Viral! Isi Lengkap Surat Gubernur Bali yang Tolak Timnas Israel U-20 Main di Piala Dunia U-20 2023

"Kalau konsisten seharusnya juga kirim surat keluar dari FIFA."

Viral | 21 March 2023, 17:36
Viral! Isi Lengkap Surat Gubernur Bali yang Tolak Timnas Israel U-20 Main di Piala Dunia U-20 2023

Libero.id - Kontroversi kembali mengiringi rencana Indonesia menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023. Keberadaan timnas Israel U-20 menjadi satu dari 24 peserta membuat penolakan muncul di mana-mana. Yang terbaru Gubernur Bali, I Wayan Koster. Bahkan, sebuah surat penolakan dilayangkan ke Pemerintah Indonesia.

Sebuah surat bernomor T.00.426/11470/SEKRET perihal Penolakan Tim Israel Bertanding, yang ditandatangani I Wayan Koster, pada 14 Maret 2023 viral di media sosial. Dan, Sang Gubernur juga sudah mengkonfirmasinya.

"Kami mohon agar Bapak Menteri mengambil kebijakan untuk melarang tim dari negara Israel ikut bertanding di Provinsi Bali. Kami, Pemerintah Provinsi Bali menyatakan menolak keikutsertaan tim dari negara Israel untuk bertanding di Provinsi Bali," bunyi surat tersebut.

Politisi PDI Perjuangan itu menilai, kebijakan politik Israel terhadap Palestina tidak sesuai dengan kebijakan politik Indonesia. Selain itu, tidak ada hubungan diplomatik antara kedua negara.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini surat penolakan Israel U-20 datang ke Bali yang sampaikan I Wayan Koster kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

"Bersama ini dengan hormat disampaikan, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 19 Tahun 2020 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021, dilanjutkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2022 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Federation Internationale De Football Association Under 20 World Cup Tahun 2023, yang menetapkan 6 provinsi sebagai tempat pelaksanaan FIFA U-20, yaitu: 1) DKI Jakarta; 2) Sumatera Selatan; 3) Jawa Barat; 4) Jawa tengah; 5) Jawa Timur; dan 6) Bali".

"Penyelenggaraan Piala Dunia Sepakbola FIFA U-20 Tahun 2023, direncanakan berlangsung pada tanggal 20 Mei-11 Juni 2023, yang diikuti oleh 24 negara. Menurut informasi yang kami terima, bahwa tim dari negara Israel menjadi peserta yang akan mengikuti Piala Dunia FIFA U-20".

"Berkenaan dengan keikutsertaan tim dari negara Israel, kami menyampaikan sudut pandang bahwa kebijakan politik Israel terhadap Palestina yang tidak sesuai dengan kebijakan politik pemerintahan Republik Indonesia, yang sampai saat ini masih menjadi masalah serius politik regional, serta tidak adanya hubungan diplomatik antara pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah Israel".

Libero.id

Surat Gubernur Bali.

"Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon agar Bapak Menteri mengambil kebijakan untuk melarang tim dari negara Israel ikut bertanding di Provinsi Bali. Kami, pemerintah Provinsi Bali menyatakan menolak keikutsertaan tim dari negara Israel untuk bertanding di Provinsi Bali. Hal ini dilakukan untuk menghormati hubungan diplomatik antara Pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah negara lain di dunia, khususnya yang berkaitan dengan Israel".

"Demikian permohonan disampaikan, semoga Bapak Menteri berkenan untuk mempertimbangkan dengan bijaksana terhadap posisi dan sikap kami. Atas pertimbangan dan perkenan Bapak Menteri, kami mengucapkan terima kasih".

Layak ditunggu kelanjutkan kontroversi Israel di Piala Dunia U-20 2023. Apakah Pemerintah Indonesia akan terpengaruh atau tidak. Sebab, ini akan menjadi pertaruhan besar bagi cita-cita Indonesia menyelenggarakan Piala Dunia senior maupun Olimpiade.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network