persahabatan yakni saat Inggris melawan Belgia pada 10 Oktober 1999 serta Inggris melawan Australia pada 27 Mei 2016.

6.Anfield
Kaya akan sejarah, terutama momen-momen penting Liverpool ketika menjadi raja eropa, mungkin Anfield akan menjadi pilihan bagus saat pertandingan Euro 2020 digelar, dengan harapan ada hal-hal dramatis yang terjadi di stadion yang berada di kota Merseyside itu, seperti yang dilakukan oleh anak-anak The Reds.

7.Stadion London
Stadion London adalah tempat utama diselenggerakannya kompetisi Olimpiade 2012. Stadion ini pertama kali digunakan untuk event olahraga pada 31 Maret 2012, tepatnya pada pertandingan National Lottery Olympic Park Run. Stadion London juga menjadi kandang dari tim Liga Premier, West Ham United.

8. Stadion Tottenham Hotspur
Diresmikan pada 3 April 2019, Stadion Tottenham Hotspur bisa dikatakan sebagai stadion yang muda dari usia pendiriannya. Kendati begitu, fasilitas yang ditawarkan oleh manajemen The Lilywhites tentu saja tidak bisa dipandang sebelah mata, bahkan bisa dikatakan dapat bersaing dengan Stadion Etihad.

9. Emirates Stadium
Markas dari pasukan Mikel Arteta, Arsenal fc. Kapasitas dari Emirates Stadium mencapai 60,704 ribu orang, selain itu Emirates adalah salah satu stadion dengan penjualan tiket termahal di Liga Premier.

10. Stadion Wembley
Yang ini rasanya tak perlu dijelaskan lagi, sudah dua kali menjadi tempat digelarnya final Liga Champions,yakni pada musim 2010/11 serta musim 2018/19.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin rencananya akan mengonfirmasi jadwal lengkap Euro 2020 pada 7 April 2021. UEFA juga menegaskan bahwa semua tuan rumah untuk turnamen musim panas ini berkomitmen untuk menggelar pertandingan dengan penggemar yang hadir dan ide tersebut hingga sekarang masih menjadi polemik karena pandemi COVID-19 yang masih berlangsung di Eropa. 

Saat ini, pemerintah Inggris berharap dapat mengizinkan penggemar kembali ke stadion pada 21 Juni, yang sebenarnya 10 hari setelah turnamen dijadwalkan dimulai. Turnamen EURO 2020 yang tertunda akan berlangsung di seluruh benua. Saat ini, hanya sembilan kota dari sembilan negara di Eropa yang dapat berkomitmen penuh untuk memenuhi stadion pada acara tersebut, termasuk Inggris.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network