6 Pelatih Top yang Bisa Tangani Indonesia Setelah Era Shin Tae-yong

"Nama-nama ini punya hubungan dengan Erick Thohir."

Analisis | 30 May 2023, 15:16
6 Pelatih Top yang Bisa Tangani Indonesia Setelah Era Shin Tae-yong

Libero.id - Rumor kepergian Shin Tae-yong setelah Piala Asia 2023 diikuti spekulasi terkait penggantinya. Konon, beberapa nama pelatih kelas dunia dianggap layak dan cocok mengelola timnas Garuda.

Belum lama ini, Shin Tae-yong menyatakan tugasnya di timnas Indonesiaakan berakhir seusai Piala Asia 2023. Pasalnya, hasil pembicaraan dirinya dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memiliki kesimpulan perpanjangan kontrak hanya sampai Piala Asia 2023. Jika hasilnya bagus, Shin Tae-yong akan lanjut.

Jika nantinya Shin Tae-yong tak lagi melatih timnas Indonesia, PSSI punya banyak opsi pengganti. Sosok pelatih top dunia yang saat ini sedang mencari pekerjaan bisa ditunjuk menukangi Pratama Arhan dkk. Syaratnya, PSSI punya uang.

Berikut ini 5 pelatih top dunia yang bisa dipekerjakan di timnas Indonesia setelah era Shin Tae-yong berakhir:

1. Jose Mourinho

Jose Mourinho menunjukkan kedekatan dengan Erick Thohir lewat video ucapan selamat ulang tahun yang viral di media sosial. Apalah ini menjadi sinyal bahwa The Special One bakal dipekerjakan PSSI? Peluang ada jika Erick Thohir bisa membayar gaji Jose Mourinho yang sangat besar.

2. Antonio Conte

Antonio Conte berasal dari Italia, dan saat ini sedang menganggur setelah berhenti dari Tottenham Hotspur. Koneksi Italia milik Erick Thohir akan memudahkan negosiasi dengan mantan nakhoda Juventus dan Chelsea tersebut.

3. Rafael Benitez

Rafael Benitez bukan orang Italia, melainkan Spanyol. Tapi, dia sempat menukangi Inter Milan dan Napoli di Serie A. Dirinya juga punya pengalaman di sepakbola Asia bersama klub asal China, Dalian FC, pada 2019-2021.

4. Alessandro Nesta

Alessandro Nesta sedang menganggur setelah sempat menukangi Miami FC, Perugia, dan Frosinone. Kedekatan dengan Erick Thohir sebagai teman memungkinkan LegendaLazio dan AC Milan bekerja untuk PSSI. Negosiasinya tidak akan rumit karena sebagai teman, Alessandro Nesta akan dengan senang hati membantu Erick Thohir.

5. John Terry

John Terry adalah asisten pelatih Leicester City setelah sebelumnya bekerja di Aston Villa. Dia memiliki hubungan pertemanan dengan Erick Thohir. Meski belum pernah menjadi pelatih kepala, JT punya lisensi UEFA Pro. Jadi, mungkinkah timnas Indonesia jadi debut kepelatihan profesional John Terry? Kita lihat saja nanti.

6. Joachim Loew

Joachim Loew adalah pelatih yang sukses membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 2014. Tapi, setelah memimpin Der Panzer selama 17 tahun, Joachim Loew memutuskan mundur dari jabatannya pada Juli 2021 lalu. Sejak saat itu dirinya masih belum terikat kontrak dengan tim mana pun.

Peluang Joachim Loew melatih di Indonesia besar karena PSSI menjalin kerjasama dengan Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB) untuk Direktur Teknik. Tapi, tidak menurup kemungkinan mempekerjakan pelatih kepala untuk tim nasional.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network