Anomali Timnas Korea Selatan, Langganan Piala Dunia Namun Kompetisinya Sulit Hidup dari Sepakbola

"Ini adalah sebuah ulasan mengenai sisi gelap dari dunia sepakbola Negri Ginseng..."

Analisis | 13 February 2023, 20:20
Anomali Timnas Korea Selatan, Langganan Piala Dunia Namun Kompetisinya Sulit Hidup dari Sepakbola

Libero.id - Korea gagal membangun budaya sepak bola di masyarakat, liga profesional yang kuat, klub harus hidup dari susu perusahaan dan kelompok ekonomi.

Kita sering mengatakan kepada satu sama lain bahwa untuk memiliki tim nasional yang kuat, harus ada latar belakang sepak bola yang kuat, sistem kejuaraan nasional yang kuat, dan budaya sepakbola yang kuat. Sepak bola di negara-negara Barat yang maju memang seperti itu.

Namun banyak contoh yang menunjukkan bahwa tidak perlu memiliki budaya sepakbola yang kuat untuk memiliki timnas yang relatif kuat di level kontinental. Korea adalah contohnya. Tim Negri Ginseng ini berpartisipasi dalam 10 Piala Dunia berturut-turut dari tahun 1986 hingga 2022. Di dunia, hanya empat negara lain yang melakukannya, seperti Korea Selatan, Brasil, Argentina, Jerman, dan Spanyol.

Alasan yang mendasarinya adalah bahwa sepak bola, seperti olahraga lain di Korea, dipandang sebagai alat yang tajam untuk mengangkat semangat kebangsaan, bukan sebagai hiburan semata.

Dukungan dari para pemimpin membantu Korea menjadi tuan rumah Olimpiade 1988, Piala Dunia 2002, dan banyak turnamen olahraga kontinental.

Namun bagaimana bisa kompetisi di Korea Selatan gagal menciptakan industri sepakbola yang baik sementara timnas mereka sangat baik?

1.Dua Kesalahan Fatal

Hingga awal 1980-an, sepak bola Korea dimainkan di level amatir. Presiden Chun Doo-hwan memutuskan untuk mendirikan liga sepak bola profesional Korea pada tahun 1983, dia menekan chaebol (konglomerat bisnis besar) untuk mensponsori klub.

Awalnya turnamen diselenggarakan sesuai format: semua pertandingan dalam satu babak dimainkan di stadion yang telah ditentukan untuk jangka waktu tertentu dan babak selanjutnya diadakan di kota yang berbeda. Dengan cara ini, tidak semua klub bisa bermain di kotanya dan tidak semua kota tuan rumah memiliki klub.

Hal tersebut karenanya kurangnya penggemar lokal serta loyalitas penggemar.

Jenis kompetisi ini telah dibatalkan. Tapi kesalahan belum berakhir. Pada 1990-an, ada aturan: untuk menyebarkan sepak bola ke seluruh negeri, setiap kota hanya boleh memiliki satu klub. Akibatnya, ketiga klub di Seoul meninggalkan kota, meninggalkan ibukota Korea tanpa klub apapun. Undang-undang ini menciptakan ketidakcukupan, karena klub harus pindah ke tempat yang benar-benar asing, kehilangan basis penggemar yang ada.

Misalnya, FC Seoul dimulai sebagai Lucky-Goldstar Bulls pada tahun 1984 di Provinsi Chungcheong, kemudian pindah ke Seoul pada tahun 1990 dan berganti nama menjadi LG Cheetahs pada tahun 1991. Pada tahun 1996, mereka pindah lagi ke Anyang di Provinsi Gyeonggi dan berganti nama menjadi Anyang LG Cheetah. Setelah bermain di Anyang selama 8 tahun, klub tersebut memutuskan untuk pindah lagi ke Seoul pada tahun 2004 dan menamakannya FC Seoul yang masih eksis hingga saat ini.

Banyak klub profesional lain di Korea saat ini juga memiliki sejarah perpindahan lokasi dan pergantian nama, seperti Pohang Steelers, Ulsan Hyundai dan lain sebagainya.

2.Klub Sangat Bergantung Pada Perusahaan dan Publik

Ada dua model kepemilikan klub di Korea: kepemilikan perusahaan dan kepemilikan publik. Jeonbuk Hyundai Motors FC adalah tipikal klub milik perusahaan. Selama periode 2009-2022, Jeonbuk Hyundai meraih 9 gelar juara K-League 1, menjadi klub tersukses di Korea. Mereka juga memenangkan Liga Champions AFC dua kali.

Jeonbuk Hyundai menjadi tuan rumah pertandingan kandang di Stadion Jeonju yang dibangun untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 dengan hampir 50.000 kursi. Musim 2014/15 dan 2015/16 adalah yang tersukses karena mereka memiliki 16.000 penonton. 

Kemudian secara bertahap menurun. Pada musim sepak bola 2019/20 dan 2020/21, jumlah penonton turun drastis akibat Covid-19. Pada musim 2021/22, tidak banyak yang pulih, dengan rata-rata penonton hanya 6.000 orang, duduk di lapangan sepak bola yang luas, pendapatan dari penjualan tiket gagal.

Meski menjadi klub paling sukses di Korea, Jeonbuk kesulitan menarik penonton dan sponsor secara nasional. Karena Jeonju adalah kota yang agak kecil dengan ekonomi yang relatif lemah di Korea, klub tersebut tidak memiliki banyak sponsor potensial di wilayah tersebut. Anggaran klub tahunan sekitar 41 miliar won (31 juta Euro) dipompa oleh Hyundai Motors.

Manajemen klub mengklaim bahwa mengangkat citra perusahaan induk memiliki nilai yang sama dengan meraih keuntungan. Namun mereka juga tidak boros, berusaha menjaga keseimbangan di bursa transfer dengan menjual pemain. Misalnya menjual Kim Shin-wook ke Shanghai Shenhua (China) dengan keuntungan 3,85 juta euro. Menjual Ricardo Lopes ke Shanghai SIPG (China) dengan keuntungan 4,46 juta euro. Dalam daftar timnas Korea untuk Piala Dunia 2022 di Qatar, ada 6 pemain Jeonbuk.

Secara umum Jeonbuk melakukan pekerjaan pemasaran atau tanggung jawab sosial atas nama perusahaan induk Hyundai Motors. Dalam proses pengambilan keputusan di Jeonbuk, bukan klub itu sendiri, pendapatan klub, tetapi tujuan perusahaan induk yang menjadi prioritas utama. 

Perusahaan induk bersedia menanggung semua biaya untuk klub selama klub bertindak sebagai alat pemasaran yang sukses untuk perusahaan induk. Jika perusahaan induk menganggap klub telah kehilangan nilai pemasarannya, mungkin memutuskan untuk menyingkirkan klub, tanpa bisa menjual klub kepada orang lain, seperti di Eropa.

Jenis klub kedua adalah milik publik seperti Bucheon FC 1995 milik pemerintah kota Bucheon. Klub ini sebagian besar dioperasikan dengan uang pajak dan oleh karena itu merupakan semacam layanan bagi warga Bucheon. Tapi uang pemerintah tidak bisa sebanyak korporasi.

Hal tersebut membuat Bucheon FC 1995 tidak bisa berkembang dan selalu berada di K-League 2.  Kandang mereka memiliki kapasitas 35.000, tetapi hanya secara teratur 1.000 hingga 2.000 penonton datang ke lapangan. Dalam jangka panjang, jika kepemilikan tidak dialihkan ke perusahaan tertentu, tim akan dibubarkan karena pemerintah daerah tidak memiliki anggaran yang cukup untuk menopang tim dalam jangka panjang.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network