Starting Line Up Terbaik Afrika 10 Tahun Terakhir

"Federasi statistik dan sejarah memilih pemain terbaik dari Afrika antara rentang tahun 2011-2020."

Feature | 03 February 2021, 11:02
Starting Line Up Terbaik Afrika 10 Tahun Terakhir

Libero.id - Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia. Populasi penduduknya padat, juga nomor kedua setelah benua Asia. Sepertujuh populasi dunia berasal dari benua yang menghimpun lebih dari 50 an negara itu. Kalau kita bicara angka akurat, jumlahnya 54 negara.

Terbentang dari yang paling kecil dan kepulauan seperti Gambia sampai yang paling luas Aljazair, Afrika bukan hanya tentang luas wilayah.

Afrika juga bukan hanya tentang eksotisme alam atau kemiskinan yang terus menerus disorot. Afrika juga bukan sepenuhnya tempat yang kering.

Hari-hari ini penting untuk melihat Afrika sebagai sesuatu yang indah dan berdiri tegak. Anda bisa menemukan itu pada kaki-kaki dan senyum para olahragawannya.

Tuhan telah menitipkan kecepatan pada manusia Afrika, seperti tanpa lelah mereka terus berlari dan derunya terbawa angin.

Dari generasi ke generasi. Benua Afrika telah menghasilkan banyak pesepakbola terhebat dalam sejarah. Dari Didier Drogba hingga George Weah, dari Samuel Eto'o hingga Roger Milla.

Meski keempat pemain itu telah menggantungkan sepatu mereka alias pensiun, bukan berarti laju kehebatan para pesepakbola Afrika telah melambat.

Anda hanya perlu menengok skuad juara bertahan Liga Premier untuk melihat betapa masih bertebaran para pesepakbola terhebat yang mewakili benua Afrika. Ada Sadio Mane dari Senegal dan Mohamed Salah dari Mesir.

Pada klub besar lainnya, Anda mungkin juga mengenal Riyad Mahrez di Manchester City serta Hakim Ziyech dan Edouard Mendy yang menetap di Chelsea.

Bukan hanya di Liga Premier, para pemain yang berasal dari benua Afrika juga tersebar di liga-liga besar. Misalnya saja sulit membayangkan AC Milan akan memimpin di Serie A tanpa Ismaël Bennacer dari Maroko dan Franck Kessie dari Pantai Gading.

Ketujuh pemain itu pernah dipilih oleh France Football pada awal Januari 2020 sebagai starting line up terbaik Afrika.

Empat nama lainnya adalah Achraf Hakimi, Kalidou Koulibaly, Djene Dakonam dan Ramy Bensebaini.

Pertanyaannya bagaimana dengan susunan pemain terbaik dari benua Afrika tahun ini? Bagi Anda yang penasaran tak perlu khawatir sebab Federasi Internasional Sejarah & Statistik Sepak Bola (IFFHS) telah membuat daftar untuk kategori itu.

Bukan saja untuk tahun ini, IFFHS memilih pemain terbaik dari Afrika antara rentang tahun 2011-2020 alias satu dekade terakhir. Tentu hal ini lebih menyenangkan lagi.

Tanpa pa pi pu, mari lihat nama-nama mereka di bawah ini, mulai dari penjaga gawang sampai juru gedor :


GK : Vincent Enyama - Nigeria

CB : Koulibaly - Senegal
CB : Benatia - Maroko
LB : Bailliy - Pantai Gading
LB : Fathy - Mesir


CM : Mahrez - Aljazair
CM : Ayew - Ghana
CM : Yaya Toure - Pantai Gading

LW : Mo Salah - Mesir
CF : Aubameyang - Gabon
RW : Sadio Mane - Senegal


Trio lini depan yang sangat mematikan. Tapi sebuah tim bbukan hanya trisula. Untuk memastikan kemenangan Anda butuh 11 pemain. Dan rasa-rasanya tidak ada keraguan jika ke-11 pemain di atas benar-benar berlaga dalam balutan seragam yang sama maka segala sesuatu sangat mungkin terjadi.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network