Sudah Dijual, 7 Pemain Ini Punya Klausul untuk Dibeli Lagi di Kontraknya

"Klausul itu ternyata punya tujuan politis. Seperti Sancho, dikabarkan gagal ke MU karena City menjadi klub pertama yang dikabari Dortmund soal rencana MU."

Feature | 19 November 2020, 02:50
Sudah Dijual, 7 Pemain Ini Punya Klausul untuk Dibeli Lagi di Kontraknya

Libero.id - Istilah buyback sering dijumpai ketika transfer window dibuka dan melibatkan pemain-pemain dengan kemampuan istimewa. Ketika klub lama ragu-ragu menjual sang pesepakbola, mereka akan menyelipkan klausul "pembelian kembali".

Di bisnis sepakbola terkini, buyback bukan semata tentang masalah ekonomi maupun teknis permainan. Klausul pembelian kembali ternyata juga memiliki motif politik. Pasalnya, klub asal akan menjadi yang pertama mendapatkan kesempatan untuk membeli sang pemain.

Selain itu, klub tersebut juga akan dimintai pendapat ketika ada tawaran dari klub lain datang. Jika itu berasal dari tim rival, biasanya klub pemilik asal akan melakukan penolakan. Tujuan penolakan itu agar sang pemain tidak menjadi rival yang menyulitkan jika bergabung dengan tim musuh bebuyutan.

Berikut ini contoh 7 pemain di beberapa liga top Eropa yang memiliki klausul pembelian kembali di kontraknya: 

1. Sergio Reguilon

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Tottenham Hotspur melakukan kudeta ketika berhasil mengalahkan persaingan dengan Manchester United untuk Reguilon, yang secara luas dianggap sebagai salah satu bek sayap muda terbaik Eropa. Salah satu alasan Spurs memenangkan perlombaan itu adalah persetujuan memasukkan klausul pembelian kembali dalam kontraknya.

Klausul tersebut akan memungkinkan Tottenham menghasilkan keuntungan sekitar 15 juta pounds dari pengeluaran 28 juta pounds saat mendatangkan sang pemain. Klausul itu akan berlaku pada transfer window 2021 dan 2022. Dilaporkan oleh El Confidencial, Reguilon terpaksa pindah setelah perselisihan dengan putra Zinedine Zidane, Luca.

2. Rhian Brewster

Meski tidak pernah mencetak gol kompetitif untuk klub, Liverpool menilai Brewster cukup tinggi untuk memasukkan opsi pembelian kembali ketika menjualnya ke Sheffield United seharga 23,5 juta pounds. Tapi, harga pembelian kembali belum ditentukan secara resmi. Diperkirakan pada kisaran 30-35 juta pounds.

Liverpool akan memiliki opsi ini untuk tiga musim ke depan, disamping 15% dari biaya jika Brewster dijual di tempat lain. Pasalnya, Juergen Klopp sebenarnya masih berharap banyak pada sang pemain. Masalahnya, pada musim panas lalu kubu Brewster hanya ingin dijual secara permanen. Dia tidak bersedia dipinjamkan lagi.

3. Douglas Luiz

Libero.id

Kredit avfc.co.uk

Pemain internasional Brasil itu telah menjadi bagian integral dari awal musim yang mengesankan dari Aston Villa. Dia memberikan soliditas lini tengah yang memungkinkan Jack Grealish dan Ross Barkley untuk mengekspresikan bakat alami mereka di lapangan.

Luiz didatangkan dari Manchester City seharga 15 juta pounds pada 2019. Tapi, The Citizens memasukkan klausul pembelian kembali sebesar 25 juta pounds dalam kesepakatan itu. Kini, Pep Guardiola dikabarkan ingin membawa Luiz kembali ke Etihad Stadium setelah kecewa dengan performa beberapa pemain tengah Man City.

4. Jadon Sancho

Libero.id

Kredit: bvb.de

Salah satu pemain muda yang menarik perhatian di sepakbola internasional dalam beberapa tahun terakhir adalah Sancho. Konsistensinya untuk Borussia Dortmund telah cukup untuk memicu rumor kembali ke Liga Premier dengan klausul 100 juta pounds.

Rumor terkait Sancho yang berhubungan dengan Manchester United sepanjang musim panas lalu memang benar adanya. Tawaran sudah diajukan dan pemain muda Inggris itu tidak diizinkan terbang ke Old Trafford. Larangan itu bukan oleh Dortmund, melainkan Man City. Sebab, Dortmund dan Man City terikat perjanjian buyback saat dulu Sancho datang ke Jerman.


5. Memphis Depay

Libero.id

Kredit: ligue1.com

Manchester United memasukkan klausul pembelian kembali dalam penjualan Depay senilai 16 juta pounds ke Olympique Lyon pada 2017. Saat itu, Old Trafford masih dikuasai Jose Mourinho. Dia merasa membiarkan Depay begitu saja akan menjadi kerugian yang sangat besar untuk The Red Devils.

"Karena berpotensi menjadi pemain yang sangat bagus. Saya pikir ketika Louis (van Gaal) memutuskan untuk membelinya, dia melakukannya dengan baik. Dia sangat mengenalnya dari tim nasional. Dia masih sangat muda ketika di Piala Dunia dan dia memiliki kualitas terbaik," kata Mourinho pada 2018.

"Depay bermain bagus di Belanda. Kami tahu liga di Belanda tidak sama dengan Inggris. Tapi, dia menunjukkan hal-hal yang sangat bagus. Jadi, saya pikir Louis dan MU melakukannya dengan sangat baik untuk membelinya. Dia tidak berhasil dalam 18 bulan. Tapi, dia masih sangat muda. Jadi, saya pikir penting bagi klub untuk sepenuhnya mengontrol bakat ini dan kami berharap dia bermain baik di Lyon," tambah Mourinho.

Setelah mempelopori langkah Lyon ke semifinal Liga Champions musim lalu dan mencetak 58 gol dalam 145 penampilan, Depay sempat dihubungkan dengan Barcelona. Tapi, transfer batal karena MU disinyalir meminta Lyon menolak proposal Ronald Koeman.


6. Yerry Mina

Barcelona dikenal tidak hanya memasukkan klausul pembelian kembali, melainkan juga sering mengaktifkannya. Ada banyak contoh itu selama bertahun-tahun. Mulai dari Luis Garcia, Gerard Deulofeu, hingga Denis Suarez. Begitu pula Gerard Pique muda saat menimba pengalaman di Old Trafford atau Cesc Fabregas di Arsenal.

Hal yang sama sekarang menimpa Mina. Hanya membuat 6 penampilan untuk El Barca setelah bergabung dengan transfer 11,8 juta euro dari Palmeiras pada Januari 2018, bek asal Kolombia itu dibiarkan pergi ke Everton.

Namun, sebelum Mina bergabung ke Goodison Park, butuh perjuangan ekstra. Sebab, berkat penampilan yang bagus di Piala Dunia 2018, Mina diperebutkan banyak klub. Everton memenangkan perlombaan itu setelah membayar 27 juta pounds plus klausul pembelian kembali  54 juta pounds.


7. Angelino

Libero.id

Kredit: instagram.com/angelino_69

Setelah membuat 12 penampilan untuk Manchester City, Angelino dipinjamkan ke RB Leipzig pada Januari 2020. Setelah impresi yang baik di Jerman, pinjaman ini diperpanjang untuk berlanjut sepanjang musim 2020/2021.

Sebagai bagian dari perjanjian peminjaman, Leipzig secara otomatis akan menggaet Angelino dengan kontrak permanen jika mampu membuat minimal 12 penampilan musim ini, termasuk lima di paruh kedua musim.

Masalahnya, pemain berusia 23 tahun itu telah membuat 11 penampilan di semua kompetisi untuk Leipzig musim ini. Dia menarik perhatian banyak klub setelah mencetak 5 gol dan 1 assist. Akibatnya, Man City bersikeras pada klausul pembelian kembali senilai 40 juta euro.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network