18 Transfer Musim Dingin Chelsea Sejak 2010, Bagaimana Peringkatnya

"Kebiasaan Chelsea membeli pemain pada musim dingin sudah terjadi sejak lama. Entah untuk menggembosi lawan atau menambah kekuatan."

Feature | 08 January 2021, 12:40
18 Transfer Musim Dingin Chelsea Sejak 2010, Bagaimana Peringkatnya

Libero.id - Chelsea punya reputasi sebagai klub Liga Premier yang senang membelanjakan uang di transfer window musim dingin. Entah untuk menggembosi lawan atau menambah kekuatan, The Blues sangat sering berbelanja pada Januari.

Sejak Roman Abramovich menjadi penguasa Chelsea, uang bukan hal yang langka. Setiap jendela transfer pemain dibuka, manajemen The Blues tidak sungkan mengucurkan banyak uang untuk membeli pemain-pemain berharga mahal. Ada yang sukses, banyak juga yang gagal.

Selain pada musim panas, kebiasaan Chelsea membeli pemain pada musim dingin sudah terjadi sejak lama. Biasanya, mereka mendatangkan pemain sesuai kebutuhan dan hasil evaluasi pelatih pada paruh pertama. Alasan lainnya adalah untuk mengurangi kekuatan rival di kompetisi domestik.

Berikut ini peringkat 18 pemain Chelsea yang didatangkan pada transfer window musim dingin sejak 2018:
 

18. Lucas Piazon

Libero.id

Kredit: chelseafc.com

Pembelian musim dingin Chelsea terlama saat ini. Tapi, Piazon sedang menjalani masa pinjaman ketujuh dari Stamford Bridge. Di usia yang sudah menginjak 26 tahun, banyak yang bingung melihat perlakuan Chelsea. Ada baiknya, mereka membiarkan Piazon pergi ke klub lain dengan status permanen.


17. Matt Miazga

Dia bergabung pada 2016. Hanya bermain 2 kali, bek asal Amerika Serikat (AS) itu langsung dipinjamkan ke sejumlah klub. Sebut saja Vitesse, Nantes, Reading, hingga Anderlecht. Kapan kembali ke London Barat? Tidak ada satupun suporter The Blues yang tahu kepastiannya.


16. Juan Cuadrado

Libero.id

Kredit: twitter.com/chelseafc

Semua terkejut ketika pada Januari 2015 Chelsea mengeluarkan 27 juta pounds  untuk merekrut  Cuadrado. Keterkejutan itu menjadi kebenaran yang menyakitkan ketika pemain sayap asal Kolombia tersebut hanya tampil 14 kali sebelum bergabung dengan Juventus dengan kontrak pinjaman 2 tahun, yang akhirnya dipermanenkan pada 2017.

Chelsea semakin kecewa karena saat Cuadrado datang, ada klausul menyertakan Mohamed Salah ke Fiorentina. Selanjutnya, tidak perlu diceritakan lagi karena Salah bergabung dengan Liverpool setelah sempat berjuang untuk AS Roma.


15. Alexandre Pato

Itu adalah sebuah kesepakatan yang dianggap sebagai solusi jangka pendek untuk Chelsea. Pato sudah mengalami penurunan pada saat bergabung dengan Chelsea dengan status pinjaman dari Corinthians pada 2016. Mantan pemain AC Milan itu cedera untuk sebagian besar waktunya di Liga Premier. Setelah itu, Pato harus pergi meninggalkan Inggris.


14. Bertrand Traore

Libero.id

Kredit: twitter.com/chelseafc

Traore dikabarkan telah bergabung dengan Chelsea pada awal Agustus 2010, ketika dia masih berusia 14 tahun. Tapi, The Blues bersikeras bahwa penyerang itu hanya dalam masa percobaan. Pemain internasional Burkina Faso secara resmi bergabung pada Januari 2014 dan diberi lebih banyak peluang daripada kebanyakan pemain muda Chelsea pada saat itu. Dia mencetak 4 gol dalam 16 penampilan di semua kompetisi sebelum dibuang keluar London Barat.

Setelah bersinar di Lyon, muncul beberapa saran agar Chelsea harus mengaktifkan klausul pembelian kembali Traore. Tapi, ternyata dia memilih bergabung dengan Aston Villa pada musim panas 2020 dan saat ini duduk di posisi yang lebih baik dari Chelsea di klasemen sementara Liga Premier.


13. Gonzalo Higuain

Semua orang terkejut ketika tiba-tiba ada Higuain di markas latihan Chelsea. Dua gol melawan Huddersfield dan kontribusi yang sangat kecil setelahnya tidak membuat suporter terkesan dengan El Pipita.

"Saya bisa melakukannya lebih baik. Tapi, saya pikir apa yang saya lakukan tidak buruk dan kemudian kami berhasil memenangkan Liga Eropa dan mencapai Liga Champions. Jadi, itu hasil yang bagus. Orang-orang mengharapkan lebih dari saya. Tapi, saya pikir golnya baik-baik saja dalam waktu singkat," kata Higuain membela diri, kepada The Telegraph.


12. Kevin de Bruyne

Libero.id

Kredit: chelseafc

Chelsea membuktikan sebagai klub kaya yang tidak memiliki talent scout yang bagus. Bagaimana mungkin pemain seperti De Bruyne gagal bersinar di Stamford Bridge? Gelandang asal Belgia itu terbukti menjadi salah satu pemain terbaik di Liga Premier bersama Manchester City.

11. Mohamed Salah

Apa yang menimpa Salah sama seperti De Bruyne. Pria asal Mesir itu disia-siakan Chelsea, tapi justru bersinar di Liverpool. Tentu saja Roman Abramovich sangat menyesal ketika melihat Salah mengangkat trofi Liga Champions dan Liga Premier bersama The Reds.


10. Emerson Palmieri

Libero.id

Kredit: twitter.com/chelseafc

Emerson telah mencatatkan 63 penampilan untuk Chelsea. Gelandang asal Italia itu telah tampil solid sejak tiba di Stamford Bridge pada 2018. Dia memang pemain yang layak ditampilkan. Tapi, masih ada banyak waktu bagi Emerson untuk membuktikan kelayakan berseragam The Blues.


9. Ross Barkley

Datang pada Januari 2018, Barkley hanya bermain 2 kali pada 2020/2021. Ketika transfer window musim panas 2020 akan ditutup, mantan pemain Everton itu meminta dipinjamkan ke Aston Villa. Debutnya terjadi saat Villa menghajar Liverpool 7-2. Hebatnya, Barkley langsung mencetak gol.


8. Demba Ba

Libero.id

Kredit: twitter.com/chelseafc

Ba saat ini berada di Istanbul Basaksehir setelah pada 4 Januari 2013 bergabung dengan Chelsea dari Newcastle United. Dikontrak 3,5 tahun, dia menjadi pemain Senegal pertama di Stamford Bridge. Tapi, karier Ba biasa-biasa saja. Dia pindah ke Besiktas setelah hanya mencetak 7 gol selama 2 musim Liga Premier.


7. Fernando Torres

Torres adalah pemain yang unik. Bersinar dengan Atletico Madrid dan Liverpool, El Nino secara tiba-tiba memilih membela Chelsea pada pertengahan musim. Nilai transfernya fantastis, 50 juta pounds.

Tapi, Torres angin-anginan. Dia tidak konsisten. Kadang tampil sangat buruk. Bahkan, hanya menghuni bangku cadangan. Tapi, di lain hari dirinya bisa sangat berbahaya di depan gawang lawan. Salah satu aksi Torres yang dikenang suporter Chelsea adalah gol ke gawang Victor Valdes saat Chelsea menyambangi Camp Nou untuk melawan Barcelona di Liga Champions.


6. Christian Pulisic

Libero.id

Kredit: chelseafc.com

Dia bagus. Sangat bagus. Tapi, masih banyak yang harus dibuktikan pemain asal Amerika Serikat (AS) tersebut. Pulisic masih punya banyak waktu untuk menjadi legenda di London Barat.


5. Kurt Zouma

Dengan senyum lebar, Zouma menjadi bek yang cukup solid ketika dipanggil Frank Lampard. Dari pemain yang tidak dibutuhkan saat pertama kali datang ke Chelsea, Zouma kini menjadi salah satu tulang punggung Lampard di lini belakang. Zouma tidak hanya kokoh sebagai batu karang, melainkan juga pencetak gol jempolan dari skenario bola mati.


4. David Luiz

Libero.id

Kredit: chelseafc.com

Pria asal Brasil ini datang ke Chelsea pada 31 Januari 2011 dari Benfica dengan 25 juta euro plus kontrak 5,5 tahun. Kepindahan Luiz disertai transfer Nemanja Matic ke Benfica. Padahal, pemain Serbia tersebut baru saja kembali dari peminjaman di Vitesse.

Hasil pembelian Luiz terlihat sangat jelas dengan sejumlah gelar maupun uang hasil penjualan ke Paris Saint-Germain (PSG). Kerinduan Chelsea pada Luiz kembali ditunjukkan ketika memintanya bergabung lagi setelah bermain di Prancis. Saat ini, Luiz menjadi pemain belakang Arsenal.


3. Olivier Giroud

Tidak disangka kehadiran Giroud ke Chelsea dari Arsenal memberikan pengaruh yang cukup bagus. Meski bukan penyerang reguler, pemuda Prancis itu menunjukkan diri sebagai penyerang cadangan yang memiliki kelas tersendiri. Gol-gol menentukan sering dihasilkan ketika memulai pertandingan dari bench. Baru-baru ini dia mencetak hattrick yang sangat bagus.


2. Nemanja Matic

Libero.id

Kredit: twitter.com/chelseafc

Setelah dipinjamkan ke Benfica ketika David Luiz bergabung dengan Chelsea, Jose Mourinho mengontrak Matic kembali pada Januari 2014. Hasilnya, 2 trofi Liga Premier dipersembahkan gelandang asal Serbia tersebut sebelum akhirnya pindah ke Manchester United dengan transfer 40 juta pounds.


1. Gary Cahill

Awalnya, tidak banyak penggemar Chelsea yang berharap terlalu pada pemain yang hanya dibeli 7 juta pounds dari Bolton Wanderes. Statu sebagai pemain di klub kelas dua membuat Cahill sempat diremehkan. Dia dianggap belum panas bermain di klub kaya sekelas The Blues.

Secara perlahan dan pasti, Cahill berubah menjadi bek yang tangguh. Dia menjelma menjadi tumpuan pertahanan Chelsea sepanjang dekade kemarin. Dia mengakhiri setengah musim pertamanya di klub dengan penampilan heroik dalam kemenangan final Liga Champions atas Bayern Muenchen.

Selanjutnya, Cahill membuat 290 penampilan untuk Chelsea. Dia mendapat pelepasan emosional ketika memutuskan bergabung dengan Crystal Palace pada akhir musim 2018/2019. Hingga hari ini, Chelsea masih terus mencari pemain dengan kemampuan lengkap seperti Cahill.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network