Daftar 50 Kandidat Pemain, Klub, Pelatih, dan Agen Terbaik Abad Ini

"Persaingan paling ketat di posisi pemain. Ada 28 nama yang berpeluang. Kaka? Ronaldinho? Atau Lionel Messi?"

Feature | 25 November 2020, 07:35
Daftar 50 Kandidat Pemain, Klub, Pelatih, dan Agen Terbaik Abad Ini

Libero.id - Siapa pesepakbola terhebat sepanjang masa? Sebenarnya, itu adalah pertanyaan membosankan yang telah ditanyakan berkali-kali selama bertahun-tahun dan karena itu pertanyaan sejenis biasanya selalu berakhir dengan pertengkaran kecil antara pendukung Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Kedua superstar dari kawasan Amerika Latin itu telah mendominasi sepakbola modern selama lebih dari satu dekade, mereka berbagi 11 Ballon d’Ors, dengan masing-masing 6 untuk Messi dan 5 untuk Ronaldo.

Orang-orang kerap melupakan sihir Diego Maradona dan Pele yang oleh generasi penggemar lampau dianggap sebagai duo pesepakbola terbaik sepanjang masa.

Namun semua berubah sejak pergantian abad. Sepakbola hari ini adalah sepakbola yang tidak lagi besar hanya karena nama Pele dan Maradona.

Berkaitan dengan hal tersebut,  Globe Soccer Awards telah menominasikan puluhan pesepakbola untuk kategori penghargaan ‘pemain terbaik abad ini’.

Pemberian penghargaaan itu diselenggarakan oleh EFAA semacam Asosiasi Agen Pemain Eropa dan ECA semacam Asosiasi Klub Eropa, mereka mengumumkan keseluruhan nominasinya di akun Twitter.

Banyak yang menilai, ajang penghargaan ini cuman ‘ala-ala’ dan  tampaknya terlalu dini diselenggarakan mengingat abad 21 baru dimulai saat pergantian tahun dari 1999 ke 2000, itu artinya abad 21 baru berjalan selama 20 tahun.

Namun yang menarik dalam penghargaan ini adalah pelibatan warganet yang suaranya diambil lewat jajak pendapat.

Pihak panitia berujar, “Untuk pertama kalinya kami akan mengizinkan penggemar dari seluruh dunia untuk terlibat dan memilih pemain favorit mereka. Kami juga akan memberikan yang terbaik dari yang terbaik di industri sepak bola selama 20 tahun terakhir.”

Mengenyampingkan itu semua, lantas, siapakah yang masuk 28 nominasi pemain terbaik dalam 20 tahun terakhir? Mari kita lihat:

Andrea Pirlo
Andres Iniesta
Andriy Shevchenko
Arjen Robben
Cristiano Ronaldo
David Beckham
Fabio Cannavaro
Francesco Totti
Frank Lampard
Gianluigi Buffon
Iker Casillas


Ricardo Kaka
Kylian Mbappe
Lionel Messi
Luka Modric
Luís Figo
Manuel Neuer
Mohamed Salah
Neymar Jr
Philipp Lahm
Robert Lewandowski

Ronaldinho
Ronaldo
Sergio Ramos
Steven Gerrard
Xavi Hernandez
Zinedine Zidane
Zlatan Ibrahimovic

Daftar di atas disusun secara acak, alias tidak menentukan siapa yang lebih baik sesuai urutan, tapi yang jelas pasti beberapa di antaranya adalah pemenang Ballon d’Or. Sebut saja Fabio Cannavaro, Ricardo Kaka, Luka Modric, Luis Figo, Ronaldinho dan Zidane, mereka semua pernah meraih penghargaan individu paling bergengsi di sepakbola.

Kategori lain juga dapat ditemukan di bawah ini, masing-masing untuk pelatih, klub dan agen.

Pelatih Terbaik Abad Ini : 2001-2020

Alex Ferguson
Carlo Ancelotti
Didier Deschamps
Joachim Loew
Jose Mourinho
Josep Guardiola
Luiz Felipe Scolari
Marcello Lippi
Vicente Del Bosque
Zinedine Zidane

Siapa yang meragukan deretan nama pelatih-pelatih di atas? Mereka adalah generasi terbaik dari era kepelatihan sepakbola modern. Baik itu dari segi gaya menukangi tim di atas lapangan, wibawa sebagai sosok yang disegani sekaligus rekan berpikir bagi tim asuhan mereka maupun dari segi prestasi.

Alex Ferguson misalnya, laki-laki Skotlandia itu berhasil mempersembahkan 13 gelar Liga Primer, 2 Liga Champions dan setumpuk prestasi lain. Sesuatu yang belum dilakukan oleh pelatih manapun yang menukangi Setan Merah. Dan kita semua tahu, sepeninggal Sir Alex, Manchester United seperti Singa tanpa surai.

Libero.id

Pep Guardiola, Kredit: mancity.com

Atau dari generasi yang lebih muda, ada nama Pep Guardiola yang rasanya tak pernah gagal untuk membuat klub yang ia latih merasakan gelar juara, mulai dari Barcelona, Bayern Munich, hingga kini Manchester City. Nama-nama lain tak kalah hebat dan masing-masing  punya reputasi jempolan.

Klub Terbaik Abad Ini : 2001-2020

Barcelona
Bayern Munich
Juventus
Liverpool
Manchester United
Paris St Germain
Real Madrid

Rasanya tak perlu penjelasan panjang lebar, mengapa klub-klub di atas bisa masuk dalam daftar. Dalam satu dekade belakang, selain jadi langganan jawara kompetisi lokal, klub-klub di atas tercatat sebagai pemenang ajang paling bergengsi di antara klub-klub di Eropa : UEFA Champions League.

Agen Abad Ini : 2001-2020

Giovanni Branchini
Jonathan Barnett
Jorge Mendes
Mino Raiola
Pini Zahavi

Tanpa seorang agen yang jeli, dunia tidak akan tahu betapa hebat dan cemerlangnya seorang pesepakbola. Yang namanya tengah naik daun dan eksis di sosial media tentu saja Mino Raiola.

Libero.id

Mino Raiola. Kredit: transfermarkt.com

Setidaknya ada beberapa pesepakbola hebat yang kepindahannya pernah diurus dan ditangani oleh Raiola. Di antaranya adalah Paul Pogba, Edinson Cavani, Mario, Balotelli dan Zlatan Ibrahimovic, Donnarumma dan banyak lagi.

Dalam dunia agen, musuh bebuyutan Raiola adalah Jorge Mendes, laki-laki flamboyan yang dapat dikatakan sebagai super agen dunia. Kemampuan lobby dan jaringannya yang luas di dunia sepak bola tak perlu diragukan lagi.

Jorge Mendes dikenal sebagai agen yang rajin mengorbitkan pesepakbola Portugal atau lebih luasnya lagi Amerika Latin, Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain yang ditangani oleh Mendes. Nama lain yang populer adalah James Rodriguez, Radamel Falcao, dan Angel Di Maria.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network