Formasi XI Menakjubkan Ajax Jika Mereka Tidak Menjual Bintangnya

"Bayangkan jika Ajax memiliki duet maut Zlatan Ibrahimovic dan Luis Suarez."

Feature | 16 January 2021, 05:29
Formasi XI Menakjubkan Ajax Jika Mereka Tidak Menjual Bintangnya

Libero.id - Ajax adalah salah satu klub sepak bola paling dihormati dalam sejarah olahraga ini. Menguasai kompetisi lokal di Belanda dan pernah juara Eropa empat kali, Ajax telah menjadi  rumah besar bagi beberapa pemain terhebat sepanjang masa dari mulai Johan Cruyff hingga Marco van Basten.

Tak ketinggalan orang-orang seperti Edwin van der Sar, Dennis Bergkamp, Patrick Kluivert, Ronald Koeman, Frank Rijkaard dan Johan Neeskens juga merupakan pemain yang namanya berkibar gagah saat membela Ajax.

Anda mungkin mengerti maksudnya. Namun, untuk semua Legenda yang telah disebutkan di atas, pada dasarnya Ajax memang memiliki akademi yang sangat dihormati,  buktinya Ajax masih terus mengorbitkan deretan pemain kelas dunia, bahkan saat mereka tidak lagi menaklukkan benua biru.

Rasanya seolah-olah sebagian besar klub Eropa memiliki semacam hutang budi kepada klub asal kota Amsterdam itu, tapi di lain sisi hal itu juga memalukan karena para pemain dengan mudahnya pergi meninggalkan Ajax.

Dan untuk mengingat hal itu, agaknya menarik untuk melihat beberapa pemain terbaik yang telah dijual Ajax selama 20 tahun terakhir. Andaikata jika Ajax  tidak pernah menjual pemain-pemainnya seperti yang tertera di daftar bawah ini, maka tak terbayangkan betapa menakutkannya skuad Ajax saat ini. Simak daftarnya:

GK – Jasper Cillessen

Libero.id

Kredit: twitter.com/afcajax

Sebagian mungkin Anda berpikir bahwa ini adalah awal yang mengecewakan, karena Cillessen saat ini hanya mampu mengumpulkan ‘debu’ di pinggir lapangan untuk Valencia, tetapi mantan pemain Barcelona itu adalah penjaga gawang yang cukup layak pada masanya.

RB – Toby Alderweireld
Sekarang kita membahas hal-hal yang bagus. Alderweireld adalah salah satu bek terbaik di Liga Premier dan empat bek Spurs kemungkinan akan sangat kewalahan jika tanpa dia.

CB – Matthijs de Ligt

Libero.id

Kredit: twitter.com/afcajax

De Ligt telah membuat awal yang solid di Juventus, hal itu sekaligusmembuktikan bahwa performa  bersama Ajax selama beberapa musim terakhirnya bukan hanya kebetulan.

CB – Jan Vertonghen
Tahun-tahun awalnya di Inggris, Vertonghen menjadi benteng kokoh di Tottenham, mungkin ha itu sudah lama terlupakan, tetapi jangan salah Vertonghen masih memiliki banyak kemampuan dan keberadaannya cukup krusial bagi Belgia untuk Euro 2020 yang bakal segera digelar.

LB – Daley Blind

Libero.id

Kredit: english.ajax.nl

Satu-satunya pemain di tim yang masih menjalani perdagangannya di ibu kota Belanda, tetapi kami tidak bisa menahan diri untuk memilih pendukung yang penampilannya membuatnya pindah ke Manchester United pada 2014.

RM – Hakim Ziyech
Selama di Amsterdam, Ziyech adalah salah satu primadona yang sangat sering disebut. Dan kini ia memperkuat klub London Utara. Sebelum musim 2020/21 berakhir Ziyech bakal mengguncang Chelsea.

CM – Frenkie de Jong

Libero.id

Kredit: twitter.com/afcajax

Bukti bahwa mantan pemain Ajax sangat berkualitas adalah Frenkie de Jong. Muda, diminati oleh banyak klub besar dan punya segudang potensi untuk dioptimalkan. Kini de Jong memperkuat Barcelona.

CM – Donny van de Beek
Tugas utama  Donny van de Beek adalah memberikan koktail gol dan assist dari lini tengah. Dan itu yang ia lakukan selama memperkuat Ajax Amsterdam. Tapi kini dia tengah berjuang di Old Trafford.

LM – Christian Eriksen
Untuk alasan apa pun, Antonio Conte tetap saja tak suka dengan pesepakbola asal  Denmark, tetapi jangan sampai kita lupa bahwa kita sedang berbicara tentang pemain dengan 62 assist Liga Premier yang masih mampu bermain di level atas. Dialah Christian Eriksen.

ST – Luis Suarez

Libero.id

Kredit: twitter.com/afcajax

Dengan sembilan gol dalam 12 pertandingan La Liga untuk Atletico Madrid, Barcelona harus mengutuki dirii mereka sendiri karena  pemenang Sepatu Emas Eropa dua kali itu masih mobile sampai sekarang, Suarez sendiri pernah bermain sebanyak 159 kali untuk Ajax.

ST – Zlatan Ibrahimovic

Libero.id

Kredit: english.ajax.nl

Rekor gila 10 gol Serie A dari tujuh pertandingan musim ini menunjukkan bahwa ia masih kuat di usia 39. Pada masanya ia adalah raja di Eredivisie dan saat itu tentu saja ia berseragam Ajax Amsterdam.

Formasi Terbaik Ajax Amsterdam

Jika semua pemain yang disebutkan di atas masih setia dan berada di Amsterdam, rasa-rasanya tak sulit untuk tim ini untuk menjadi pemenang Liga Champions. Tu mungkin terdengar hiperbolik, tapi mari kita ingat sejenak bahwa Suarez dan Ibrahimovic mungkin berada di urutan kedua setelah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam hal mencetak gol dalam dekade terakhir ini.

Ditambah lagi ada nama-nama seperti Eriksen, Alderweireld dan Vertonghen yang hampir membawa Spurs meraih gelar Liga Premier serta mencapai babak semifinal di Liga Champions. Sayangnya, kita tidak akan pernah bisa melihat tim all-star Ajax yang imajiner mengangkat ‘Big Ears’ di atas kepala mereka, sebab mereka telah berpencar.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network