Kisah Shtjefan Veseli, Anak Ajaib yang Dibeli Man United dari Man City

"Dia adalah pilihan langsung dari Sir Alex Ferguson. Transfer langka yang melibatkan rival sesama Manchester."

Biografi | 12 December 2020, 12:55
Kisah Shtjefan Veseli, Anak Ajaib yang Dibeli Man United dari Man City

Libero.id - Dalam satu dekade terakhir, rivalitas antar duo Manchester semakin memanas. Bisa dipastikan jika United dan City bertemu, stadion akan penuh, letupan emosi akan membuncah. Mereka berlomba untuk saling menjatuhkan kehormatan.

Tapi sepak bola tak selalu begitu. Ada kalanya Manchester United dan Manchester City menjalin kata sepakat. Misalnya dalam proses transfer atau jual beli pemain. Sejarah mencatat ada beberapa pesepakbola yang hijrah, entah itu dari United ke City atau sebaliknya.

Frederic Shtjefan Veseli adalah salah satunya. Waktu akan membawa kita kembali pada Januari 2012 lalu, dimana bek kelahiran Swiss itu sempat  jadi buah bibir para penggemar United sedunia.

Sekitar delapan tahun yang lalu, Veseli melintasi batas Manchester untuk bergabung dengan United dari rival sengitnya City dengan status bebas transfer. Bek serba bisa yang saat itu baru berusia 19 tahun, menandatangani kontrak 18 bulan dengan Setan Merah dan dianggap oleh banyak orang sebagai bintang masa depan sepak bola dunia.

Sebelum pindah ke Old Trafford, Veseli menjadi kapten Swiss dalam kemenangan di Piala Dunia FIFA U17 2009.

Dia juga bermain sembilan kali di level U19 dan tujuh kali untuk tim Swiss U20 sebelum akhirnya diambil alih oleh Sir Alex Ferguson .

Dengan reputasi yang ia bangun, wajar bila kemudian banyak yang menaruh ekspektasi tinggi pada Veseli. Tetapi sayangnya dia gagal untuk membuat hal besar di United.

Pada musim panas 2013, bek tersebut dilepas oleh United untuk kemudian bergabung dengan Ipswich Town secara permanen. Setelah meninggalkan Old Trafford,  dimana Veseli sekarang?

Apa yang terjadi dengan Veseli?

Dalam karir profesionalnya, pemain yang kini berusia 28 tahun itu kini dikabarkan pindah kewarganegaraan. Pada saat tulisan ini dibuat, Veseli telah memiliki 31 caps internasional senior atas namanya bersama timnas Albania. 

Delapan dari penampilan itu terjadi di UEFA Nations League.Veseli bahkan membuat cameo singkat di Euro 2016, bermain lima menit dalam kekalahan 0-2 Albania dari negara tuan rumah Prancis.

Ya, bisa dibilang catatan yang tak begitu buruk. Lalu bagaimana dengan karir klubnya? 


Sejak tak lagi di duo Manchester dan bergabung dengan Ipswich, Veseli hanya tampil satu kali untuk klub yang berjuluk The Tractor Boys itu, ia lalu dipinjamkan ke Bury dan Port Vale pada tahun 2014.

Veseli lalu bergabung dengan Port Vale secara permanen pada tahun 2015, tetapi waktunya di sepak bola Inggris akan berakhir pada tahun yang sama.

Klub Swiss FC Lugano memutuskan untuk menandatangani bek tengah itu dengan kontrak 12 bulan untuk musim 2015/16 dan Veseli kemudian bermain 33 kali untuk klub.

Penampilan Veseli di negara kelahirannya membuatnya dilirik oleh klub Serie-A. Benar saja pada tahun 2016, Veseli pindah ke Empoli, di mana dia bertahan hingga musim panas ini. Hari-hari ini, bek tengah yang pernah diharapkan oleh Fergie itu justru jauh merosot ke bawah, Veseli ditemukan bermain di Serie B dengan klub bernama Salernitana, pada Agustus yang lewat, ia menandatangani kontrak dua tahun.

Pastinya, hal itu bukanlah jalur karier yang dibayangkan oleh Veseli saat ia tiba pertama kalinya tiba di Old Trafford lebih dari delapan tahun lalu. Tapi memang begitulah sepak bola. Tak ada yang pasti.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network