10 Striker Paling Mirip Gaya Erling Haaland Jika Dilihat dari Statistik

"Target Man mana yang dapat mencetak gol dengan kecepatan lari yang luar biasa sementara itu postur tubuh alias profil fisiknya agak diragukan."

Feature | 21 February 2021, 12:59
10 Striker Paling Mirip Gaya Erling Haaland Jika Dilihat dari Statistik

Libero.id - Awal pekan ini Erling Haaland jadi headline di banyak surat kabar olahraga. Sejak kepindahannya dari Molde ke RB Salzburg dan berlanjut ke Borussia Dortmund, Haaland telah menjelma 'monster': tinggi, kekar, dan melakukan teror di depan gawang.

Dua golnya melawan Sevilla di Liga Champions pada Rabu malam menambah jumlah golnya menjadi 41 gol hanya dalam 42 pertandingan dengan tim Bundesliga tersebut.

Haaland tampak sangat cepat dan lincah, ia pelari yang unggul, menurut sebagian orang itu tidak sesuai dengan tubuhnya yang tinggi.

Itu pendapat yang sah, tapi bagi yang mencintai keindahan, semua yang dilakukan pemain berusia 20 tahun itu dengan segala atribut fisiknya cukup hanya dinikmati dan dikagumi. Tanpa protes.

Tapi boleh jugalah kita bertanya: apakah ada pemain seperti Haaland di dunia sepak bola.

Pemain mana lebih spesifiknya seorang Target Man mana yang dapat menunaikan tugas mencetak gol dengan kecepatan lari yang luar biasa sementara itu postur tubuh alias profil fisiknya agak diragukan?

Untuk menjawab pertanyaan itu, situs olahraga online GIVEMESPORT telah berkonsultasi dengan database FBref untuk melihat pemain mana di Eropa yang secara statistik sebanding dengan Haaland.

Meskipun tidak ada pemain seperti Haaland dari sudut pandang fisik, menarik untuk dicatat bahwa bintang Leicester City Jamie Vardy adalah pemain paling mirip dengan Haaland kedua di Eropa menurut FBref.

Statistik menunjukkan bahwa XG Haaland per 90 (0,88) sangat mirip dengan Vardy (0,81), sementara mereka juga telah membukukan angka yang sebanding dalam hal tembakan yakni per 90 (2,25 vs 1,86) dan tekanan per 90 (10,1 vs 10,3).

Menarik untuk dicatat bahwa perbandingan ini bukannya tanpa preseden. Pakar sepak bola Norwegia Lars Sivertsen, yang merupakan tamu reguler di podcast Guardian Football Weekly, memberikan putusan yang berlebihan pada Haaland saat berbicara dengan talkSPORT pada bulan Januari yang lewat,

"Dia sebenarnya bukan target man yang baik.”

"Jika Anda melacak larinya dan melihat bagaimana dia berlari di lapangan, dia bergerak lebih seperti Jamie Vardy daripada seorang target man yang besar, yang cukup aneh."

Di tempat lain, satu-satunya pemain yang lebih sebanding dari Vardy adalah penembak jitu dari Eintracht Frankfurt yakni Andre Silva, yang memiliki 18 gol dalam 20 pertandingan Bundesliga musim ini.

Dan untuk sisa namanya, tanpa penjelasan lebih, berikut daftar sepuluh pemain yang paling sebanding dengan Haaland menurut versi FBref .

1. Andre Silva
2. Jamie Vardy
3. Ciro Immobile
4. Romelu Lukaku
5. Duvan Zapata
6. Luis Suarez
7. Paco Alcacer
8. Gianluca Lapadula
9. Francesco Caputo
10. Robert Lewandowski


Coba cermati nama-nama di atas yang sebagian besar tidaklah asing, ketik nama mereka di mesin pencari, maka Anda akan temukan fakta bahwa benar kesepuluh pemain ini memiliki tinggi atau postur tubuh yang seperti Haalland. Tapi mereka juga bisa berlari cepat dan efektif.

Apakah Anda punya komentar menarik tentang hal ini?

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network