Akhirnya Diketahui Orang, Kisah "Peran" Elkan Baggott dalam Naturalisasi Justin Hubner dkk

"Benarkah? Inilah cerita uniknya.."

Feature | 07 April 2023, 20:00
Akhirnya Diketahui Orang, Kisah "Peran" Elkan Baggott dalam Naturalisasi Justin Hubner dkk

Libero.id - Pengalaman naturalisasi Elkan Baggott ternyata membuat usaha untuk mempertahankan Justin Hubner dkk semakin mudah. Pasalnya, cerita Elkan Baggott berganti paspor Garuda sangat mirip dengan Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Awalnya, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick sengaja menjalani program naturalisasi untuk diproyeksikan ke Piala Dunia U-20 2023. Tapi, turnamen batal gara-gara kontroversi Israel.

Pencoretan Indonesia sekaligus pembatalan partisipasi timnas U-20 benar-benar membuat Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick down. Meski proses mereka sudah disetujui DPR RI dan tinggal melaksanakan sumpah WNI, spekulasi menyebut kemungkinan ketiganya enggan melanjutkan proses.

Eks pengurus PSSI, Hamdan Hamedan, yang pernah diberi tugas mengurus naturalisasi pemain menyatakan, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick tetap meneruskan proses naturalisasi. Meski sempat kecewa berat, ketiganya ternyata berpikir jernih untuk masa depan.

Hamdan Hamedan menyebut telah berbicara kepada Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick sesuai permintaan pendukung timnas Garuda. Dalam pembicaraan itu, Hamdan Hamedan menceritakan kasus Elkan Baggott. 

Layaknya Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick, Elkan Baggott awalnya dinaturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2021. Tapi, akibat pandemi Covid-19, turnamen dimundurkan menjadi Piala Dunia U-20 2023. Otomatis, usia Elkan Baggott tidak memenuhi syarat lagi.

Meski gagal tampil di Piala Dunia U-20 2021, Elkan Baggott tetap melanjutkan program naturalisasinya. Hasilnya, dia justru mendapatkan kesempatan membela timnas Indonesia di level senior.  Itulah yang membuat Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick mantap menjadi WNI.

"Semalam saya ngobrol sama mereka sebagai kawan. Sesuai amanah netizen yang minta tolong dan nanya ke saya. Saya cerita ke mereka kasus Elkan Baggott yang awalnya dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20, lalu akhirnya tembus timnas senior. Mereka senang dengar itu," tulis Hamdan Hamedan.

Mendengar cerita itu, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick tergugah hatinya. Ketiganya lantas menyatakan masih serius untuk memperkuat timnas Indonesia

"Bagi yang nanya apakah trio Justin Hubner, @rafaelstruick dan @ivarjnr masih ingin membela timnas Indonesia? Jawabannya: iya. Dan ini membuktikan keseriusan mereka tidak hanya karena Indonesia awalnya adalah tuan rumah Piala Dunia U-20. Tetapi juga karena dalam dada mereka sudah Kita Garuda," tulis Hamdan Hamedan lagi.

Seperti halnya Elkan Baggott, usia Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick masih sangat muda. Masa depan mereka cerah. Mereka berpeluang besar promosi ke timnas Indonesia di berbagai ajang ke depan seperti Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network