Dianggap Lemah, Malaysia Enggan Undang Timnas Indonesia ke Piala Merdeka 2023

"Benarkah timnas Garuda lemah?"

Viral | 07 March 2023, 19:55
Dianggap Lemah, Malaysia Enggan Undang Timnas Indonesia ke Piala Merdeka 2023

Libero.id - Jelang Piala Asia 2023 yang bakal digelar pada Januari 2024, Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) memutuskan menggelar Piala Merdeka 2023. Tapi, mereka tidak akan mengundang timnas Indonesia. Alasannya, tim Garuda dianggap lemah sehingga tidak cocok menjadi lawan latih tanding Harimau Malaya.

Pada sebuah masa, Piala Merdeka, Merdeka Games, atau Pesta Bola Merdeka, pernah menjadi salah satu turnamen bergengi di Asia. negara-negara besar diundang, tak terkecuali Indonesia. Bahkan, tim Merah-Putih pernah juara tiga kali, yaitu 1961, 1962, dan 1969.

Namun, seiring perkembangan zaman, Piala Merdeka hanyalah turnamen uji coba biasa yang tidak dianggap penting. Bahkan, beberapa kali tidak digelar karena terbentur jadwal dan FIFA Matchday.

Terakhir kali turnamen yang digelar untuk memperingati Hari Kemerdekaan Malaysia itu pada 2013. Sang penyelenggara menampilkan Malaysia U-23 yang dipersiapkan untuk SEA Games 2013. Hasilnya, Harimau Muda mengalahkan Myanmar 2-0 lewat Rozaimi Abdul Rahman dan Junior Eldstal.

Kini, setelah 10 tahun, FAM berencana menggelar Piala Merdeka 2023. Ajang ini akan digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada Oktober 2023. FAM sedang mencocokkan waktunya dengan FIFA Matchday agar pemain-pemain utama bisa merumput.

Menurut Direktur Kompetisi FAM, Mohd Firdaus Mohamed, ada kriteria khusus untuk negara yang diundang. Tiga negara yang diundang berasal dari luar Asia Tenggara dan memiliki peringkat FIFA lebih baik dari Harimau Malaya (145).

"Kami mengundang tim-tim dari Timur Tengah karena memiliki kelebihan dari segi fisik dan kemampuan sebagai lawan yang bagus untuk timnas kami. Ini akan menjadi turnamen penting bagi Harimau Malaya, untuk menilai kemampuan kami sebelum Piala Asia," ujar Mohd Firdaus Mohamed, dilansir Utusan.

Dengan kriteria itu, timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong dipastikan tidak mendapatkan undangan. Pasalnya, pasukan Garuda sekarang berada di peringkat FIFA 151.

Jadi, tim mana yang bakal melawan Malaysia? FAM memastikan dan telah menerima surat balasan dari Palestina (93), Lebanon (103), dan India (106), yang menyatakan bersedia bermain di Piala Merdeka 2023. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network