Terungkap, Inilah Alasan Shin Tae-yong Tak Ajak Marselino Ferdinan Lawan Burundi

"Tidak hanya pandai melatih, ternyata STY juga jago diplomasi."

Analisis | 21 March 2023, 21:24
Terungkap, Inilah Alasan Shin Tae-yong Tak Ajak Marselino Ferdinan Lawan Burundi

Libero.id - Sempat muncul kontroversi dan spekulasi ketika Shin Tae-yong mengumumkan daftar pemain timnas Indonesia di FIFA Matchday melawan timnas Burundi. Salah satunya karena tidak ada Marselino Ferdinan. Banyak yang bilang pelatih asal Korea Selatan itu jengkel dengan Lino karena pergi ke Belgia tanpa pamit. Benarkah?

Timnas Indonesiasedang menggelar latihan untuk pertandingan uji coba internasional FIFA pada Sabtu (25/3/2023) dan Selasa (28/3/2023). Semuanya melawan Burundi.

Banyak sekali pemain yang dipanggil ke TC timnas Garuda. Sebut saja Nadeo Argawinata (Bali United), Daffa Fasya (Borneo FC), Syahrul Trisna (Persikabo 1973) di penjaga gawang.

Kemudian, Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Elkan Baggott (Cheltenham Town), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Fachruddin Aryanto (Madura United), Rizky Ridho (Persebaya), Muhammad Ferarri (Persija), Hansamu Yama Pranata (Persija), Dony Tri Pamungkas (Persija), Edo Febriansyah (RANS Nusantara), Yance Sayuri (PSM Makassar), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Shayne Pattynama (Viking FK) di belakang.

Ada lagi, Witan Sulaeman (Persija ), Stefano Lilipaly (Borneo FC), Rachmat Irianto (Persib), Ricky Kambuaya (Persib), Marc Klok (Persib), Syahrian Abimanyu (Persija), Riko Simanjuntak (Persija), Dzaky Asraf (PSM Makassar), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Saddil Ramdani (Sabah FC) untuk gelandang.

Dan, Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Ramadhan Sananta (PSM Makassar), Dimas Drajad (Persikabo 1973) sebagai penyerang.

Untuk Marselino Ferdinan, Shin Tae-yong kemudian mengeluarkan daftar susulan untuk pemain timnas U-20 yang akan menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan. Di daftar inilah nama gelandang berusia 18 tahun  milik KMSK Deinze tersebut muncul.

Lalu, apa alasannya? Ternyata, sebelum membuat keputusan, Shin Tae-yong lebih dulu melakukan panggilan video dengan perwakilan KMSK Deinze. Itu terjadi sebelum Garuda Muda berangkat ke Uzbekistan untuk Piala AFC U-20 2023. Saat itu, ada kesepakatan yang dicapai.

"Saya sudah video call dengan perwakilan klub Marselino sebelum berangkat ke Uzbekistan. Jadi, mereka mau Marselino tetap tinggal di Belgia supaya bisa beradaptasi dengan timnya. Jadi, minta jangan dipanggil dulu," ujar Shin Tae-yong kepada awak media.

"Saya berjanji tidak akan memanggil Marselino hingga saat ini. Pada 8 April 2023, Marselino akan dilepas menuju Korea Selatan dan hingga Piala Dunia U-20 2023 selesai. Itu janji dari klubnya," beber Shin Tae-yong.

Tampaknya, selain jago mengelola disiplin pemain Indonesia, Shin Tae-yong juga memiliki keahlian diplomasi. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network