Sudah Tahu Bukan Ajang FIFA, Masih Saja Berharap Elkan Baggott Ikut SEA Games 2023

"Asosiasi sepakbola yang tidak pernah belajar dari masa lalu.."

Analisis | 08 April 2023, 17:15
Sudah Tahu Bukan Ajang FIFA, Masih Saja Berharap Elkan Baggott Ikut SEA Games 2023

Libero.id - Seperti tidak belajar dari pengalaman atau memang sengaja tidak tahu, timnas U-22 asuhan Indra Sjafri masih saja berusaha memboyong pemain abroad ke SEA Games 2023. Salah satunya Elkan Baggott, yang tampaknya mustahil dilepas Cheltenham Town karena SEA Games bukan FIFA Matchday.

Pelatih timnas U-22, Indra Sjafri, mengaku tidak masalah dengan absennya Elkan Baggot dalam skuad SEA Games 2023. Dia tahu bek keturunan Inggris masih ada kewajiban dengan Cheltenham Town hingga 7 Mei 2023.

"Elkan belum ada jawaban karena dia baru selesai pertandingan 7 Mei kalau tak salah," ujar Indra Sjafri kepada sejumlah awak media di Jakarta.

"Kami prinsipnya kalau memang dia bermain di klub dan klubnya keberatan untuk melepas, ya kita tidak ada masalah. Tapi, kalau klubnya tidak melepas dan Elkan ternyata tidak dapat bermain di klub, saya pikir multievent SEA Games bagus untuk mereka," ungkap Direktur Teknik PSSI.

Ternyata, bukan hanya Elkan Baggott yang sulit bergabung ke SEA Games. Satu pemain abroad lagi, Ronaldo Kwateh, juga belum memberikan tanggapan apakah bisa datang atau tidak. "Ronaldo belum ada jawaban. Tapi, (Pratama) Arhan, Marselino (Ferdinan), sudah," beber Indra Sjafri.

Apa yang diharapkan timnas U-22 sebenarnya cukup aneh. Pasalnya, sudah jelas SEA Games bukan FIFA Matchday. Tapi, mengapa mereka masih berusaha membujuk pemain abroad.

Pasalnya, jika belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, sangat sulit mendapatkan tenaga pemain abroad di Eropa pada pertandingan yang tidak ada di agenda FIFA. Contohnya, pada Piala AFF 2022. Saat itu, Shin Tae-yong langsung melobi Cheltenham Town. Tapi, pada akhirnya tidak diizinkan.

Elkan Baggott bisa saja bergabung dengan SEA Games 2023 jika kompetisi di Inggris berakhir. Tapi, tentu saja pada awal Mei, League One belum berakhir.

Jadi, berharap kedatangan Elkan Baggott untuk memperkuat lini belakang timnas U-22 ibarat menunggu Godot. Maksudnya, sia-sia. Karena itu, jauh lebih baik jika Indra Sjafri menyiapkan skema tanpa kehadiran pemuda kelahiran Bangkok itu. Misalnya, menduetkan Rizky Ridho dengan Muhammad Ferarri

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network