Rincian Pesangon untuk 8 Pelatih yang Dipecat Chelsea, Total Rp 2,1 Triliun

"Tercatat Antonio Conte hingga Jose Mourinho pernah dipecat Abramovich. Siapa paling banya dapat pesangon."

Feature | 06 January 2021, 13:09
Rincian Pesangon untuk 8 Pelatih yang Dipecat Chelsea, Total Rp 2,1 Triliun

Libero.id - Tidak ada klub di Inggris yang memiliki tekanan sebesar Chelsea. Sejak Roman Abramovich berkuasa, manajemen The Blues tidak pernah sungkan mengeluarkan uang kompensasi pemecatan pemain. Hingga kini, totalnya 110,5 juta pounds!

Abramovich menjadi pemilik Chelsea sejak musim panas 2003 setelah membeli saham Ken Bates. The Blues segera memulai program pengembangan komersial yang ambisius, dengan tujuan menjadikannya merek dunia yang setara dengan dinasti sepakbola seperti Manchester United atau Real Madrid.

Sejak pengambilalihan itu, klub telah memenangkan 16 trofi utama. Rinciannya, 1 Liga Champions, 2 Liga Eropa, 5 Liga Premier, 5 Piala FA, dan 3 Piala Liga. Itu menjadikan The Blues tim peraih trofi Inggris tersukses kedua dalam dekade dengan 16 penghargaan. Di belakang mereka hanya MU dengan 17 penghargaan.

Namun, kejayaan Chelsea di stadion harus dibayar dengan surat pemutusan hubungan kerja (PHK) yang berkali-kali diberikan kepada sejumlah pelatih. Jika ditotal hingga musim ini, The Blues punya 10 pelatih definitif dan 4 pelatih sementara. Ada 8 pelatih yang terpaksa harus dipecat (ada satu yang dua kali dipecat) dan 1 pelatih yang harus dua kali menjadi caretaker.

Total pemecatan 8 pelatih tersebut membuat Abramovich harus merogoh kocek hingga 110,5 juta pounds. Berikut ini rinciannya:


8. Avram Grant: 5,2 juta pounds (2008)

Libero.id

Kredit: instagram.com/avramgrant_

Sebagai teman pribadi Abramovich, Grant diangkat menjadi direktur sepakbola di Chelsea pada 8 Juli 2007. Setelah kepergian Mourinho pada 20 September 2007, Grant ditugaskan sebagai pelatih dengan Steve Clarke dan kemudian Henk ten Cate (pada 11 Oktober 2007) sebagai asistennya.

Pada 30 April 2008, Chelsea mengalahkan Liverpool 3–2 (agregat 4–3) untuk melaju ke Final Liga Champions. Chelsea bermain imbang 1-1 dengan MU di final. Lalu, mereka kalah adu penalti 5-6 di tengah hujan lebat. John Terry terpeleset pada penalti kelima timnya. Jika dia mencetak gol, Chelsea akan memenangkan turnamen.

Lalu, pada 24 Mei 2008 sekitar pukul 16.00, Chelsea mengumumkan dalam sebuah pernyataan di situsnya bahwa kontrak Grant telah diputus. Grant kemudian mengungkapkan bahwa dia menolak kesempatan untuk kembali ke klub dalam peran sebelumnya sebagai direktur sepakbola.


7. Claudio Ranieri: 6 juta pounds (2004)

Ranieri akan dicatat dalam sejarah sebagai pelatih pertama yang dipecat Abramovich. Sebagai pelatih kepala Chelsea dari 18 September 2000 hingga 30 Mei 2004, Ranieri bekerja keras untuk mengatasi kendala bahasa. Ketika tiba di klub London Barat itu, dia hanya bisa berbicara Bahasa Inggris dengan sangat terbatas.

Beruntung, klub memiliki beberapa pemain yang bisa berbicara Bahasa Italia dan Spanyol. Itu membantu menerjemahkan untuk Ranieri di lapangan latihan. Tapi, ambisi besar dan keinginan memperoleh hasil instan membuat Ranieri diberhentikan. Abramovich silau pada seorang pelatih muda asal Spanyol yang baru saja sukses bersama FC Porto di Liga Champions. Dialah Mourinho.


6. Carlo Ancelotti: 6 juta pounds (2011)

Libero.id

Kredit: instagram.com/mrancelotti

Pada 1 Juni 2009, Ancelotti menggantikan pelatih sementara, Guus Hiddink. Dia menyetujui kontrak 3 tahun dan secara resmi menjalankan tugas 1 bulan kemudian. Gajinya, 5 juta pounds per tahun. Ancelotti menjadi  pelatih keempat klub dalam 21 bulan setelah José Mourinho, Avram Grant, dan Luiz Felipe Scolari. Dia juga orang Italia ketiga yang mengelola Chelsea, setelah Gianluca Vialli dan Claudio Ranieri.

Ancelotti dipecat kurang dari 2 jam setelah kekalahan 0-1 melawan Everton pada 22 Mei 2011. Itu pertandingan terakhir The Blues di Liga Premier musim tersebut. Mereka telah menyelesaikan musim sebagai runner-up.

Pemecatan cukup mengejutkan. Sebab, prestasi Ancelotti tidak main-main. Dia menyelesaikan tugasnya dengan rekor 67 kemenangan, 20 seri, dan 22 kekalahan dalam 109 pertandingan. Persentase kemenangan Ancelotti di Chelsea adalah yang tertinggi ketiga dalam sejarah Liga Premier, di belakang Mourinho dan Sir Alex Ferguson.

Pria yang kini menukangi Everton tersebut juga menyumbangkan beberapa trofi bergengsi. Sebut saja Liga Premier League (2009/2010), Piala FA (2009/2010), dan Community Shield (2009).


5. Roberto di Matteo: 10,7 juta pounds (2012)

Pemecatan Di Matteo benar-benar membuka mata semua orang bahwa Abramovich adalah orang yang tidak bisa berterima kasih. Pria Italia tersebut harus kehilangan kursi kepelatihannya, meski mencetak sejarah menghadirkan trofi Liga Champions untuk pertama kalinya.

Di Matteo dipecat pada 21 November 2012 menyusul kekalahan 0-3 dari Juventus di Liga Champions. Dia hanya bertahan 8 bulan sebagai pelatih Chelsea, meski memenangkan dua trofi besar. Dia digantikan Rafael Benitez sebagai caretaker hingga akhir musim.


4. Andre Villas-Boas: 12 juta pounds (2012)

Libero.id

Kredit: fifa.com

Dijuluki The Next Jose Mourinho, AVB ternyata tidak menunjukkan prestasi layaknya Mourinho selama masa tinggalnya di Chelsea. Dia dipecat setelah memainkan 40 pertandingan dengan 19, 11 hasil imbang, dan 10 kekalahan. AVB juga meninggalkan sejumlah kontroversi terkait keputusan menempatkan beberapa pemain kunci seperti Frank Lampard, Michael Essien, Ashley Cole, hingga John Terry di bangku cadangan dengan alasan yang tidak dipahami suporter dan Abramovich.


3. Luiz Felipe Scolari: 12,6 juta pounds (2009)

Dengan reputasi sebagai pelatih juara Piala Dunia, Abramovich sangat percaya diri ketika mendatangkan Scolari ke London Barat. Pengalaman, metode kepelatihan, hingga naluri menemukan pemain hebat membuat taipan asal Rusia tersebut optimistis dengan masa depan Chelsea di Inggris dan Eropa.

Tanpa pernah malu, Scolari juga sempat mengakui uang sebagai faktor utama dirinya bersedia melatih The Blues. "Ya, itu (uang) salah satu alasannya," ucap Scolari ketika menjawab pertanyaan media saat perkenalan dirinya sebagai pelatih Chelsea, dikutip Reuters.

"Saya (berusia) 59 (tahun) dan saya tidak ingin bekerja sebagai pelatih sampai saya berusia 70 tahun. Saya ingin pensiun dalam 4 atau 5 tahun. Jadi, ini masalah keuangan. Tapi, tentu saja ada hal lain. Saya dapat menawarkan anak saya kesempatan untuk belajar di tempat lain. Anda hanya mendapatkan kesempatan semacam ini sekali. Jadi, anda mengambilnya atau meninggalkannya. Tapi, itu tidak hanya finansial," ungkap Scolari.

Scolari dipecat pada 9 Februari 2009 setelah penampilan buruk yang berpuncak pada kekalahan 0-2 dari Liverpool dan diikuti dengan hasil imbang 0-0 dengan Hull City. Pengganti Scolari di Chelsea untuk sisa musim 2008/2009 adalah Guus Hiddink, yang secara bersamaan mengelola tim nasional Rusia.


2. Antonio Conte: 26,6 juta pounds (2018)

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Pada 4 April 2016, Conte  menandatangani kontrak 3 tahun hingga 31 Juni 2019. Tapi, mantan pelatih Juventus dan tim nasional Italia tersebut baru akan secara resmi menukangi The Blues pada Liga Premier 2016/2017

Di musim perdana, Conte langsung memimpin Chelsea menjuarai Liga Premier. Akibatnya, pada 18 Juli 2017 klub memutuskan merevisi kontrak yang baru berjalan 1 tahun. Meski dalam kontrak barunya tetap berlaku hingga 2019, Conte mendapatkan bayaran yang sangat besar sehingga Chelsea merahasiakan nominalnya kepada publik.

Namun, baru berjalan 1 tahun, kontrak baru itu akhirnya diputus setelah Chelsea finish di posisi 5 klasemen akhir 2017/2018. Digantikan Maurizio Sarri. Pemecatan itu membuka rahasia 1 tahun sebelumnya tentang gaji Conte per musim. Ternyata, bayaran Conte mencapai 26,6 juta pounds. Jumlah itu diketahui dari kompensasi yang harus dibayarkan Chelsea untuk memutus kontrak yang tersisa 1 tahun.


1. Jose Mourinho: 23,1 juta pounds (2007), 8,3 juta pounds (2015)

Mourinho adalah sosok yang unik di Chelsea. Bukan hanya cara melatih selama berada di London Barat, melainkan juga perlakukan klub terhadap dirinya. Dia menjadi mantan pelatih The Blues yang mendapatkan kompensasi terbesar dari dua kali pemecatan. Jumlahnya, 31,4 juta pounds!

Pemecatan pertama terjadi pada 20 September 2007 akibat serangkaian perselisihan dengan Abramovich. Mourinho pergi sebagai pelatih tersukses dalam sejarah Chelsea, setelah memenangkan 6 trofi dalam tiga tahun. Dia juga tidak terkalahkan di semua pertandingan liga kandang.

Sementara pemecatan kedua terjadi pada 17 Desember 2015. Dia dibuang setelah kalah dalam 9 dari 16 pertandingan Liga Premier. "Klub ingin menjelaskan bahwa Jose meninggalkan kami dalam kondisi yang baik dan akan selalu menjadi sosok yang sangat dicintai, dihormati dan penting di Chelsea," tulis pernyataan The Blues saat itu.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network