Ditahan Imbang Burundi, Trend Positif FIFA Matchday Timnas Indonesia Masih Tetap Bagus

"Curacao, Burundi, next siapa lagi nih?"

Berita | 28 March 2023, 22:34
Ditahan Imbang Burundi, Trend Positif FIFA Matchday Timnas Indonesia Masih Tetap Bagus

Libero.id - Pelan namun pasti ranking FIFA Timnas Indonesia membaik. Sebelum Shin Tae-yong memimpin laga pertama Indonesia di ajang resmi, per 3 Juni 2021, Indonesia berada di urutan 173 FIFA.

Sebelum laga melawan Timnas Burundi, Skuad Garuda menempati posisi 151. Ya, naiknya peringkat Indonesia itu tak terlepas dari kemenangan demi kemenangan yang didapat di laga resmi seperti Kualifikasi Piala Asia 2023 dan agenda seperti FIFA Matchday.

Terutama di FIFA Matchday, sepanjang dilatih oleh Shin Tae-yong, Timnas Indonesia belum pernah merasakan kekalahan. 

Pertama, saat dua kali melawan Timnas Timor Leste pada Januari 2022, Skuad Garuda menang dengan skor 4-1 dan 3-0. Seharusnya saat itu Indonesia melawan Timnas Bangladesh namun dikarenakan  mereka ada masalah dengan pandemi Covid-19 lawan diganti ke Timor Leste.

Lalu pada September nya, Timnas Indonesia mendapat lawan yang secara ranking FIFA jauh berada di atas yakni Timnas Curacao (84). Marc Klok dan rekan-rekan mampu mengatasi perlawanan Curacao dengan dua kemenangan. 3-2 di laga pertama lalu 2-1 di laga kedua.

Catatan impresif itu sedikit ternodai ketika melawan Timnas Burundi. Di laga perdana Jordi Amat dan rekan-rekan memang berhasil menang dengan skor 3-1. Namun di laga kedua, pada Selasa (28/3) malam WIB, Skuad Garuda ditahan imbang dengan skor 2-2.


Meski begitu trend positif Timnas Indonesiamasih tetap bisa kita katakan bagus, bahkan hampir sempurna.

Selanjutnya di FIFA Matchday Juni, PSSI sudah memastikan Skuad Garuda akan melawan Timnas Palestina sebagai lawan uji coba. Itu menjadi kesempatan tambahan untuk tim besutan Shin Tae-yong kembali mendulang point yang bisa menggerek peringkat FIFA Indonesia naik.

Besar harapan trend positif ini juga berlanjut di turnamen resmi yakni Piala Asia 2023. Apalagi di turnamen yang akan digelar di Qatar itu kekuatan Indonesia bertambah dengan adanya Shayne Pattynama dan Sandy Walsh.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network