Profil Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, Calon Pemilik Man United

"Orang Arab memang tajir, pemirsa.."

Biografi | 19 February 2023, 14:05
Profil Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, Calon Pemilik Man United

Libero.id - Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani dengan penuh percaya diri resmi menawar Manchester United. Orang kaya asal Qatar itu menjadi yang kedua menawarkan uang kepada keluarga Glazer setelah Sir Jim Ratcliffe.   

Sejak akhir tahun lalu, kaluarga Glazer menawarkan kepemilikan mayoritas sahamnya kepada investor yang bersedia. Keluarga asal Amerika Serikat itu kapok mengelola Setan Merah karena selalu mendapatkan tentangan dari para penggemar yang frustrasi.

Tapi, menjual saham klub sepakbola bukan seperti menjual kacang goreng. Butuh waktu dan kesabaran sebelum transaksi benar-benar terjadi.

Setelah sebelumnya Sir Jim Ratcliffe mengajukan tawaran, kini giliran Sheikh Jassim dari Qatar. Nilai yang diajukan adalah 6 miliar pounds (Rp109 trilliun). Jika deal, keluarga Glazer akan untung besar. Sebab, mereka membeli Man United pada 2005 dengan nilai 790 juta pounds (Rp11 triliun).

Pertanyaannya, siapa Sheikh Jassim? Dia bukan sosok asing di Qatar dan Timur Tengah, Sheikh Jassim merupakan pemimpin Qatar Islamic Bank. Dia mengajukan penawaran membeli Man United lewat yayasan miliknya, Nine Two Foundation.

Lahir pada 1982 Sheikh Jassim merupakan pendukung fanatik Man United sejak lama. Dia dari kalangan bangsawan. Ayahnya, Hamad bin Jassim bin Jabar Al Thani, menjabat sebagai Perdana Menteri Qatar periode 2007-2013. Ayahnya pernah memiliki saham di Paris Saint-Germain (PSG).

Lahir dari keluarga super kaya dan berpengaruh, Sheikh Jassim memang disiapkan untuk menjadi pemimpin. Seperti layaknya Bangsawan Arab lainnya, dia juga menerima pendidikan Barat.

Sheikh Jassim mengenyam pendidikan di Britania Raya. Dia pernah bergabung dengan Royal Military Academy Sandhurst. Dia lulus dengan memuaskan, dan mendapatkan pangkat Letnan. Kemudian, bertugas di Angkatan Bersenjata Qatar sebelum akhirnya memilih menjadi pengusaha.

Saat ini, Sheikh Jassim menjabat sebagai Ketua QIB (Qatar Islamic Bank). Itu merupakan salah satu bank terkemuka di dunia yang didirikan pada 1982.

Jadi, layak dinantikan apakah saham Man United akan jatuh ke Sheikh Jassim atau Sir Jim Ratcliffe. Jika jatuh ke Sheikh Jassim, ini akan menarik. Sebab, tetangga Man United, Manchester City dimiliki Uni Emirat Arab (UEA). Sementara Newcastle United dikuasai Arab Saudi.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network