Profil Elisangelo Jardim de Jesus, Eks Persiba Balikpapan Ayah Welberlieskott de Halim Jardim

"Penggemar Liga Indonesia sejati pasti tahu siapa dia."

Biografi | 11 March 2023, 11:19
Profil Elisangelo Jardim de Jesus, Eks Persiba Balikpapan Ayah Welberlieskott de Halim Jardim

Libero.id - Pemain Indonesia anak pesepakbola Brasil bukan hanya monopoli Hugo Samir atau Kevin Gomes de Oliveira. Indonesia juga memiliki Welberlieskott de Halim Jardim. Anak muda berusia 16 tahun itu putra eks pemain Persiba Balikpapan, Elisangelo Jardim de Jesus. Masih ingat?

Welber pertama kali dikenali publik sepakbola Indonesia saat berusia 13 tahun. Ketika itu, dia memperkuat Sao Paulo di sejumlah turnamen kanak-kanak. Sebut saja Gothia Cup 2019 (Swedia), Dana Cup 2019 (Denmark), hingga Adidas Madewis Cup U-12 2019 (Prancis).

Penggemar sepakbola Indonesia terkejut dan kemudian mulai melaukan riset. Hasilnya, didapat fakta bahwa Welberlieskott de Halim Jardim merupakan anak Elisangelo Jardim de Jesus dengan perempuan asal Banjarmasin, Lielyana Halim.

Bagi penggemar Liga Indonesia di era Divisi Utama dan Indonesia Super League (ISL), Elisangelo Jardim de Jesus bukan nama asing. Datang dari Brasil pada 2004, pria kelahiran 5 Juli 1981 itu melanglang buana di sejumlah klub sepakbola Indonesia sebagai gelandang.

Elisangelo Jardim de Jesus terkenal saat membela Persekaba Badung dan Persiba Balikpapan. Baik di era Divisi Utama maupun ISL.

Salah satu musim yang cukup diingat adalah ISL 2008/2009. Ketika itu, Elisangelo Jardim de Jesus bermain 32 kali untuk Beruang Madu. Dirinya berhasil mengemas tiga gol pada pertandingan melawan Persiwa Wamena, Persipura Jayapura, dan Persija Jakarta.

Bukan hanya di Indonesia, Elisangelo Jardim de Jesus juga sempat memiliki karier di Myanmar. Dia membela Yangoon United dan mempersembahkan dua gelar Liga Nasional Myanmar.

Saat ini Elisangelo Jardim de Jesus sudah pensiun dan menetap di Brasil bersama keluarganya. Dia tetap beraktivitas di sepakbola sebagai agen pemain sekaligus pelatih profesional.

Namun, bagi Elisangelo Jardim de Jesus, Indonesia adalah tanah air keduanya. Sebab, dari pernikahan dengan Lielyana Halim, dirinya memiliki dua orang putra dan seorang putri. Bahkan, putra pertamanya, Welberlieskott de Halim Jardim, mengikuti jejaknya menjadi pemain.

Tidak tangung-tangung, Welberlieskott de Halim Jardim menempa diri di salah satu akademi sepakbola terbaik di Brasil, Sao Paulo. Ini adalah klub yang melahirkan orang-orang hebat seperti David Luiz, Ederson, Lucas Moura, Eder Militao, Casemiro, hingga Antony Matheus dos Santos.

Hebatnya, Elisangelo Jardim de Jesus dan Lielyana Halim menyiapkan Welberlieskott de Halim Jardim untuk mengabdi di timnas Indonesia.  

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network