Profil Timnas Slovakia U-20, Kuda Hitam Piala Dunia U-20 2023

"Dilatih eks pemandu bakat Manchester City."

Biografi | 22 March 2023, 13:05
Profil Timnas Slovakia U-20, Kuda Hitam Piala Dunia U-20 2023

Libero.id - Menjadi satu dari lima wakil Eropa di Piala Dunia U-20 2023, timnas Slovakia U-20 punya potensi mengejutkan. Penampilan yang angin-anginan selama Euro U-19 2022 akan dijadikan pelajaran berharga skuad asuhan Albert Rusnak untuk mencetak sejarah baru di Indonesia.

Berstatus sebagai tuan rumah Euro U-19 2022, Slovakia  tergabung satu grup dengan Prancis, Italia, dan Rumania. Tapi, mereka justru harus susah payah lolos ke fase knock-out.

Setelah kalah dalam dua pertandingan awal, Slovakia akhirnya menang atas Rumania dalam pertandingan grup terakhir yang dramatis. Meski hanya 1-0, itu cukup untuk membawa Slovakia lolos ke play-off Piala Dunia U-20 2023. Akhirnya, mereka finsih di urutan ketiga terbaik dan melawan Austria.

Meski dipenuhi keberuntungan, Slovakia tidak bisa dipandang remeh. Mereka berpotensi jadi kuda hitam. Itu karena pemain-pemain mereka sangat berbakat dan punya pelatih yang bagus.

Terbang ke Jakarta, Slovakia U-20 akan ditangani Albert Rusnak. Semasa aktif bermain, pelatih berusia 49 tahun punya 2 caps timnas senior Slovakia. Pengalamannya cukup banyak. Dia pernah memperkuat klub-klub lokal seperti Tatran Presov dan FC Kosice.

Albert Rusnak memulai karier kepelatihannya pada 2010. Saat itu, dia bekerja sebagai talent scouting Manchester City. Setahun, kemudian pelatih yang memegang lisensi UEFA A ini melatih tim lokal Michalovce dari U-19 sampai senior.

Pada 2016, Albert Rusnak dipercaya melatih Lokomotica Kosice. Bermodal dua klub lokal Slovakia itu, pada 2018 Albert Rusnak mulai dipercaya membangun tim junior di kelompok umur 18 tahun. Itu tim yang menjadi cikal bakal Slovakia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023.

Di tangan Albert Rusnak, Slovakia bermain sangat kompak di semua sektor lapangan. Itu karena mereka punya beberapa pemain bagus. Contohnya, Timotej Jambor.

Timotej Jambor adalah penyerang tengah milik MSK Zilina. Dia memantapkan dirinya di bawah Albert Rusnak sebagai bagian penting dari Slovakia U-19. Dengan tinggi 183 cm, kemampuan duel bola udaranya sangat bagus. Dia juga mahir menggiring bola untuk keluar dari situasi sulit.

Timotej Jambor punya kelebihan lain dalam sepakan jarak jauh yang akurat. Dalam lima pertandingan persahabatan menjelang Piala Dunia U-20 2023, Slovakia U-20 mencetak tujuh gol. Dan, Timotej Jambor terlibat langsung dalam empat di antaranya (3 gol dan 1 assist).

Tapi, Albert Rusnak tidak hanya mengandalkan Timotej Jambor. Dia juga punya bek tengah tangguh dalam diri Sebastian Kosa. Meski masih muda, pemain ini sudah jadi pilihan utama di Spartak Trnava. Bahkan, musim lalu dia berduet dengan mantan bek Liverpool, Martin Skrtel.

Postur Sebastian Kosa lebih dari ideal. Tinggi badannya 191 cm. Dia sangat dewasa di lapangan dengan kemampuan membaca permainan yang sangat bagus. Duel udara adalah kehebatannya. Ada juga kemampuan passing yang akuran. Sebab, dia juga bisa bermain sebagai gelandang bertahan. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network