Daftar Hadiah Juara Liga di ASEAN, Siapa yang Paling Besar?

"Indonesia sendiri masih kalah dari segi hadiah kompetisi Vietnam."

Feature | 11 April 2023, 10:59
Daftar Hadiah Juara Liga di ASEAN, Siapa yang Paling Besar?

Libero.id - Melihat daftar liga di Asia Tenggara atau ASEAN dengan hadiah terbesar hingga terendah, di mana Liga 1 Indonesia masih kalah dari V. League yang merupakan Liga Vietnam.

Selayaknya kompetisi lainnya, kompetisi sepak bola yang berformat liga memiliki hadiah bagi juara yang mampu menjuarai ajang tersebut.

Hadiah yang diberikan pun bukan hanya sekadar trofi, melainkan juga uang tunai yang dibebankan kepada penyelenggara atau operator.

Biasanya, hadiah uang tunai ini jumlahnya bervariasi. Hal ini tak lepas dari kemampuan operator atau sponsor yang dimiliki kompetisi tersebut.

Belakangan, masalah hadiah uang tunai untuk juara liga ini menjadi perbincangan di kalangan pecinta sepak bola Indonesia.

Hal ini menyusul keberhasilan PSM Makassar menjadi juara Liga 1 2022-2023. Sehingga, banyak yang menduga-duga berapa hadiah uang yang akan didapat tim berjuluk Juku Eja itu.

Jika berkaca pada musim lalu, hadiah yang didapatkan untuk juara Liga 1 adalah sebesar Rp1 miliar. Tapi, ada kabar bahwa musim ini nilai itu bertambah menjadi Rp2 miliar.

Meski nilai hadiahnya bertambah, namun ternyata Liga 1 memiliki hadiah yang relatif kecil ketimbang liga-liga di negara ASEAN lainnya.

Berikut besaran hadiah untuk liga-liga di ASEAN dari yang terendah hingga yang tertinggi.

6. Liga Kamboja (Cambodian Premier League)

Liga Kamboja atau Cambodian Premier League ternyata menjadi kompetisi dengan nilai hadiah terkecil di Asia Tenggara atau ASEAN.

Diketahui, Liga Kamboja hanya memberikan hadiah uang sebesar 37 ribu dolar AS atau setara dengan Rp550 juta bagi juara liganya.

5. Liga Singapura (Singapore Premier League)

Singapura merupakan negara ASEAN yang tergolong maju. Namun kemajuan negaranya tak berbanding lurus dengan sepak bolanya.

Hal ini diketahui dari hadiah yang diberikan untuk juara Liga Singapura atau Singapore Premier League yang hanya berada di angka 113 ribu dolar AS atau Rp1,6 miliar.

4. Liga Indonesia (Liga 1)

Pamor Liga Indonesia atau Liga 1 memang meredup seiring berjalannya waktu, sehingga tak banyak sponsor yang mau mendanai ajang ini.

Karenanya, hadiah yang diberikan Liga 1 kepada juaranya pun tergolong kecil di level ASEAN, yakni sekitar 134 ribu dolar AS atau Rp2 miliar saja.

3. Liga Vietnam (V. League)

Vietnam menjadi negara yang maju dalam urusan sepak bola di kawasan ASEAN. Hal ini terbukti dari prestasi tim nasionalnya.

Prestasi tim nasionalnya pun berbanding lurus dengan kualitas liganya. Sehingga wajar jika Liga Vietnam atau V.League punya hadiah sebesar 214 ribu dolar AS atau Rp3,1 miliar bagi juaranya.

2. Liga Thailand (Thai League)

Liga Thailand bisa dikatakan sebagai liga terbaik secara pengelolaan untuk di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN. Sehingga, banyak tim-tim negara itu bisa lolos ke Liga Champions Asia.

Pengelolaan yang baik ini pun berujung pada besarnya hadiah yang diberikan. Tak tanggung-tanggung, hadiah bagi juara Liga Thailand mencapai 291 ribu dolar AS atau Rp4,3 miliar.

1. Liga Malaysia (Malaysia Super League)

Malaysia dihuni oleh banyak pengusaha dan petinggi negara yang gila bola, sehingga sepak bolanya untuk level liga terbilang maju.

Karena banyaknya sponsor dan juga dukungan dari petinggi negara, Liga Malaysia atau Malaysia Super League punya hadiah yang fantastis bagi juaranya, yakni 545 ribu dolar AS atau Rp8 miliar.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network