Kisah Argentina Negara Tersukses di Piala Dunia U-20, Bakal Gantikan Indonesia?

"Argentina, Peru, atau tetap Indonesia.."

Feature | 28 March 2023, 00:35
Kisah Argentina Negara Tersukses di Piala Dunia U-20, Bakal Gantikan Indonesia?

Libero.id - Kisruh soal Israel di Indonesia saat Piala Dunia U-20 2023 digelar membuat beberapa negara mengintip peluang menjadi tuan rumah pengganti. Salah satu yang cukup agresif dan serius adalah Argentina. Dengan status Lionel Messi dkk sebagai juara Piala Dunia 2022, tidak sulit untuk membuat FIFA memilih Negeri Tango.

Rumor Argentina menggantikan Indonesia muncul media-media Negeri Tango. Mereka "memprovokasi" Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA) untuk mengajukan diri sebagai pengganti Indonesia.

Awalnya, itu hanya direpons santai oleh AFA. Tapi, ketika FIFA membatalkan drawing pembagian grup di Bali, Jumat (31/3/2023), Argentina semakin bersemangat. Mereka melihat potensi Indonesia dicoret sangat besar. Itu artinya peluang Negeri Tango menjadi pengganti cukup terbuka.

Jika skenario itu terjadi, Argentina U-20 akan diuntungkan. Pasalnya, mereka tidak lolos ke putaran final setelah kandas di Copa Sudamerica Sub 20. Sebagai tuan rumah, Argentina U-20 akan mengambil alih posisi Garuda Muda.

Bagi Argentina, Piala Dunia U-20 adalah taman bermain. Argentina adalah negara yang punya tradisi bagus turnamen junior bergengsi dunia ini. Mereka punya enam gelar juara.

Argentina U-20 pertama kali mengangkat piala pada 1979 di Jepang. Saat itu, mereka tergabung di fase grup dengan Indonesia U-20. Turnamen yang dikenal sebagai Piala Dunia Junior itu memunculkan pesepakbola besar dunia yang namanya abadi, Diego Maradona.

Setelah Piala Dunia U-20 1979, Argentina U-20 berjaya di Piala Dunia U-20 1995, Piala Dunia U-20 1997, dan Piala Dunia U-20 2001.

Kemudian, generasi emas Argentina hadir pada Piala Dunia U-20 2005. Ketika itu, mereka menampilkan anak-anak muda bertalenta seperti Lionel Messi dan Sergio Aguero. Argentina U-20 juara dan Lionel Messi terpilih sebagai Pemain Terbaik sekaligus Pencetak Gol Terbanyak (6 gol).

Dua tahun berselang, pada Piala Dunia U-20 2007 di Kanada, Argentina U-20 masih diperkuat Sergio Aguero, dengan tambahan Angel di Maria, Sergio Romero, dan Ever Banega. Meski minus Lionel Messi yang sudah main di senior, Argentina U-20 juara. Sergio Aguero menjadi Pemain Terbaik dan Pencetak Gol Terbanyak (6 gol).

Sayangnya misi Argentina mengumpulkan Piala Dunia U-20 ketujuh harus menguap tahun ini. Pasukan Javier Mascherano tak bisa berbuat banyak setelah gugur di CONMEBOL.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network