Siapa Saja Mereka? 9 Pemain ASEAN di Liga Indonesia 2023/2024

"Sepertinya akan bertambah lebih banyak lagi."

Feature | 03 June 2023, 05:11
Siapa Saja Mereka? 9 Pemain ASEAN di Liga Indonesia 2023/2024

Libero.id - Regulasi baru Liga Indonesia yang mengakomodasi kuota pemain ASEAN membuat banyak klub bersiap mendatangkan pesepakbola terbaik Asia Tenggara. Hingga hari ini sudah ada sembilan pemain tim nasional dari negara-negara anggota AFF yang dipastikan bekerja di Indonesia musim 2023/2024.

Untuk membuat Liga Indonesia semakin berkualitas dan memiliki pasar yang lebih luas, PSSI pimpinan Erick Thohir telah mengambil kebijakan menambah jumlah pemain asing.

Selain dari Amerika, Afrika, Eropa, dan Asia, pemain-pemain asing yang berkompetisi di Indonesia juga disediakan kuota khusus ASEAN. Ini mirip dengan regulasi di era Indonesia Super League (ISL) beberapa tahun lalu.

Regulasi ini langsung dimanfaatkan klub peserta untuk berburu pemain. Dari sembilan pemain asing Asia Tenggara yang sejauh ini sudah merapat di klub Liga Indonesia 2023/2024, lima di antaranya berasal dari Filipina. Mayoritas adalah pemain nasional yang berstatus keturunan.

Contohnya, Daisuke Sato yang bermain untuk Persib Bandung. Lalu, Mike Ott (Barito Putera), Anthony Pinthus (PSS Sleman), Simen Lyngbo (Persik Kediri), dan Christian (Persita Tangerang).

Selain Filipina, ada juga yang berasal dari Singapura, Jacob Mahler (Madura United). Kemudian, dari Myanmar, Win Naing Tun (Borneo FC), serta dua penyerang Timor Leste, Pedro Henrique (Persikabo 1973) dan Paulo Gali Freitas (PSIS Semarang).

Diharapkan, pemain-pemain ini memberikan warna baru di Liga Indonesia. Sebab, ada beberapa yang memang baru sekali bermain di Indonesia. Tapi, ada juga yang sudah berkompetisi sejak musim lalu.

Berikut ini 9 pemain ASEAN di Liga Indonesia 2023/2024:

1. Daisuke Sato (Filipina), Persib Bandung
2. Mike Ott (Filipina), Barito Putera
3. Anthony Pinthus (Filipina), PSS Sleman
4. Simen Lyngbo (Filipina), Persik Kediri
5. Christian Rontini (Filipina), Persita Tangerang
6. Jacob Mahler (Singapura), Madura United
7. Pedro Henrique (Timor Leste), Persikabo 1973
8. Win Naing Tun (Myanmar), Borneo FC
9. Paulo Gali Freitas (Timor Leste), PSIS Semarang 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network