Kisah Klub MLS Atlanta United Lepas 10 Pemain Junior ke Turnamen Regional dan Pelatnas

"Persija seharusnya mencontoh sikap keren ini. Respek!"

Feature | 18 February 2023, 05:43
Kisah Klub MLS Atlanta United Lepas 10 Pemain Junior ke Turnamen Regional dan Pelatnas

Libero.id - Persija Jakarta perlu belajar dari Atlanta United tentang bagaimana cara mengikhlaskan pemain yang dipanggil tim nasional. Meski hanya U-20 dan U-17 plus hanya untuk turnamen regional maupun pemusatan latihan (TC), salah satu klub papan atas MLS itu rela menyerahkan 10 pemain tanpa syarat dengan kebanggaan. Keren!

Tahun ini, Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia U-17 akan digelar di Indonesia dan Peru. Itu berarti enam konfederasi anggota FIFA harus menggelar fase kualifikasi yang melibatkan pemain-pemain junior dalam rentang waktu bersamaan.

Jika Asia baru akan menggelar Piala AFC U-20 dan Piala AFC U-17, bulan depan, Amerika Utara dan Amerika Selatan melakukannya bulan lalu hingga awal bulan ini. Di CONMEBOL, Copa Sudamerica U-20 baru saja selesai dengan Brasil mengalahkan Uruguay di final. Turnamen ini digelar di Kolombia pada 19 Januari-12 Februari 2023.

Di saat yang hampir bersamaan, pada 11-22 Februari 2023, Piala CONCACAF U-17 digelar. Turnamen junior regional itu digelar di Guatemala, dan empat tim teratas lolos ke Piala Dunia U-17 2023.

Uniknya, Atlanta United memiliki 10 pemain junior yang terlibat dalam kedua turnamen tersebut. Sebut saja kiper muda Chile, Vicente Reyes. Dia menjadi satu dari dua pemain Chile U-20 yang bermain di luar negeri. Dia juga menjadi satu-satunya pemain di skuad negaranya yang merumput di luar Amerika Selatan.

Nama berikutnya adalah Efrain Morales dari Bolivia. Kemudian, David Mejia (Peru). Itu belum termasuk pemain-pemain Amerika Serikat U-20 yang harus masuk pemusatan latihan nasional untuk Piala Dunia U-20 2023 seperti Caleb Wiley, Tyler Wolff, dan Noah Cobb.

Ternyata tidak hanya itu. Atlanta United juga harus melepas pemain muda lainnya. Dua pemain asal Jamaika, Malachi Grant dan Ashton Gordon, harus bergabung dengan timnas U-17  untuk pemusatan latihan jelang Piala CONCACAF U-17 2023.

Untuk Piala CONCACAF U-17, rekan setim Ashton Gordon, Julian Bretous, juga dipanggil membela Amerika Serikat U-17.

Uniknya, selain sembilan pemain muda tersebut, ada satu pesepakbola wanita Atlanta United yang dipanggil ke TC timnas wanita Amerika Serikat di Hillsborough County Tournament Sportsplex, Tampa, Florida. Pemain itu baru berusia 16 tahun bernama Adyn Torres, dan berposisi gelandang bertahan.

Jadi, total ada 10 pemain Atalanta United yang dipanggil ke timnas masing-masing untuk turnamen junior. "Selamat untuk semua pemain ini dan semoga sukses saat anda mewakili negara anda di panggung internasional," tulis pernyataan klub berseraham merah-hitam.

Bagaimana Persija Jakarta? Apakah anda masih merasa digembosi? Seharusnya, selama masih ada kata "Indonesia" di nama klub, Persija harus tunduk kepada kepentingan nasional.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network