Selamat Ulang Tahun!

14 Laga dengan Rivalitas Terbesar di Dunia

"Derby Milan antara Inter melawan AC Milan ada di nomor tiga. Laga El Clasico Barcelona vs Real Madrid ada di nomor dua."

Feature | 20 January 2021, 05:52
14 Laga dengan Rivalitas Terbesar di Dunia

Libero.id - Saat Liverpool menghadapi Manchester United pada Minggu malam yang lewat, para penggemar Liga Premier disajikan pertandingan terbesar di Inggris. Bukan lagi rahasia, dua klub paling sukses di negeri Ratu Elizabeth itu memiliki basis penggemar yang solid dan banyak di seluruh dunia dan duel antar keduanya sudah bisa dipastikan pasti akan disaksikan oleh jutaan orang dari seluruh dunia.

Tapi jutaan orang yang menonton pada hari Minggu yang lewat itu agaknya berakhir kecewa karena kedua belah pihak bermain imbang 0-0 di Anfield.

Jika kita mengamini Liverpool vs Manchester United adalah derby panas yang tak berkesudahan, maka dengan begitu kita juga perlu untuk melihat derby serupa baik masih dari daratan Inggris atau menyeberang ke bagian Eropa lain atau bahkan ke benua-benua lainnya.

Pertanyaannya adakah derby lain yang menyaingi derby antara United vs Liverpool itu? Situs olahraga The Athletic telah mengumpulkan daftar rivalitas terbesar di dunia.

Dan situs yang berkantor di San Francisco, Amerika Serikat itu telah membuat 14 daftar derby terbesar dalam dunia sepak bola, daftarnya dapat Anda lihat langsung di bawah ini :

14. Parist Saint Germain vs Marseille

Anda hanya perlu melihat bentrokan antara Neymar dan Alvaro Gonzalez pada laga derby pekan lalu. Baik di lapangan dan di media sosial, kedua klub ini seolah tak pernah akur dan atmosfer pertandingan selalu menyala.

Pertandingan terbesar dan terpanas di Ligue 1 Prancis ini disebut Le Classique, kedua klub merupakan kesebelasan paling sukses di Prancis.

13. Boca Juniors vs River Plate

Libero.id

Kredit: cariverplate.com.ar

Apa jadinya ketika dua tim terbesar di kota yang paling gila sepak bola bertemu? Bubuk mesiu, lampu, asap, paduan suara simfoni dan keseruan lainnya, yang jelas stadion bakal sangat bergema dan bawah kakimu akan terasa getaran yang mengguncang. Itulah gambaran singkat tentang laga derby paling besar di Amerika Latin, Boca Juniors vs River Plate.

12. Fenerbahce vs Galatasaray

Dipisahkan hanya sejauh 9,4 km dan menampilkan dua klub paling sukses di Turki, derby antara Fenerbahce vs Galatasaray adalah yang paling menguras emosi. Derby ini disebut derby Interkontinental.

11. Celtic vs Rangers

Di Skotlandia sepak bola adalah identitas tambahan, apalagi dalam pertemuan antara Celtic vs Rangers. Dua klub ini memiliki sejarah panjang. Rangers dianggap sebagai perwajahan dari klub Protestan dengan pendukung yang disebut Unionis, sementara itu Celtic dianggap klub yang mewakili identitas umat Katolik dengan cakupan dukungan Republik dan Nasionalis.

10. Dortmund vs Schalke

Libero.id

Kredit: schalke04.de

Revierderby pertama kali dimainkan pada tahun 1925 dan menampilkan dua sisi kota yang dipisahkan sejauh 27,4 km. Tapi ini bukan derby terbesar di Bundesliga Jerman.

9. Roma vs Lazio

Derby antar tim ibu kota. Sepak bola adalah agama di Roma dan derby ini adalah pertaruhan besar yang dimainkan selalu dengan tensi tinggi. Kedua belah pihak baru saja bentrok pada hari Jumat yang lalu dan laga panas itu menghasilkan sembilan kartu kuning.

8. Bayern Munich vs Dortmund

Libero.id

Kredit: bundesliga.com

Tidak diragukan lagi ini derby Klassiker adalah pertandingan terbesar yang ditawarkan sepak bola Jerman saat ini.

Dalam satu dekade persaingan antara Bayern Munich vs Dortmund selalu mengedepankan emosi dan spartanitas.

7. Flamengo vs Fluminense

Sudah sepantasnya dan tentunya bukan kebetulan bahwa kualitas mistis sepak bola Brasil diekspresikan dengan sempurna melalui derby terbesar di negeri samba itu yakni antara Flamengo vs Fluminense. Anda tidak dapat memahami Rio de Janeiro sebelum melihat rivalitas dua klub yang telah berlangsung selama satu abad lebih ini.

6. Tottenham vs Arsenal

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Kira-kira apa yang membuat derby London utara begitu istimewa? Anda mungkin dapat melihat kembali akar sejarahnya: Rivalitas ini bisa dikatakan dipicu ketika Sir Henry Norris mendirikan Woolwich Arsenal, klub yang menjadi cikal bakal Arsenal saat ini, didirikan di daerah Kent, bagian Tenggara London tahun 1886.

Ketika itu, Woolwich Arsenal sempat beberapa kali bertandang melawan Tottenham Hotspur yang berbasis di London Utara, dan rivalitas baru benar-benar terjadi ketika Arsenal memutuskan untuk memiliki stadion di Highbury di London Utara, dengan jarak yang hanya sekitar 6,2 kilometer dari stadion milik Spurs, White Hart Lane di tahun 1913 ketika itu. Dan segalanya terjadi begitu saja. Hingga kini Tottenham vs Arsenal adalah salah satu derby kota yang menegangkan.

5. Liverpool vs Everton

Derby satu kota lainnya yang tak kalah atau bahkan lebih panas adalah Liverpool vs Everton. Laga antar keduanya hampir selalu dipenuhi dengan peluit pelanggaran.

4. Manchester United vs Liverpool

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Laga ini adalah duel kelas berat dalam sepak bola Inggris. Keduanya memiliki basis penggemar yang luas dan hasil pertandingan antara Manchester United vs Liverpool selalu bergema di seluruh dunia.

3. AC Milan vs Inter Milan

Dalam sepak bola, kota Milan Italia hanya soal perebutan siapa yang lebih baik, apakah AC Milan dengan garis merah hitamnya atau Inter Milan dengan garis biru hitamnya.

2. Real Madrid vs Barcelona

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Keriuhan politik dan ideologi menjadi alasan kuat mengapa derby yang disebut El Clasico ini menjadi panjang dan awet. Rivalitas antar keduanya adalah pertarungan simbol dan sejarah. Sebagai tim ibu kota, Real Madrid dianggap perwajahan dari kelas aristokrat alias kaum para bangsawan yang doyan berkuasa. Sementara itu Barcelona adalah sebaliknya, orang-orang Rebel yang dianggap sebagai kelas pekerja yang hendak menuntut keadilan.

1. Manchester City vs Manchester United

Inilah duel yang dianggap paling besar, panas, dan menguras emosi. Manchester adalah pusat dari segala keriuhan sepak bola. Kota ini hidup karena teriakan antar suporter yang fanatik. Laga antara City dan United selalu menjanjikan keseruan, ketegangan. Bahkan laga antar keduanya layak untuk disebut sebagai pengalaman paling klimaks dalam sepak bola.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan