Timnas Indonesia Bisa Jumpa Vietnam, Inilah Pembagian Pot Drawing Piala Asia 2023

"Siapa pun lawannya, peluang lolos ke fase knock-out besar."

Feature | 31 March 2023, 11:00
Timnas Indonesia Bisa Jumpa Vietnam, Inilah Pembagian Pot Drawing Piala Asia 2023

Libero.id - Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah menetapkan pot untuk drawing Piala Asia 2023 di Qatar, Januari tahun depan. Menariknya, potensi pertemuan timnas Indonesia dengan timnas Vietnam di fase grup terbentang luas di depan mata.

Piala Asia 2023 akan diikuti 24 negara. Seharusnya, ajang ini diselenggarakan di China pada Juni-Juli 2023. Tapi, Negeri Tirai Bambu tidak sanggup karena kekhawatiran munculnya kembali Covid-19. Jadi, AFC memutuskan memindahkannya ke Qatar.

Hanya saja, dengan cuaca Timur Tengah yang sangat panas pada Juni-Juli, AFC mengambil solusi menggelar di musim dingin sama seperti Piala Dunia 2022 antara November, Desember, Januari, Februari. Lalu, dipilihlah tanggal pastinya, yaitu 12 Januari-10 Februari 2024.

Timnas Indonesia menjadi salah satu peserta setelah lolos setelah menyingkirkan Kuwait. Ini Piala Asia pertama sejak 2007. 

Namun, karena peringkat Indonesia yang tidak terlalu tinggi, yaitu 150, otomatis tidak mendapat keistimewaan saat drawing. Bersama dua negara ASEAN lainnya, Malaysia dan Thailand, Indonesia ada di Pot 4. Sementara satu wakil Asia Tenggara lainnya, Vietnam, ada di Pot 3.

Dengan kondisi seperti ini, timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong dipastikan tidak akan bertemu Malaysia atau Thailand. Tapi, berpeluang bertemu Vietnam. Ini akan menarik karena Vietnam jadi lawan berat Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Tapi, lawan tangguh bukan hanya Vietnam. Timnas Indonesia bisa saja bertemu negara-negara besar Asia di fase grup seperti Qatar, Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, atau Arab Saudi. Semuanya timnas rakasa itu ada di pot 1. 

Sedangkan di Pot 2 diisi banyak negara Timur Tengah yang berada di ranking FIFA 100 besar. Comntohnya, Irak, Uni Emirat Arab, Oman, serta Yordania. Lalu, Uzbekistan dan China. 

Untuk Pot 3, selain Vietnam, ada Bahrain, Suriah, Palestina, Kyrgysztan, dan Lebanon. Dan, Pot 4 terdiri dari India, Tajikistan, Thailand, Malaysia, Hong Kong, serta Indonesia. Indonesia adalah negara peserta dengan peringkat FIFA paling rendah. 

Rencananya, drawing akan berlangsung pada 11 Mei 2023 di Katara Opera House, Doha. Nantinya, akan ada enam grup dengan masing-masing empat tim. Juara dan runner-up otomatis ke babak 16 besar plus empat peringkat ketiga terbaik. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network