Analisis Kemungkinan Timnas U-20 Masuk Grup Neraka Piala Dunia U-20 2023

"Simak penjelasan masuk akal berikut ini."

Analisis | 17 March 2023, 23:05
Analisis Kemungkinan Timnas U-20 Masuk Grup Neraka Piala Dunia U-20 2023

Libero.id - Drawing pembagian grup Piala Dunia U-20 2023 akan dilakukan di Bali pada akhir bukan ini. Total, 24 peserta dikumpulkan dalam empat pot yang masing-masing berisi enam tim. Meski ada sejumlah aturan yang diterapkan, potensi munculnya grup neraka dengan Indonesia U-20 di dalamnya tetap ada.

Agar Piala Dunia U-20 2023 menarik, FIFA telah membuat sejumlah aturan yang harus ditepati. Contohnya, tidak akan ada dua tim dari satu konfederasi yang berada di grup yang sama. Kemudian, Indonesia dan Irak tidak akan diundi dengan Israel karena belum ada hubungan diplomatik.

Sebagai tuan rumah, timnas U-20 asuhan Shin Tae-yong memang mendapatkan keuntungan masuk di Pot 1 dan langsung bertengger di Grup A.

Hanya saja, teman-teman Hokky Caraka dkk di Pot 1 tidak semuanya merupakan negara tradisional sepakbola. Di situ ada Uruguay U-20, Prancis U-20, dan Italia U-20, selain Amerika Serikat U-20 dan Senegal U-20.

Tapi, tim besar seperti Inggris U-20 dan Brasil U-20 ada di Pot 2. Begitu pula tim tangguk Amerika Selatan seperti Kolombia U-20 dan Ekuador U-20, atau juara Oceania, Selandia Baru U-20. Sementara dua tim tangguh Afrika, Nigeria U-20, ada di Pot 3 dan Tunisia U-20 di Pot 4.

Situasi seperti itu memiliki arti bahwa Indonesia memiliki potensi sangat bertemu tim-tim tangguh dunia.

Timnas U-20 bisa saja bertemu Brasil, Inggris, Kolombia, Ekuador, atau Selandia Baru dari Pot 2. Kemudian, Nigeria, Hinduras, atau Fiji dari Pot 3. Terakhir, Guatemala, Republik Dominika, Gambia, Slovakia, dan Tunisia.

Jika bertemu Inggris atau Brasil, masa depan timnya Shin Tae-yong akan suram. Di ajang ini, Brasil misalnya, telah meraih lima gelar juara, yaitu 1983, 1985, 1993, 2003, 2011. Sementara Inggris memang baru juara sekali dari 12 keikutsertaan. Tapi, semua tahu Inggris adalah tempat kompetisi sepakbola terbaik di bumi, Liga Premier.

Kondisi Indonesia akan semakin mengkhatirkan bila ternyata akan melawan Nigeria. Sejarah mencatat, Nigeria adalah negara yang rajin melahirkan pemain-pemain kelas dunia. Di ajang ini mereka memang belum pernah juara dengan pencapaian terbaik runner-up 1989 dan 2005. Tapi, The Young Eagles adalah tim terbaik di Afrika.

Setelah Brasil atau Inggris dan Nigeria, pendukung timnas U-20 harus berharap agar tidak jumpa tim kuat lainnya seperti Tunisia atau Slovakia. Bahkan, tim seperti Gambia atau Guatemala juga memiliki potensi besar di Piala Dunia U-20 2023. Bahkan, Guatemala sempat mengalahkan timnas U-20 di Turnamen Mini beberapa waktu lalu.

Jadi, ada baiknya pendukung Garuda Muda banyak berdoa agar timnas U-20 tidak memiliki grup yang terdiri dari Inggris, Nigeria, Slovakia; atau Inggris, Nigeria, Guatemala; atau Brasil, Nigeria, Guatemala; atau Brasil, Nigeria, Slovakia. 

Sebaliknya, grup yang diharapkan ditempati timnas U-20 adalah yang ada Fiji (Pot 3) dan Republik Dominika (Pot 4) di dalamnya. Untuk Pot 2, bisa berharap Ekuador atau Selandia Baru. Tapi, jika bersama Selandia Baru, otomatis tidak akan ada Fiji, melainkan Honduras. Dan, jika ada Honduras, otomatis tidak akan ada Republik Dominika.
 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network