Profil Thom Haye, Gelandang Heerenveen Keturunan Sulawesi Utara

"Gara-gara Sandy Walsh, tertarik main di timnas Indonesia."

Biografi | 06 June 2023, 19:13
Profil Thom Haye, Gelandang Heerenveen Keturunan Sulawesi Utara

Libero.id - Keberadaan Sandy Walsh di timnas Indonesia mampu menjadi magnet bagi pemain keturunan lainnya. Salah satunya Thom Haye. Pemain Heerenveen itu punya darah Sulawesi Utara dari neneknya.

Thom Haye dan Sandy Walsh sama-sama pernah memperkuat timnas junior Belanda. Ketika itu, mereka membantu Jong Oranje menjuarai Euro U-17 2012.

Kini, saat Sandy Walsh akan menjalani debut timnas Indonesia, Thom Haye tampaknya tertarik membela negara leluhurnya. Apalagi, pemain KV Mechelen itu disebut mengajak Thom Haye untuk menukar paspor Belanda dengan paspor Indonesia agar bisa bereuni di Jakarta.

Ajakan Sandy Walsh bukan tanpa alasan. Sebab, Thom Haye memiliki darah Sulawesi Utara dan Solo dari neneknya, Thom Haye merupakan generasi kedua dari keluarganya yang memutuskan tinggal dan menetap di Belanda.

Lahir di Amsterdam, 9 Februari 1995, Thom Haye menapaki karier sepakbola dari tim junior AZ Alkmaar. Lalu, ketika menginjak usia 16 tahun, Thom Haye menandatangani kontrak profesionalnya bersama AZ Alkmaar dan melakukan debutnya untuk tim senior pada 2014.

Thom Haye beberapa kali turun sebagai starter dan bahkan berhasil membawa timnya ke Liga Europa 2016/2017. Tapi. pada musim panas 2016, Thom Haye memilih melanjutkan karier di Willem II Tilburg dengan status bebas transfer setelah kontraknya bersama AZ Alkmaar habis.

Dua tahun setelah itu, Thom Haye memutuskan untuk pindah ke Italia dan bergabung bersama Lecce. Tapi, dia kurang berhasil sehingga memutuskan kembali Belanda untuk bergabung dengan ADO Den Haag, NAC Breda, dan sejak 2022 memperkuat Heerenveen.

Musim ini, Thom Haye bermain dalam 33 pertandingan Eredivisie dengan catatan 3 gol dan 3 assist. Hanya saja, usianya yang mendekati 30 tahun bisa jadi halangan jika ingin dinaturalisasi PSSI.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network