Setelah Argentina, 6 Negara Piala Dunia ini Bisa Jadi Lawan Indonesia Berikutnya

"Dengan jaringan yang dimiliki Erick Thohir, suporter wajib optimistis."

Analisis | 26 May 2023, 07:09
Setelah Argentina, 6 Negara Piala Dunia ini Bisa Jadi Lawan Indonesia Berikutnya

Libero.id - FIFA Matchday edisi Juni 2023 tampaknya hanya awal bagi banjir timnas-timnas langganan Piala Dunia untuk bertanding melawan Indonesia. Pasalnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengisyaratkan beberapa negara besar anggota FIFA akan coba diajak beruji coba pada FIFA Matchday.

Saat ini, Argentina berada di peringkat 1 FIFA. Sementara Indonesia belum beranjak dari peringkat 149 FIFA. Ini ibarat pertarungan David melawan Goliath.

Meski berat sebelah, pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 19 Juni 2023 itu diharapkan menjadi awal dari kedatangan timnas lain yang jauh lebih berkualitas saat pertandingan uji coba internasional. Sebab, pertandingan seperti ini penting untuk membangun mentalitas pemain Garuda.

"Kami mendapatkan respons positif dari Maroko, Brasil, Portugal dan Rusia. Jadi setiap tahun, kita bisa menghadapi satu negara top," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di markas PSSI, GBK Arena, Jakarta.

Nah, berikut ini 7 negara Piala Dunia yang bisa menjadi lawan tanding Indonesia di masa depan:

1. Brasil

Brasil adalah juara Piala Dunia 5 kali. Selecao punya banyak pendukung di Indonesia. Kedatangan Neymar Jr dkk tentu saja akan jadi perhatian khusus penggemar sepakbola Indonesia. 

2. Portugal

Portugal masih akan mengandalkan Cristiano Ronaldo dalam beberapa tahun mendatang. Dengan nama besar CR7 yang hanya kalah silau dari Lionel Messi, kedatangan Portugal ke Jakarta akan menjadi pertandingan yang menarik melawan Indonesia.

Apalagi, Cristiano Ronaldo punya memori dengan Indonesia. Dia punya anak angkat yang berasal dari Aceh, yaitu Martunis.

3. Maroko

Maroko memang tidak sebesar Brasil atau Argentina. Tapi, sejak penampilan mengesankan di Piala Dunia 2022, Hakim Ziyech dkk termasuk populer di Indonesia. Bahkan, Maroko kini dijadikan contoh PSSI untuk membangun timnas, yaitu mengumpulkan pemain-pemain diaspora dari seluruh dunia.

4. Jepang

Jepang adalah raksasa sepakbola Asia. Memang, Erick Thohir tidak menyebut Jepang secara spesifik saat konferensi pers. Tapi, beberapa hari lalu dirinya baru menjalani kerjasama dengan Asosiasi Sepakbola Jepang (JFA). Itu berarti potensi kedatangan Jepang ke Jakarta cukup besar, khususnya setelah Piala Asia 2023.

5. Italia

Italia merupakan salah satu juara Piala Dunia. Italia dan Erick Thohir punya hubungan emosional yang bagus. Pasalnya, Menteri Negara BUMN itu sempat menjadi Presiden Inter Milan. Artinya, cukup mudah bagi Erick Thohir jika ingin mendatangkan Gli Azzurri ke Jakarta.

6. Rusia

Rusia sempat menawarkan diri ke Pemerintah Indonesia untuk memainkan pertandingan uji coba internasional. Indonesia juga menyambut ajakan itu dengan tangan terbuka. 

Tapi, PSSI harus terlebih dulu berkonsultasi dengan FIFA. Pasalnya, status Asosiasi Sepakbola Rusia (RFU) yang sedang dihukum FIFA. Jangan sampai PSSI kena imbas buruk akibat perang di Ukraina yang melibatkan Rusia. Jika Indonesia menerima ajakan Rusia tanpa konsultasi FIFA, PSSI bisa saja kena sanksi.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan


Daun Media Network