Selamat Ulang Tahun!

Bagaimana Performanya? 7 Pemain yang Dipinjamkan Barcelona pada 2020/2021

"Tidak cuma Real Madrid, Barcelona juga meminjamkan banyak pemain ke klub lain. Salah satunya Carles Alena."

Feature | 04 March 2021, 04:26
Bagaimana Performanya? 7 Pemain yang Dipinjamkan Barcelona pada 2020/2021

Libero.id - Seperti klub besar lain di Eropa, Barcelona juga mengawali musim 2020/2021 dengan kelebihan stok pemain. Beberapa diantaranya terpaksa dipinjamkan ke klub lain. Kini, setelah kompetisi hampir selesai, bagaimana performa mereka?

Musim ini Barcelona dilatih Ronald Koeman. Saat datang, pria asal Belanda tersebut membawa sejumlah pemain. Dia juga menjual beberapa anggota skuad lama maupun menaikkan pangkat beberapa punggawa Barcelona B. Dengan pemain-pemain yang diinginkan, Koeman berharap bisa mencatatkan prestasi bagus di akhir musim.

Dengan stok pemain yang melimpah, Koeman harus memutar otak untuk mengelola skuad. Apalagi, tidak semua pemain bisa didaftarkan untuk menjalani kompetisi, baik La Liga maupun Liga Champions.

Sebagai konsekuensi dari hal itu, harus ada pemain yang rela dipinjamkan ke klub lain. Ada yang dipinjam 6 dengan opsi perpanjangan 6 bulan lagi. Ada pula yang dipinjam 1 musim dengan opsi pembelian permanen maupun tanpa opsi transfer. Diharapkan, mereka bisa bermain bagus di klub baru sehingga bisa kembali ke Camp Nou musim depan.

Berikut ini penampilan 7 pemain Barcelona yang sepanjang musim 2020/2021 dipinjamkan ke klub lain di dalam maupun luar Spanyol:


1. Emerson Royal (Real Betis)

Libero.id

Kredit: instagram.com/emerson_royal

Memiliki nama panjang Emerson Aparecido Leite de Souza Junior, Emerson Royal alias Emerson memiliki situasi kontrak yang agak rumit dengan Barcelona dan Real Betis. Kedua tim La Liga tersebut memegang hak kepemilikan Emerson bersama sejak pindah dari Atletico Mineiro pada 2019.

Bek kanan asal Brasil itu secara teknis memasuki musim penuh keduanya di Betis, yang secara kontrak merupakan bagian dari masa peminjaman 2 tahun dari Barcelona. Ada pula opsi kontrak permanen dengan transfer 6 juta euro pada musim panas mendatang atau dijual dan keuntungannya dibagi Betis serta Barcelona.

Sayangnya penampilan Emerson musim ini tidak sebagus musim lalu. Pada 2019/2020, dia mencatatkan 3 gol dan 6 assist dalam 33 pertandingan La Liga. Sementara musim 2020/2021 dia mencetak 1 gol dan tanpa menyumbangkan assist. Emerson juga hanya mendapatkan 21 kesempatan main di La Liga.

Tampaknya, Barcelona akan membiarkan Betis mempermanenkan status pemuda kelahiran Sao Paulo, 14 Januari 1999, itu. Sementara Betis ternyata masih pikir-pikir.


2. Jean-Clair Todibo (Benfica, Nice)

Jean-Clair Dimitri Roger Todibo terpilih sebagai Pemain Terbaik Schalke untuk edisi Maret 2020, yaitu selama masa pinjaman setengah musimnya di Bundesliga 2019/2020. Tapi, tim Jerman itu musim ini memilih untuk tidak menggunakan opsi pembelian 25 juta euro kepada pemain Prancis U-20 itu.

Pada 5 Oktober 2020, Todibo dipinjamkan ke Benfica untuk pinjaman 1 tahun dengan opsi transfer 20 juta euro. Tapi, Todibo tidak mendapatkan kepercayaan bermain di Primeira Liga. Dia hanya memiliki 2 penampilan di Taca de Portugal. Akibatnya, Benfica memutuskan mengembalikan Todibo ke Camp Nou.

Setelah kembali ke Barcelona di pertengahan musim, Nice datang untuk mengajukan proposal peminjaman pada 1 Februari 2020. Todibo bergabung dengan klub Ligue 1 tersebut dengan opsi transfer di akhir musim. Tapi, sama seperti di Benfica, dia sejauh ini baru mendapatkan kesempatan merumput 5 kali di Ligue 1.


3. Moussa Wague (PAOK)

Setelah bergabung dengan tim nasional Senegal selama Piala Dunia 2018, Moussa Wague bergabung dengan Barcelona B dari Eupen dengan 5 juta euro. Sempat menjalani 5 penampilan untuk tim utama Barcelona pada 2018/2019, Wague segera dipinjamkan ke Nice. Tapi, mereka memilih tidak mengaktifkan opsi pembelian di akhir musim.

Sempat kembali ke Camp Nou, Wague dipinjamkan ke klub papan atas Liga Yunani, PAOK. Sayang, pada 13 Desember 2020, dia menderita cedera lutut parah ketika menabrak tiang gawang ketika PAOK menghadapi Aris Thessaloniki. Dia harus absen 9 bulan setelah hanya memiliki 7 penampilan untuk PAOK.


4. Juan Miranda (Real Betis)

Libero.id

Kredit: instagram.com/juanmiranda

Pada 30 Agustus 2019, Juan Miranda Gonzalez bergabung ke Schalke 04 dengan kesepakatan pinjaman 2 tahun. Pada 15 Desember 2019, dia melakukan debut di Bundesliga dalam kemenangan 1-0 melawan Eintracht Frankfurt. Dia masuk menggantikan Weston McKennie yang cedera pada menit 13.

Tapi, pada 1 Juli 2020, Miranda justru kembali ke Barcelona karena peminjamannya sengaja diakhiri lebih awal. Selanjutnya, pada 5 Oktober 2020, dia meminta dipinjamkan ke Real Betis, yang merupakan timnya saat remaja.

Di Estadio Benito Villamarin, Miranda tidak langsung mendapatkan posisi inti. Awalnya, dia lebih banyak duduk di bangku cadangan. Tapi, baru-baru ini Manuel Pellegrini mulai memberi Miranda kesempatan bermain lebih banyak. Bahkan, dia sempat mencetak tendangan bebas luar biasa.


5. Monchu (Girona)

Ramon Rodriguez Jimenez alias Monchu bergabung dengan La Masia pada 2012 dari Real Mallorca. Berhubung usianya masih muda, Barcelona memutuskan memberi Monchu pengalaman bertanding di klub lain. Pada awal musim ini, dia dipinjamkan ke Girona di Segunda Division dengan opsi transfer permanen di akhir musim. Ini menjadi peminjaman pertama Monchu sebagai pemain Barcelona.

Di Girona, pemain berusia 21 tahun itu telah memulai 17 dari 20 pertandingan di Segunda Division. Sebagai pemain inti, Monchu sanggup mencetak 1 gol, meski sempat mendapat 1 kartu merah.


6. Sergio Akieme (Almeria)

Sergio Akieme Rodriguez lahir di Madrid, 16 Desember 1997, dari orang tua yang berasal dari Guinea Khatulistiwa. Akieme bergabung dengan tim junior Rayo Vallecano sebelum pindah ke Barcelona B pada 2019.

Sepanjang 2019/2020, bek kiri itu menjadi andalan Barcelona B. Tapi, dia belum memiliki kesempatan memperkuat tim utama Barcelona. Sekarang, dia dipinjamkan ke Almeria di Segunda Division. Klub berada di posisi 3 klasemen sementara dan Akieme menjadi salah satu pemain yang sangat berpengaruh dalam usaha promosi ke La Liga 2021/2022.


7. Carles Alena (Real Betis, Getafe)

Libero.id

Kredit: instagram.com/carlesalenya

Carles Alena Castillo berposisi sebagai gelandang tengah. Pemuda asli Barcelona ini telah membuat hampir 100 penampilan untuk Barcelona B dan 44 pertandingan di tim utama. Dia bermain 17 kali ketika Barcelona memenangkan La Liga 2018/2019.

Tapi, sejak pemecatan Ernesto Valverde, Alena kehilangan kepercayaan dari pelatih-pelatih Barcelona selanjutnya. Saat Koeman datang pada awal musim ini, dia dipinjamkan ke Real Betis. Tapi, setelah hanya memiliki 2 penampilan, Alena dipulangkan ke Camp Nou.

Kemudian, pada 6 Januari 2021, Barcelona mencapai kesepakatan dengan Getafe untuk meminjamkan Alena hingga akhir musim 2020/2021. Ditangani Jose Bordalas, Alena terlihat bermain cukup nyaman. Dia sudah membuat 9 penampilan dan 1 gol di La Liga.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=8dWGNVpPzvQ

Artikel Pilihan


Daun Media Network