Kisah Rendy Juliansyah, Sempat Hilang Setelah Sukses di Timnas U-16 Kini Kembali ke Timnas U-22

"Ada yang masih ingat pemain ganteng ini?"

Feature | 03 March 2023, 04:16
Kisah Rendy Juliansyah, Sempat Hilang Setelah Sukses di Timnas U-16 Kini Kembali ke Timnas U-22

Libero.id - Beberapa tahun lalu Rendy Juliansyah pernah menjadi fenomena. Bersama Bagus Kahfi, Bagas Kaffa, hingga  Mochammad Supriadi, dia menjadi bagian anggota timnas U-16 asuhan Fakhri Husaini yang menjuarai Piala AFF U-16 2018. Kini, setelah hilang dari tim nasional, dia kembali ke TC timnas U-22 untuk SEA Games 2023.

Pada Juli-Agustus 2018, suporter Indonesia dilanda euforia. Ketika itu, timnas U-16 menghadapi Piala AFF U-16 di Stadion Delta, Sidoarjo.

Mengawali kampanye dengan kemenangang 8-0 atas Filipina, Garuda Muda kemudian mencatatkan lima kemenangan dalam lima pertandingan fase grup. Total, 31 gol dihasilkan, dengan jala timnas U-16 hanya menderita 3 gol. Lalu, mengalahkan Malaysia 1-0 di semifinal dan Thailand lewat adu penalti 4-3 (1-1) di final.

Kemenangan itu disambut meriah, dan dirayakan di seluruh negeri. Para pemain bergembira, larut dalam pemujaan.

Setelah semua euforia sirna, generasi Bagas-Bagus hilang dari peredaran. Tidak ada satu pun pemain yang lanjut hingga timnas senior asuhan Shin Tae-yong. Itu termasuk Rendy Juliansyah, yang ketika Piala AFF U-16 2018 mencetak dua gol melawan Filipina dan Kamboja di fase grup.

Lalu, ke mana  Rendy Juliansyah? Setelah Piala AFF U-16 2018, dia gabung timnas U-19. Dirinya juga sempat menjalani trial di salah satu klub Spanyol, Leganes. Tapi, gagal dan terpaksa pulang ke Indonesia. Selanjutnya, hilang tak berbekas.

Rendy Juliansyah  baru kembali ke sepakbola saat RANS Cilegon dibentuk pada 2001. Dia menjadi salah satu pemain yang ikut tampil di Liga 2 2001/2022. Tapi, dia minim bermain, dan kemudian memutuskan pindah ke Sulut United untuk putaran kedua. Lagi-lagi, di Manado, dia hanya menghangatkan bangku cadangan.

Saat orang mulai lupa,  Rendy Juliansyah mendadak muncul di BRI Liga 1 2022/2023. Dia bermain untuk Persik Kediri. Meski minim gol, dia cukup sering bermain.

Penampilan minim di Persik Kediri tampaknya membuat Indra Sjafri memberi  Rendy Juliansyah kesempatan kedua. Direktur Teknik PSSI itu mengajak penyerang berpostur 175 cm itu mengikuti TC timnas U-22. Dia harus menjalani seleksi untuk benar-benar terpilih ke Kamboja.

"Pastinya saya sangat senang bisa kembali bergabung dengan tim nasional. Saya akan berjuang dalam tim, supaya bisa lolos dan mengantarkan tim menjadi juara SEA Games," ujar  Rendy Juliansyah di situs resmi PSSI.

Kita tunggu saja bagaimana  Rendy Juliansyah meyakinkan Indra Sjafri. Pasalnya, beberapa pemain penting di BRI Liga 1 2022/2023 belum bergabung karena masih sibuk. Itu termasuk penyerang PSM Makassar yang sedang banyak dibicarakan orang, Ramadhan Sananta.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network