Jarang Diketahui Orang, Kisah Skandal Wasit yang Dituduhkan ke Barcelona

"Konon, ini terjadi di era Josep Maria Bartomeu."

Feature | 18 February 2023, 09:30
Jarang Diketahui Orang, Kisah Skandal Wasit yang Dituduhkan ke Barcelona

Libero.id - Barcelona mengeluhkan wasit yang memimpin pertandingan Liga Champions dan Liga Europa musim ini. El Barca mengaku beberapa kali dirugikan setelah tidak mendapatkan penalti dari situasi yang seharusnya penalti. Tapi, tahukah anda bahwa klub Katalunya itu sempat identik dengan klub yang ramah dengan pengadil lapangan?

Sebagai klub elite Eropa, Barcelona punya banyal prestasi membanggakan. Tapi, tak jarang, kemenangan-kemenangan mereka berbau kontroversi, khususnya terkait wasit.

Pada 2016-2018, Barcelona sempat dituduh menyuap Wakil ketua Komite Wasit La Liga, Jose Maria Enriquez Negreira. Kabarnya, mereka membayar 1,4 juta euro (Rp22,6 miliar) dalam kurun waktu tiga tahun.

Jose Maria Enriquez Negreira adalah wasit La Liga pada 1975-1992 sebelum pensiun, dan menjadi petinggi Komite Wasit La Liga. Berasal dari Ibukota Katalunya, Barcelona, Jose Maria Enriquez Negreira merupakan sosok terkenal di sepakbola Spanyol. Dan, sudah pasti dirinya sangat dekat dengan petinggi-petinggi El Barca.

Entah berhubungan atau tidak, pada periode itu, Barcelona memenangkan total delapan trofi. Itu termasuk dua gelar La Liga dan tiga Copa del Rey.

Luis Enrique adalah pelatih selama dua musim pertama dari periode itu. Kemudian, Ernesto Valverde adalah orang yang bertanggung jawab selama musim 2017/2018. Semua itu terjadi saat Josep Maria Bartomeu menjadi presiden klub dan Lionel Messi masih menjadi maskot.

Ketika itu, Marca sempat menunjukkan fakta bahwa pada 14 Februari 2016 hingga 1 Maret 2018, Barcelona tidak pernah dihukum penalti. Sementara VAR diperkenalkan tak lama setelah periode ini.

Tuduhan serius itu kemudian mendapatkan tanggapan Barcelona. Dalam pernyataan klub di situs resmi, mereka mengakui menyewa "konsultan teknis eksternal". Tapi, mereka membantah melakukan sesuatu yang ilegal, khususnya terkait suap-menyuap wasit.

Barcelona juga memohon maaf karena informasi tersebut dirilis tepat ketika tim sedang mencapai performa terbaiknya musim ini. Barcelona  kemudian mengambil tindakan hukum terhadap mereka yang mencoba menodai citra klub.

Sementara media-media pro Barcelona yang berbasi di Katalunya menyebut tuduhan itu sebagai konspirasi media-media pendukung Real Madrid seperti Marca dan As.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network