4 Fakta Drawing Fase Knock-out Liga Champions 2020/2021 yang Wajib Diketahui

"Rencananya, undian akan dilaksanakan pada Senin (14/12/2020) malam WIB di markas besar UEFA di Nyon, Swiss."

Feature | 10 December 2020, 07:59
4 Fakta Drawing Fase Knock-out Liga Champions 2020/2021 yang Wajib Diketahui

Libero.id - Pertandingan-pertandingan fase grup Liga Champions 2020/2021 resmi berakhir dengan sejumlah hasil mengejutkan. Beberapa tim besar akhirnya lolos ke babak 16 besar. Tapi, ada juga hanya jadi juru kunci.

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, juara bertahan Bayern Muenchen akan melangkah mulus di Grup A diikuti Atletico Madrid. Sedangkan jatah ke Liga Eropa diambil oleh Red Bull Salzburg. Sukses Bayern dan Atletico diikuti Real Madrid dan Borussia Moenchengladbach di Grup B. Sementara Shakhtar Donetsk mendapat hadiah hiburan ke Liga Eropa dan Inter Milan kandas.

Untuk Grup C, Manchester City dan FC Porto berhak ke babak selanjutnya. Di Grup D menjadi milik Atalanta Bergamo dan Liverpool. Di Grup E, ada Chelsea dan Sevilla. Di Grup F, Lazio dan Borussia Dortmund. Di Grup G, Juventus dan Barcelona. Dan, di Grup H diwakili oleh RB Leipzig dan Paris-Saint Germain.

Seperti biasa, UEFA akan menggelar drawing untuk menentukan pertandingan-pertandingan babak 16 besar. Rencananya, undian akan dilaksanakan pada Senin (14/12/2020) malam WIB di markas besar UEFA di Nyon, Swiss.  Pada fase gugur, tim bermain melawan satu sama lain dalam dua leg secara kandang dan tandang, kecuali untuk final satu pertandingan.

Berikut ini sejumlah fakta yang harus diketahui tentang drawing fase knock-out Liga Champions:


1. Term and condition 

Dalam undian babak 16 besar, delapan juara grup diunggulkan dan delapan runner-up sisanya tidak diunggulkan. Tim unggulan akan diundi melawan tim yang tidak diunggulkan, dengan tim unggulan menjadi tuan rumah pada leg kedua. Tim dari grup yang sama atau asosiasi yang sama tidak dapat diundi satu sama lain.

Dalam pengundian perempat final dan semifinal, tidak ada unggulan, dan tim dari grup yang sama atau asosiasi yang sama dapat diundi melawan satu sama lain. Karena undian perempat final dan semifinal diadakan bersama sebelum babak perempat final dimainkan, identitas pemenang perempat final tidak diketahui pada saat pengundian semifinal.

Undian juga diadakan untuk menentukan pemenang semifinal mana yang ditunjuk sebagai tim "tuan rumah" untuk final (untuk tujuan administratif karena dimainkan di tempat netral).


2. Jadwal pertandingan babak 16 besar

Rencananya, leg pertama babak 16 besar dimainkan pada 16, 17, 23, 24 Februari 2021. Sedangkan leg kedua dimainkan pada 9, 10, 16, 17 Maret 2021. Semua waktu mengacu pada waktu setempat.

Sementara drawing perempat final, semifinal, dan final bakal dilakukan pada 19 Maret 2020. Beda dengan babak 16 besar, pengundian perempat final, semifinal, dan final tidak lagi menggunakan pengecualian. Semua tim dari grup atau negara yang sama di fase grup bisa bertemu di perempat final, semifinal, atau final.

Pertandingan perempat final akan dilaksanakan 6 dan 7 April 2021 (leg pertama) serta 13 dan 14 April 2021 (leg kedua). Untuk leg pertama semifinal pada 27 dan 28 April 2021 serta 4 dan 5 Mei 2021 untuk leg kedua. Sementara final berlangsung 29 Mei 2021 di Atatürk Olympic Stadium, Istanbul.


3. Komposisi tim yang akan menjalani drawing

Tim-tim unggulan yang berstatus juara grup adalah Bayern Muenchen (Jerman, Grup A), Real Madrid (Spanyol, Grup B), Manchester City (Inggris, Grup C), Liverpool (Inggris, Grup D), Chelsea (Inggris, Grup E), Borussia Dortmund (Jerman, Grup F, Juventus (Italia, Grup G), Paris Saint-Germain (Prancis, Grup H).

Sementara tim-tim bukan unggulan adalah Atletico Madrid (Spanyol, Grup A), Borussia Moenchengladbach (Jerman, Grup B), FC Porto (Portugal, Grup C), Atalanta Bergamo (Italia, Grup D), Sevilla (Spanyol, Grup E), Lazio (Italia, Grup F), Barcelona (Spanyol, Grup G), dan RB Leipzig (Jerman, Grup H).


4. Gambaran calon lawan yang mungkin tercipta

Dengan peraturan seperti itu, setiap klub sebenarnya sudah bisa memiliki bayangan lawan-lawan yang akan dihadapi di semifinal. Contohnya, Barcelona. Sebagai runner-up Grup G, El Barca tidak akan mungkin melawan Real Madrid (juara Grup B sari Spanyol), Juventus (juara Grup G), Atletico Madrid (runner-up Grup A dari Spanyol), atau Sevilla (runner-up Grup E dari Spanyol). 

Lalu, siapa lawan Lionel Messi dkk? Jika kurang beruntung, mereka akan melawan Bayern (Grup A), Man City (Grup C), Liverpool (Grup D), atau Chelsea (Grup E). Jika sedikit beruntung, lawannya "hanya" Borussia Dortmund (Grup F) atau Paris Saint-Germain (Grup H).

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network