Fokus Persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Bulan Ramadhan, Shin Tae-yong Instruksikan Hal Ini

"Sedang mempertimbangkan solusi terbaik untuk pemain muslim."

Berita | 21 March 2023, 08:36
Fokus Persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Bulan Ramadhan, Shin Tae-yong Instruksikan Hal Ini

Libero.id - Pelatih tim nasional Indonesia U-20 Shin Tae Yong mengharapkan para pemain yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, dapat mengganti puasanya pada hari lain saat mengikuti pemusatan latihan untuk persiapan menuju Piala Dunia U-20.

Masa persiapan timnas untuk kompetisi akbar yang akan berlangsung pada Mei mendatang itu berbarengan dengan jadwal bulan Ramadhan 1444 Hijriah. Sementara skuat Garuda Muda dihuni sejumlah pemain Muslim yang wajib menjalankan ibadah puasa Ramadhan, yang pada tahun ini kemungkinan akan dimulai pada 23 Maret.

"Memang agak sulit juga bagi saya. Karena para pemain seharusnya bisa makan tepat waktu. Kalau tanpa makan mereka harus lari dan bertanding itu agak sulit buat pemain," ujar Shin Tae-yong kepada awak media.

Untuk itu, pelatih Shin mengatakan dirinya akan berkomunikasi dengan pihak-pihak yang kompeten, untuk mencari solusi masalah tersebut. Salah satunya mungkin dengan tidak berpuasa Ramadhan saat mengikuti pemusatan latihan, dan menggantinya pada kesempatan lain.

"Jadi saya memang harus koordinasi dulu sama pemimpin agama dan pemain juga biar bisa fokus pada hari pertandingan, dan satu hari sebelumnya. Biar kita fokus ke pertandingan. Maksudnya kita tetap makan tanpa puasa, mungkin hari-hari yang puasa itu ya mungkin bisa diganti setelah selesai periode puasa ya. Untuk itu memang harus dibicarakan kembali dengan pemain dan pemimpin agama nanti," tambah pria asal Korea Selatan itu.

Para pemain timnas U-20 akan mengikuti pemusatan latihan sampai April mendatang. Program pemusatan latihan itu akan berlangsung di Jakarta dan Korea Selatan.

Total saat ini terdapat 29 pemain yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20, dengan mayoritas pemain yang turut membela Indonesia pada Piala Asia U-20 awal bulan ini. Masih ada satu nama lagi yang belum bergabung untuk menjalani pemusatan latihan, yakni Marselino Ferdinan yang masih membela klubnya di Liga Belgia, yakni KMSK Deinze.

Selain 30 pemain di atas, timnas U-20 juga berpeluang diperkuat tiga pemain naturalisasi, yakni Ivan Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick. Saat ini, proses berpindah kewarganegaraan bagi tiga pemain itu sudah semakin dekat, dengan disetujuinya rekomendasi Warga Negara Indonesia dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk ketiga pemain tersebut pada Senin.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan


Daun Media Network