Kisah Karier Pilu Owen Hargreaves, Jadi Kelinci Percobaan Tim Medis MU

"“Saya seperti kelinci percobaan untuk berbagai macam perawatan," ujar Hargreaves. Ini kisahnya."

Biografi | 06 January 2021, 13:33
Kisah Karier Pilu Owen Hargreaves, Jadi Kelinci Percobaan Tim Medis MU

Libero.id - Selain Paul Gascoigne, Owen Hargreaves merupakan salah satu bintang tim nasional Inggris yang kehebatannya luntur karena cedera. Karier mantan pemain Bayern Muenchen itu hancur setelah menjadi kelinci percobaan tim medis Manchester United.

Hargreaves pernah mewarnai perjalanan sejarah sepakbola Inggris. Tumbuh di Kanada dan membela The Three Lions di level senior, pemilik nama lengkap Owen Lee Hargreaves tersebut mempunyai perjalanan karier yang unik, yang berbeda dengan kebayangkan pesepakbola Inggris.

Lahir di Calgary, Hargreaves memulai karier juniornya di kota kelahirannya tersebut dengan memperkuat Calgary Foothills pada 1994-1997. Dengan bakat besar yang dimiliki, Hargreaves sukses mencuri perhatian sejumlah pemandu bakat sepakbola dari Eropa.

Pada 1997, Hargreaves memutuskan pindah ke Jerman untuk bergabung dengan tim junior FC Hollywood. Itu langkah yang unik dan tidak biasa bagi anak-anak muda Inggris yang hidup di luar negeri. Sebab, biasanya orang tua mereka akan mengirim pulang ke Inggris untuk bermain di klub-klub Liga Premier.

Tapi, rumus itu ternyata tidak berlaku untuk Hargreaves. Dia memilih pergi ke Jerman daripada pulang ke Inggris. Hebatnya, pilihan itu benar. Tidak butuh waktu lama bagi Hargreaves untuk menarik hati staf pelatih tim utama Bayern. Setelah 3 tahun di tim junior Bayern dan Bayern II, dia diresmikan sebagai anggota skuad utama pada 2000.

Bukan hal mudah bagi pemain dari luar Jerman untuk bergabung dengan Bayern. Ada banyak penghalang non teknis yang terlebih dulu harus diselesaikan sebelum menjadi pemain sepakbola yang hebat.

Namun, Hargreaves mampu melakukannya. Tidak tanggung-tanggung, 7 musim dia bermain untuk klub dari Bavaria tersebut. Total, Hargreaves bermain pada 218 pertandingan resmi. Berbagai gelar juga berhasil dikumpulkan bersama Bayern. Sebut saja Bundesliga (2000/2001, 2002/2003, 2004/2005, 2005/2006).

Puncak karier Hargreaves di Jerman saat membantu Bayern memenangi Liga Champions 2000/2001 dan Piala Intercontinental 2001. Itu adalah kemenangan yang dinantikan setelah kekalahan menyakitkan dari MU pada final Liga Champions 1998/1999.

Sukses besar bersama Bayern membuat Hargreaves diminta pulang ke Inggris oleh media maupun suporter The Three Lions. Tawaran datang bertubi-tubi dari sejumlah klub besar. Tapi, dia memutuskan hijrah ke Old Trafford untuk menjadi pemain pelatih idolanya, Sir Alex Ferguson, pada awal musim 2007/2008.

Sayang, keputusan itu salah karena cedera berkepanjangan menghantui pemilik 42 caps bersama Inggris tersebut. Pada 2007, cedera mulai menyapa Hargreaves. Awalnya, cedera ringan. Lalu, pada awal musim 2008/2009, Hargreaves mengalami masalah pada tendinitis patella yang berulang.

Setelah kunjungan ke klinik spesialis cedera olahraga di London dan Swedia tidak membuahkan hasil, Hargreaves pergi ke Colorado, Amerika Serikat (AS), pada November 2008. Di sana dia mengunjungi ahli bedah lutut terkenal, Richard Steadman. Hargreaves menjalani operasi pada lutut kanannya pada 10 November 2008 dan menerima operasi serupa di lutut kirinya pada Januari 2009.

“Saya seperti kelinci percobaan untuk berbagai macam perawatan. Saya bukan orang yang ingin melawan dan mengeluh. Saya sudah mencoba cara apa pun untuk pulih. Tapi, ternyata terus memburuk," ujar Hargreaves setelah meninggalkan MU pada 2011, dilansir The Guardian.

Hargreaves menjalani program rehabilitasi di AS hingga pertengahan 2009 dan dijadwalkan kembali berlatih bersama MU pada Audi Cup di Muenchen pada musim panas. Tapi, setelah penilaian diputuskan dia harus melanjutkan rehabilitasi di AS. Hargreaves baru kembali ke MU pada 23 September 2009. Dia bergabung dengan fisioterapisnya selama seminggu untuk membantu proses transisi dari klub untuk memahami program rehabilitasinya.

"Awalnya, mereka (tim medis MU) mengatakan otot saya baik-baik saja. Tapi, saya merasa otot saya terbuat dari kaca. Mereka mengatakan suntikan (obat) dapat membantu saya dan tidak akan menimbulkan efek samping. Ini jelas bukan masalahnya dan jika saya diberi tahu bahwa akan terjadi reaksi itu, saya tidak akan melakukannya. Ini karier saya," ungkap Hargreaves.

Cedera yang kronis membuat Hargreaves menyerah. Pada 11 Agustus 2011, dia memilih hengkang ke klub sekota MU, Manchester City. Dia pergi dengan kemarahan karena MU justru tidak memperpanjang kontraknya.

The Citizens "berani" mengontrak Hargreaves 1 tahun setelah mendapatkan rekomendasi dari Phillip Batty selaku dokter klub. Tim medis Man City dilaporkan terkesan dengan kondisi tubuh Hargreaves serta kondisi pikirannya. Mereka butuh Hargreaves setelah mencari pengganti Patrick Vieira yang pensiun musim sebelumnya.

Man City juga butuh gelandang tambahan karena Yaya Toure absen selama Januari 2012 untuk tampil di Piala Afrika. Sebenarnya, mereka telah membujuk Daniele de Rossi, Fernando Gago, serta Mark van Bommel. Tapi, semua pendekatan tersebut gagal sehingga Man City beralih ke Hargreaves.

Sayang, karier Hargreaves benar-benar habis di klub baru. Dia hanya 1 musim bermain untuk Man City. Hargreaves juga hanya 1 kali turun ke lapangan. Dia lebih banyak bertemu dengan tim medis.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network