Mungkinkah Zidane Iqbal Main di Piala Dunia U-20 2023? Ini Analisisnya

"Pemain muda Irak didikan Manchester United."

Biografi | 22 March 2023, 12:42
Mungkinkah Zidane Iqbal Main di Piala Dunia U-20 2023? Ini Analisisnya

Libero.id - Zidane Iqbal absen di Piala AFC U-2023 ketika Irak U-20 dikalahkan Uzbekistan U-20 di final. Kini, dengan tiket Piala Dunia U-20 2023 yang ada di tangan, banyak penggemar Irak berharap Emad Muhammed membawa pemain Manchester United itu ke Indonesia. Mungkinkah?

Apa pun yang dilakukan Zidane Iqbal selama sisa karier profesionalnya, dia akan selamanya dinilai sebagai seorang Legenda dari Timur Tengah. Sebab, dia menjadi pemain pertama keturunan Arab pertama yang bermain untuk Man United.

Untuk pemain-pemain yang berasal dari luar Eropa, khususnya Asia, bukan hal mudah bergabung dengan klub besar. Butuh kerja keras dan kemampuan yang spesial sehingga wajar jika tidak banyak yang bisa mengikuti jejak pemain seperti Park Ji-sung atau Shinji Kagawa.

Kemampuan yang Zidane Iqbal sejauh ini telah menunjukkan bahwa dia berhasil melalui prestasi dan bukan hanya demi mengindahkan multikulturalisme dari FIFA. Ini juga sekaligus menjadi tamparan keras bagi banyak pelatih muda di seluruh Eropa yang telah menghindari pemain Asia karena stereotip rasial.

Karena alasan itu Zidane Iqbal kini dianggap sebagai ikon sepakbola Timur Tengah, terutama perwajahan Irak. Sebab, ibunya memang orang asli Irak. Dia juga punya darah Pakistan, yang lahir dan besar di Inggris. Jadi, dirinya memiliki kesempatan membela tiga negara anggita FIFA.

Dari banyaknya kemungkinan pilihan itu, Zidane Iqbal memang telah memilih Irak. terbukti, dia punya beberapa caps Irak U-23 dan tim senior.

Pertanyaannya kini adalah, apakah Emad Muhammed akan membawa Zidane Iqbal ke Piala Dunia U-20 2023? Jika melihat usia, pemain yang mengidolakan Frenkie de Jong masih sangat pantas bermain di Indonesia untuk memperkuat Irak U-20. Itu akan membuat Irak U-20 layak jadi salah satu kandidat serius.

Memilih Irak U-20 tentu saja jauh lebih aman untuk Zidane Iqbal secara psikologis dan persaingan tim. Di Irak U-20 dia tidak akan menerima perlakuan rasial seperti yang didapatkan Bukayo Saka, Marcus Rashford, atau pemain-pemain kulit berawarna Inggris lainnya.

Jadi, kita tunggu saja apakah Zidane Iqbal akan bermain di Piala Dunia U-20 2023 atau tidak? Jika bermain, ini akan meningkatkan kualitas turnamen junior paling bergengsi di bumi.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network