10 Spesialis Tendangan Bebas Terbaik Sepanjang Masa, Ada 1 Kiper

"Saat menyaksikan tendangan bebas dari mereka seperti mengamati sebuah karya seni yang indah. Maestro!"

Feature | 14 September 2020, 12:36
10 Spesialis Tendangan Bebas Terbaik Sepanjang Masa, Ada 1 Kiper

Libero.id - Banyak pesepakbola menghabiskan waktu berjam-jam di tempat latihan untuk menyempurnakan eksekusi bola mati mereka, tetapi hasil tak selalu berbanding lurus dengan usaha, porsi latihan boleh sama tapi kualitas yang diperoleh antar pemain biasanya saling balap.

Beberapa pemain bisa mencetak gol cantik, tetapi hanya mereka yang punya teknik mumpuni lah yang bisa dengan baik mengesekusi bola mati. Berkenaan dengan itu situs olahraga Pinset telah memilih 10 pemain spesialis tendangan bebas terbaik:

10. Roberto Carlos

Bek kiri mungil tapi kekar ini terkenal karena tendangannya yang keras dan terarah ketika mengesekusi bola mati. Sebetulnya Roberto Carlos hanya sedikit mencetak gol dari tendangan bebas tetapi dia punya kaki kiri yang spesial, sangking kerasnya bola sepakan Carlos bahkan mencapai kecepatan 160 km per jam.

Yang paling diingat tentu adalah 'tendangan ajaib' ketika Brasil menghadapi Perancis dalam ajang  Tournoi de France, Roberto Carlos mengambil ancang-ancang, dia berlari kecil, lalu menendang bola dengan sangat keras.

Semenjak itu kosa kata publik bertambah, bola yang ditendang Roberto Carlos mengelabuhi 4 pagar betis dan berubah arah, berputar dengan cara melengkung , dan itu kelak dikenal sebagai ‘tendangan pisang’, Fabian Barthez, penjaga gawang Perancis kala itu hanya bisa diam takjub sekalgus menanggung malu.

9. Andrea Pirlo

Libero.id

Kredit: twitter.com/juventusfc

Tak ada yang bisa membantah seorang Andrea Pirlo untuk urusan eksekusi bola mati. Pirlo yang kini menahkodai Juventus adalah ‘pendekar pilih tanding’. Dia menendang bola dengan cara elegan: mengayunkan kaki dengan santai, terlihat pelan, tapi soal akurasi jarang sekali berkhianat, hampir selalu tepat sasaran.

Secara keseluruhan, master Italia itu mencetak total 45 tendangan bebas. Tidak terlalu buruk dan sebetulnya itu tak begitu penting jika melihat jumlah assist yang dihasilkan lewat cara yang sama.

8. Cristiano Ronaldo

Hampir tidak mungkin melewatkan Cristiano Ronaldo dalam daftar ini. Megabintang Portugal itu adalah seorang pekerja keras. Begitu juga dengan kemampuan bola matinya, tak didapat dalam semalam, dan tidak ada yang pernah mendekati seorang Ronaldo baik dengan sikap, lari, dan cara dia menendang bola.

Lihatlah ketika Cristiano Ronaldo berdiri di atas bola, kaki terbentang selebar bahu dengan dada terangkat adalah sesuatu yang membuat takut setiap penjaga gawang manapun. Dengan gaya dan tendangan khasnya berungkali Ronaldo membuat lawan terdiam, sila saksikan cuplikan free kick Ronaldo baik saat bersama Manchester United, Real Madrid, atau Juventus, atau saat memperkuat timnas Portugal.

7. Ronald Koeman

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Mungkin kalian akan terkejut, tapi kenyataannya pelatih yang baru menukangi Barcelona ini mencetak sekitar 60 gol dari free kick sepanjang karirnya.

6. Shunsuke Nakamura

Nakamura termasuk pemain Asia pertama yang merumput di Eropa, dia lama berseragam Glasgow Celtic, pernah juga bermain di Serie-A, dan klub Espanyol. Dan Nakamura dikenal karena servis bola mati. Ketika mantan pemain timnas Jepang itu melakukan tendangan bebas, semua orang tahu dia akan melakukannya dengan kombinasi kecepatan dan tikungan, tetapi jarang ada kiper yang bisa menguasai sepakan Nakamura.

Dia adalah pencetak gol tendangan bebas terkemuka dalam sejarah J League dan dia masih bermain bagus sampai sekarang di usia 41 tahun. Salah satu momentum gol tendangan bebas yang dia cetak dan terus akan di ingat adalah  pada saat  Celtics meraih kemenangan 1-0 atas Manchester United pada Liga Champions 2006.

5. Rogerio Ceni

Libero.id

Kredit: saopaulo.blog

Coba pikirakan pemain yang mencetak rata-rata gol setiap 10 pertandingan sepanjang karier mereka; kebanyakan akan berpikir pastilah penyerang akan mencapai tingkat itu dengan mudah, atau mungkin banyak gelandang juga mampu. Tapi apa jadinya jika seorang penjaga gawang yang melakukan itu?

Adalah Rogerio Ceni, kiper Brazil yang bermain untuk Sauo Paulo, Ceni mencetak total 131 gol dengan 61 berasal dari tendangan bebas, - yang lainnya adalah eksekusi penalti dan situasi tertentu yang mengharuskannya maju layaknya striker. Tak ada kata yang lebih tepat untuk menggambarkan Ceni: Fenomenal.

4. Roberto Baggio

Di hadapan Roberto Baggio bola adalah sahabat, mantan punggawa Juventus, Brescia, Fiorentina, Ac Milan, Inter Milan dan banyak lagi klub yang pernah dibelanya ini adalah salah satu pesepakbola terbaik pada masanya, dari semua atribut yang dimilikinya yang paling menonjol adalah kemampuan mengkonversi bola mati menjadi gol.

Tendangan bebas untuk seorang Baggio adalah sebuah karya seni yang indah, lihat saja kompilasi video yang beredar di sosial media. Anda pasti menyuakinya.

3. David Beckham

Libero.id

Kredit: thefa.com

Selama karirnya 'Becks', begitu dia sering disebut, mencetak 65 gol dari tendangan bebas, hampir semuanya  mengesankan dan momen yang paling layak untuk di ingat adalah ketika sepakan melengkungnya  gawang Yunani dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2002.

Ketika itu, Inggris tertinggal dan di detik-detik terakhir, Beckham menghasilkan tendangan bebas dari jarak 30 meter, bola  meluncur dengan sempurna melewati pagar betis Yunani dan masuk ke pojok atas. Antonios Nikopolidis terpaku di tempat.

2. Zico

Meskipun sebagian besar karir bermainnya dihabiskan di negara asalnya dengan Flamengo sebagai klub, itu tak mengaburkan fakta bahwa Zico mencetak lebih dari 100 gol dari tendangan bebas langsung.

Tapi mengapa Zico berada di urutan kedua? Sebab sulit atau minim data video yang menggambarkan aksi Zico itu.

1. Juninho Pernambucano

Libero.id

Kredit:ol.fr

Ketika pelanggaran dilakukan 45 meter dari jarak gawang, itu mestinya dianggap sebagai jarak yang aman bagi pertahanan, tetapi entah bagaimana Juninho secara teratur akan menemukan cara untuk membuat bola lolos dari pagar betis dan meluncur dengan sempurna ke gawang.

Selama kariernya, ia mencatat 77 gol dari tendangan bebas - sebagian besar dicetak untuk Lyon, tak perlu berdebat soal jumlah angka. Cukup lihat saja video-video yang beredar di internet dan Anda bakal tahu seberapa layak Juninho untuk ditempatkan di urutan teratas

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network