Selain Ivar Jenner dan Rafael Struick, Inilah 2 Pemain Keturunan Baru di Timnas Indonesia

"Tulang punggung baru Garuda untuk terbang tinggi."

Biografi | 28 May 2023, 09:01
Selain Ivar Jenner dan Rafael Struick, Inilah 2 Pemain Keturunan Baru di Timnas Indonesia

Libero.id - Shin Tae-yong memanggil 26 pemain untuk FIFA Matchday melawan timnas Palestina dan timnas Argentina. Selain nama-nama lama, ada empat pemain baru yang berstatus keturunan dan baru menyelesaikan proses naturalisasi.

Pasukan Garuda mendapatkan kesempatan langka menghadapi juara Piala Dunia 2022, Argentina, dan sebuah pertandingan uji coba internasional dalam agenda FIFA di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 19 Juni 2023. Itu lima hari setelah melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Untuk persiapan menghadapi dua laga ini, Shin Tae-yong menggelar TC di Surabaya, mulai 5 Juni 2023. Total 26 pemain dipanggil, dengan empat di antaranya adalah pemain naturalisasi baru. Mereka adalah Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, dan Ivar Jenner.

Rafael Struick dan Ivar Jenner baru saja menyelesaikan proses naturalisasinya. Sedangkan Sandy Walsh dan Shayne Pattynama sudah merampungkannya sejak awal 2023. Tapi, debut mereka untuk timnas Indonesia tertunda karena cedera dan sedikit masalah administrasi.

Baik Ivar Jenner maupun Rafael Struick sudah tiba di Indonesia dan telah diperkenalkan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dalam acara konferensi pers pengumuman resmi FIFA Matchday antara Indonesia dan Argentina di ruang media Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Selain Ivar Jenner dan Rafael Struick, berikut ini 2 pemain keturunan baru di timnas Indonesia:

1. Sandy Walsh

Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta, pada 17 November 2022. Pesepakbola berusia 27 tahun ini memiliki darah Indonesia dari pihak ibu. Kakek dari pihak ibu berasal dari Surabaya dan nenek dari ibu dari Malang.

Kebetulan, Sandy Walsh sudah lama ingin menjadi warga Indonesia. Dan, saat ini dirinya tercatat merumput di Belgia bersama KV Mechelen.

2. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama resmi menjadi WNI pada 24 Januari 2023. Hal itu terjadi setelah mengambil sumpah setia kepada Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kemenkumham Jakarta Timur dan berkasnya ditandatangani Presiden Joko Widodo. Dirinya memiliki ayah yang lahir di Semarang dari keluarga asal Maluku.

Hingga kini pemain kelahiran Belanda yang sedang berkarier di Norwegia bersama Viking FK ini belum melakoni debut bersama Indonesia. Ini karena Shayne Pattynama belum bisa memenuhi panggilan Garuda pada kalender internasional sebelumnya karena masalah surat perpindahan asosiasi yang belum beres.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network