Profil Lamine Yamal, Bocah 15 Tahun 285 Hari Debut La Liga dengan Barcelona

"Kalau kalian, di usia segitu lagi ngapain?"

Biografi | 01 May 2023, 00:32
Profil Lamine Yamal, Bocah 15 Tahun 285 Hari Debut La Liga dengan Barcelona

Libero.id - Barcelona punya reputasi sebagai klub elite dunia yang gemar mengantarkan pemain-pemain remaja menjalani debut profesional. Yang paling baru adalah bocah berusia 15 tahun 285 hari, produk La Masia, Lamine Yamal. Dia memecahkan rekor debutan termuda El Barca di La Liga.

Minggu (30/4/2023) dini hari WIB, Barcelona menjamu Real Betis di Camp Nou. Barcelona unggul 4-0, dan semakin mendekatkan gelar juara La Liga 2022/2023.

Namun, bukan hasil akhirnya yang dibicarakan orang. Para pendukung justru lebih senang membahas pergantian pemain yang dilakukan Xavi Hernandez pada menit 83. Ketika itu, Gavi keluar digantikan Lamine Yamal. Semua tepuk tangan karena sang pemain baru menjalani debut di usia kurang dari 16 tahun.

Lamine Yamal kini menjadi pemain termuda yang diturunkan Barcelona di La Liga. Dia mengalahkan rekor seniornya, Ansu Fati, ketika menjalani debut dalam usia 16 tahun 9 bulan 25 hari. Dia juga jadi pemain termuda kelima yang menjalani debut La Liga. Rekor ini masih dipegang Luka Romero dalam usia 15 tahun 219 hari.

Bagi penggemar Barcelona, Lamine Yamal bukan sosok asing. Dia sudah beberapa kali masuk daftar skuad utama Barcelona musim ini. Lamine Yamal juga baru dipromosikan dari Juvenil A (U-19). Pemain kelahiran 13 Juli 2007 itu diajak latihan ke tim utama pada September 2022.

Mendapatkan julukan "Mini Messi", Lamine Yamal sudah mendapatkan panggilan ke timnas Spanyol U-17. Dia juga sempat menjalani debut untuk Spanyol U-19, meski memiliki darah Maroko. Melihat penampilan Lamine Yamal, Xavi Hernandez tidak mau pikir panjang menyodorkan kontrak profesional.

Lamine Yamal menjadi salah satu talenta La Masia terbaik saat ini. Dia dianggap sejajar dengan Victor Barbera (18 tahun) dan Illias Akhomach (19 tahun). bahkan, agen super Jorge Mendes, yang juga agennya Cristiano Ronaldo, telah melirik Lamine Yamal sejak lama.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network