Selamat Ulang Tahun!

10 Tim Terbaik Asal Benua Amerika Latin

"Mereka adalah kesebelasan yang rutin menghasilkan pemain terbaik dunia seperti Pele, Messi, Kaka hingga Maradona."

Feature | 28 December 2020, 01:44
10 Tim Terbaik Asal Benua Amerika Latin

Libero.id - Mungkin para pecinta sepak bola lebih mengenal benua Eropa sebagai kompetisi terbaik dunia dengan nama-nama tim elit seperti Real Madrid, Barcelona hingga Manchester United menghiasi wajah kompetisi top disana. Namun jika dilihat secara dekat dan melihat sisi historis, benua Amerika Selatan juga menyajikan beberapa tim terbaik dunia.

Bahkan di antaranya adalah kesebelasan yang rutin menghasilkan pemain kelas dunia seperti Pele, Messi, Kaka hingga Maradona.

Dilansir dari sportsshow.net, setidaknya ada 10 klub terbaik asal Amerika Latin yang tak kalah tenar dengan klub elit Eopa. Catatan ini dihitung dari prestasi, kemampuan mencetak pemain, dan juga basis pendukung. Lalu siapa saja klub tersebut? Berikut ulasanya:

10. Santos

Klub yang didirikan pada tahun 1912 itu adalah salah satu klub paling sukses dan bersejarah di Brasil. Peixe sukses memenangkan 8 gelar domestik, 3 Copa Libertadores dan Copa do Brasil satu kali. Santos juga terkenal dengan bakat pemain mudanya seperti Neymar, Pele dan Robinho.

9. Corinthians

Libero.id

Kredit: instagram.com/corinthians

Selain Santos, Corinthians juga layak masuk di dalam list ini. Kub berjuluk Timao itu dianggap sebagai tim besar di Negri Samba, hal itu dibuktikan dengan raihan  tujuh gelar Brasileirao, satu gelar Libertadores dan satu Piala Dunia Antar Klub FIFA. Pemain terbaik dunia yang pernah bergabung dengan tim ini ada nama Tevez, Ronaldo, Mascherano dan Socrates.

8. River Plate

Dalam hal gelar domestik, River Plate adalah klub paling sukses di Amerika Latin dengan 36 gelar liga dan 4 libertadores, tetapi sejarah emas mereka itu tidak pernah terulang kembali dalam satu dekade terakhir. Los Millonarios sekarang lebih sering mengekspor pemain mudanya ke tim-tim Eropa seperti Ortega, Saviola, Crespo, Alexis Sanchez dan masih banyak lagi.

7. Boca Juniors

Libero.id

Kredit: instagram.com/bocajrsoficial

Tim yang membesarkan nama Diego Maradona itu adalah saingan berat dari River Plate. Dari sisi gelar,  Boca Juniors mengoleksi 33 gelar liga dan 4 gelar Copa Libertadores. Federasi Sejarah dan Statistik Sepak Bola Internasional menyebut Xeneizes (julukan Boca) adalah tim Amerika Latin terbaik di abad ke-21.

Selain Maradona, akademi muda Boca sering kali menghasilkan pemain muda berbakat pada zamannya seperti Burdisso, Tevez dan Palacio.

6. Penarol

Dengan 50 gelar liga dan 5 Copa Libertadores, Penarol adalah kekuatan dominan yang sangat sulit untuk dikudeta oleh tim lain di persepakbolaan Uruguay. Terlepas dari sejarah mereka yang mentereng, Penarol belum pernah mengantongi gelar di level benua sejak tahun 1987.

Pemain terkenal yang pernah berseragam Penarol adalah  Alcides Ghiggia, pria yng sukses mencetak gol kemenangan saat melawan Brasil di Piala Dunia 1950.

5. Colo-colo

Los Albos sukses mengumpulkan 32 gelar liga, 11 piala dan 1 gelar Libertadores. Semua itu cukup membuktikan bahwa tim asal Chili itu adalah salah satu yang terbaik di benua latin.

Colo-Colo sangat berperan penting dalam pengembangan bakat lokal untuk tim nasional Chili, pemain seperti Matia Fernandez, Humberto Suazo hingga Gabriel Mendoza adalah segelintir penggawa Chili yang diasah oleh tim asal ibu kota tersebut.

4. Olimpia

Seperi tim lain di daftar ini, Olimpia juga memiliki masa lalu yang gemilang. Klub yang berada di Asuncion itu telah mengemas 43 gelar liga dan 3 libertadores. Pada tahun 1979, El Decano mencapai puncak kesuksesannya dengan menyelesaikan empat kali gelar liga, satu Libertadores, satu Copa Interamerica dan Piala Interkontinental.

Salah satu pemain terbaik Olimpia adalah Roque Santa Cruz, kapten timnas Paraguay saat ini dan pencetak gol terbanyak untuk timnas Paraguay.

3. Atletico Nacional

Libero.id

Kredit: instagram.com/nacionaloficial

Sebenarnya klub yang didirikan pada tahun 1947 itu tak terlalu memiliki sejarah yang bagus, namun penampilan mereka dalam satu dekade terakhir dengan memenangkan tujuh gelar liga adalah hal yang luar biasa, dan itu membuat mereka diperhitungkan sebagai salah satu kekuatan utama di benua latin.

Sala satu ikon sepak bola yang pernah berseragam Ateltico Nacional adalah Rene Higuita.

2. Independiente

Independiente adalah salah satu klub paling bersejarah di Argentina yang telah memenangkan 16 gelar liga dan 9 Piala Nasioanl. Mereka juga suskes meraih 7 gelar Copa Libertadores. Selain itu, El Rojo juga telah memenangkan 3 Copa Interamericiana, 2 Supercopa Sudamericana, 2 Piala Interkontinental dan 1 Recopa Sudamericana.

1. Sao Paulo

Libero.id

Kredit: instagram.com/saopaulofc

Jika digambarkan, klub yang bermarkas di Estadio do Morumbi itu adalah sebuah pembangkit tenaga listruk di pesepakbola benua Amerika Latin. Termasuk sebagai salah satu tim Brasil yang tidak pernah terdegradasi, Tricolor sukses mengemas 21 galr liga, 3 Libertadores dan 1 Copa Sudamericana.

Sao Paulo juga terkenal dengan akademi mudanya seperti David Luiz, Casemiro, Lucas Moura hingga david Neres adalah produk dari mereka. Tim yng didirikan pada tahun 1930 ini juga adalah tim Brasil yang paling sehat secara finansial.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan