5 Pemain Ikonik dengan Trik Tingkat Dewa, Elastico Ala Ronaldinho

"Para legenda sepak bola ini merupakan penggagas trik sepak bola yang masih digunakan hingga saat ini."

Feature | 04 February 2021, 12:32
5 Pemain Ikonik dengan Trik Tingkat Dewa, Elastico Ala Ronaldinho

Libero.id - Sejarah sepak bola tak hanya mencatat rekor jumlah gol maupun laga terbanyak. Olahraga mengolah si kulit bundar ini juga mengenang permainan indah dengan tokoh-tokoh legendaris melalui keahlian khas mereka. Kualitas mereka akan terus dikenang sepanjang masa.

Seorang pesepak bola memang berhak mengekspresikan diri saat bermain. Dan, kecerdikan bermain kreatif ini ditunjukkan para pemain ikonik yang tak takut memperagakannya di lapangan.

Kualitas mereka dalam menunjukkan keterampilan mengolah bola tak perlu diragukan lagi, karena mereka sudah menguasainya di level tertinggi. Berikut adalah lima pesepak bola ikonik dengan gerakan khas mereka yang tak terlupakan:

Ronaldo - Stepover

Di antara keterampilan yang paling umum digunakan dalam permainan modern, tidak ada pemain yang menyempurnakan langkah seperti Ronaldo Nazario de Lima.

Pemain yang identik dengan nomor punggung sembilan ini selalu menghiasi permainan. Ronaldo kerap berlari layaknya penari balet. Dia mempunyai keistimewaan itu karena punya keseimbangan yang sempurna.

Ronaldo selalu berhasil menaklukkan para bek sejak remaja. Melalui kelincahannya, Legenda Brasil ini selalu dapat memperdayai setiap lawan melalui keterampilannya yang unik.

Ronaldo memiliki segala macam trik, termasuk tidak ada yang sama di setiap langkahnya. Dia sempat berpura-pura ke satu arah sebelum berbelok ke tujuan sebenarnya. Trik yang populer di era 1990-an ini membuat banyak bek, terutama kiper terkecoh.

Zinedine Zidane - Roulette

Libero.id

Kredit: instagram.com/zidane

Pesepak bola terbaik dari satu generasi dan seorang pria dengan sentuhan teknik tak tertandingi sepanjang kariernya. Keterampilan itu yang membawanya meraih kesuksesan.

Rolet, juga dikenal sebagai pirouette, telah diterapkan oleh beberapa nama terkemuka termasuk orang-orang seperti Garrincha dan Diego Maradona. Tapi, trik itu tidak pernah cukup dengan keanggunan artistic milik Zinedine Zidane.

Tokoh utama generasi emas sepak bola Prancis ini adalah mikrokosmos dari keajaiban pemain. Seorang playmaker ini membuat waktu tampak berhenti setiap kali dirinya menerima bola.

Zidane adalah bintang di antara bintang-bintang, baik untuk Prancis dan Real Madrid. Dia menciptakan momen demi momen keajaiban yang agung, termasuk putaran khasnya yang legendaris.

Juninho - Tendangan bebas Knuckleball

Tidak ada pemain yang melakukan tendangan bebas seperti Juninho Pernambucano. Itu mungkin pernyataan yang tampak aneh, tapi itu salah satu yang sulit untuk diperdebatkan mengingat daftar bintang set-piece menakjubkan dari bintang Samba.

Knuckle-ball sekarang mungkin menjadi teknik umum karena diterapkan pemain seperti Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan Didier Drogba. Teknik itu melepaskan tendangan bebas dengan pukulan mematikan dan menipu, tetapi Juninho adalah master inovatif dari fenomena modern.

Tahun-tahun terbaik Juninho datang saat membela Olympique Lyon, di mana dia memenangkan tujuh gelar Ligue 1 berturut-turut. Kejeniusan pemain Brasil itu hampir seperti sihir. Dia menendang bola yang dapat berbelok dan membuat penjaga gawang lawan tidak bisa menangkap apapun kecuali udara tipis.

Juninho mengatakan bahwa tekniknya diubah dari pemain hebat sepak bola Brasil di masa lalu, yakni tendangan yang menentang gravitasi dan sains.

Ronaldinho - Elastico

Libero.id

Kredit: instagram.com/ronaldinho

Ekspresif dan menggairahkan, brilian dan mengguncang. Kata tepat untuk menggambarkan permainan Ronaldinho sebagai pemain sepak bola terbaik. Pemain Brasil itu selalu memperdayai lawan dengan gaya khas dan semua itu dijalani dengan senyuman di wajahnya.

Gaya Ronaldinho yang suka bersenang-senang terlihat jelas setiap kali dia melangkah ke lapangan, pemain yang menikmati perannya sebagai penghibur di lapangan. Gaya showboating-nya membuat Ronaldinho disayangi oleh pendukungnya di seluruh dunia.

Tendangan bebas di bawah dinding dan operan tanpa melihat adalah beberapa keterampilan yang dibawa mantan pemenang Ballon d'Or kehadiran public. Tapi, keterampilan elastiso alias lentur macam karet yang akan selalu dikenang.

Menggiring bola dengan kecepatan dan keterampilan yang memukau, Ronaldinho akan membalik bola satu arah dengan bagian luar kakinya, sebelum membawanya kembali dalam satu gerakan dengan bagian dalam kaki yang sama untuk membuat pemain lawan terpelintir dan berbalik. Seorang jenius berbakat yang kesenangan dan bakatnya menginspirasi sebuah generasi.

Johan Cryuff - Putaran Cruyff

Libero.id

Kredit: instagram.com/johancruyff

Pengaruh Johan Cruyff pada sepak bola kemungkinan besar akan abadi, salah satu seniman olahraga terhebat sepanjang masa dan pelopor Total Football - pengaruh utama dalam sejarah sepak bola Belanda dan Barcelona.

Pemenang Ballon d'Or tiga kali ini merupakan penemu dari keahlian sepak bola yang bisa dibilang paling terkenal, teknik putaran Cruyff-nya menjadi terkenal selama pertandingan Piala Dunia antara Belanda dan Swedia pada 1974.

Langkah itu dilakukan saat Cruyff menghadap ke arah gawangnya sendiri. Dia berpura-pura mengoper dan menyeret bola ke belakang kaki berdiri untuk berputar 180 derajat dan membuat bek itu benar-benar bingung.

Begitu sederhana, namun hampir tidak mungkin dihentikan. Teknik Cruyff adalah warisan yang ditinggalkan oleh salah satu pemain terhebat yang pernah memainkan permainan ini.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 100%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network