Selamat Ulang Tahun!

Ceroboh, Roma Salahi Aturan Ganti Pemain 6 Kali Tetapi Tetap Kalah

"Dua kali terjadi musim ini Roma abai terhadap peraturan. Masak iya tim sebesar Roma tidak sadar sudah mengganti pemain enam kali."

Berita | 20 January 2021, 01:51
Ceroboh, Roma Salahi Aturan Ganti Pemain 6 Kali Tetapi Tetap Kalah

Libero.id - Roma takluk pada pertandingan babak 16 besar Coppa Italia Rabu dinihari dari Spezia dengan skor 2-4. Andaikata pun mereka menang, secara otomatis kemenangan mereka akan dibatalkan karena mereka melakukan enam pergantian pemain ketika hanya lima pergantian yang diizinkan.

Peristiwa itu terjadi di perpanjangan waktu, saat hasil masih 2-2.

Spezia kemudian menang 4-2 di perpanjangan waktu dan membukukan tempat mereka di perempat final melawan Napoli.

Meskipun FIFA memperbolehkan pergantian pemain ekstra di waktu tambahan, aturan ini tidak berlaku untuk Coppa Italia.

Tampaknya mereka salah memahami peraturan di Coppa Italia, yang menyatakan tim memiliki 'slot' ekstra untuk melakukan pergantian pemain di perpanjangan waktu, tetapi bukan pergantian pemain keenam.

Perlu dipahami pula, bukan peran wasit atau ofisial keempat untuk memberi tahu tim ketika mereka melakukan terlalu banyak pergantian pemain.

Pergantian pemain dilakukan setelah Roma menerima dua kartu merah dalam 30 detik. Pertama saat Gianluca Mancini menerima kartu kuning kedua dan Pau Lopez melanggar Roberto Piccoli di luar kotak.

Sebenarnya Pellegrini sudah mengingatkan bahwa terjadi enam kali pergantian pemain. Tetapi pergantian jalan terus.

Ini adalah kesalahan besar kedua di Roma musim ini, karena mereka secara otomatis kalah 0-3 di Serie A dari Verona setelah memainkan Amadou Diawara.

Masalah kemudian timbul karena Diawara sudah berusia 23 tahun pada 17 Juli 2020. Artinya adalah Diawara tidak memenuhi syarat main pada laga Verona vs AS Roma.

Aturan menyebut, setiap tim Liga Italia hanya bisa mendaftarkan maksimal 25 pemain senior berusia di atas 22 tahun. Adapun pemain U22 tetap bisa dimainkan setiap laga tanpa didaftarkan asalkan sudah terikat kontrak dengan tim.

Dalam kasus AS Roma, Diawara yang sudah berusia 23 tahun belum didaftarkan sebagai pemain senior, tetapi sudah dimainkan selama 89 menit.

Diskusi Internal

Pelatih Roma Paulo Fonseca mengakui mereka akan 'membahasnya secara internal' setelah melakukan terlalu banyak pergantian pemain. Tim melakukan enam pergantian pemain, bukan lima yang diizinkan.

“Jika ada masalah, kami punya waktu untuk membahasnya secara internal,” kata sang pelatih kepada RAI Sport.

Roma tertinggal 0-2 dalam waktu 15 menit karena penalti Andrij Galabinov dan Riccardo Saponara.

“Kami memiliki awal yang sulit dengan penalti itu, yang merupakan situasi yang sulit untuk dipahami. Setelah itu, kami menciptakan banyak peluang, kehilangan banyak gol, dan kemudian dengan dua pemain tertinggal, itu sulit.

“Ini adalah momen yang sulit, kami ingin melangkah lebih jauh di Coppa Italia, tapi saya tidak bisa mengeluh tentang sikap para pemain ini. Kami harus mempersiapkan pertandingan berikutnya.”


Roma 2-4 Spezia (perpanjangan waktu)

Gol: Galabinov penalti 6 (S), Saponara 15, 119 (S), Pellegrini penalti 42 (R), Mkhitaryan 73 (R), Verde 107 (S)

Roma: Pau Lopez; Mancini, Cristante (Fuzato 95), Kumbulla; Peres, Pellegrini, Villar (Veretout 69), Spinazzola (Karsdorp 69); Pedro (Ibanez 95), Mkhitaryan (Carles Perez 85); Borja Walikota (Dzeko 91)

Spezia: Krapikas; Vignali, Erlic, Ismajli, Ramos (Dell’Orco 68); Deiola (Acampora 80), Leo Sena (Ricci 68), Maggiore; Agudelo (Verde 59), Galabinov (Piccoli 68), Saponara

Wasit: Ghersini

Kartu merah: Mancini 93 (Kanan), Pau Lopez 94 (Kanan)




Hasil Pertandingan AS Roma


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=LDyrEvcaNwM

Artikel Pilihan